10 Manfaat Ciuman Bibir bagi Kesehatan & Risikonya

Manfaat Ciuman Bibir Bagi Kesehatan - DokterSehat

DokterSehat.Com – Ciuman adalah tanda kasih sayang yang kerap dilakukan oleh seseorang kepada pasangan. Ciuman bisa dilakukan kening, pipi, leher, hingga yang paling sering dilakukan oleh pasangan khususnya yang sudah menikah adalah ciuman di bibir. Aktivitas ini kerap dilakukan sebagai awal mulai aktivitas seksual khususnya saat foreplay pada pasangan. Namun, selain sebagai pintu masuk aktivitas seksual, ciuman bibir ternyata juga memiliki manfaat dan risiko untuk kesehatan. Barangkali mengetahui manfaat ciuman bibir bagi kesehatan ini dapat semakin mengeratkan keharmonisan Anda dengan pasangan. Namun tetap saja ada risiko ciuman bibir yang juga harus Anda ketahui.

Simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat ciuman bibir bagi kesehatan dan risikonya berikut ini.

10 Manfaat Ciuman Bibir bagi Kesehatan

Ciuman bibir adalah aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama pasangan. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat ciuman bibir bagi kesehatan yang harus Anda tahu? Manfaat ciuman bibir bagi kesehatan terkait dengan fisik dan juga pikiran, seperti dilancir Healthline di bawah ini.

1. Meningkatkan hormon bahagia

Manfaat ciuman bibir bagi kesehatan yang pertama adalah meningkatkan hormon bahagia. Berciuman memicu otak Anda untuk melepaskan campuran bahan kimia yang membuat Anda merasa sangat baik dengan memicu pusat-pusat kesenangan otak.

Zat kimia ini termasuk oksitosin, dopamin, dan serotonin, yang dapat membuat Anda merasa gembira dan mendorong perasaan kasih sayang dan ikatan. Ini juga menurunkan kadar kortisol (hormon stres) Anda. Sangat positif bukan manfaat ciuman bibir bagi kesehatan yang pertama ini?

Baca juga: Tak Disangka, Bermain Lidah Saat Berciuman Bermanfaat Bagi Kesehatan

2. Membantu menjalin ikatan dengan pasangan

Manfaat ciuman bibir bagi kesehatan selanjutnya terkait dengan pelepasan hormon oksitosin saat ciuman. Oksitosin adalah zat kimia yang terkait dengan ikatan pasangan. Aliran oksitosin yang dilepaskan saat Anda berciuman menyebabkan perasaan kasih sayang dan kedekatan. Manfaat cium bibir pasangan Anda dapat meningkatkan kepuasan hubungan dan mungkin sangat penting dalam hubungan jangka panjang.

3. Memiliki dampak nyata pada harga diri Anda

Selain meningkatkan hormon bahagia Anda, ciuman dapat mengurangi kadar kortisol Anda yang berpotensi meningkatkan perasaan harga diri Anda.

Peneliti dalam satu studi 2016 menemukan bahwa peserta yang tidak puas dengan penampilan fisik mereka memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, mengalami penurunan sementara kortisol setiap kali Anda berciuman bukanlah cara yang buruk untuk melewatkan waktu Anda. Jadi, tidak hanya ada manfaat ciuman bibir bagi kesehatan tubuh saja, melainkan juga ada manfaat terkait kondisi psikologis.

4. Mengurangi stres

Berbicara tentang kortisol, berciuman juga menurunkan tingkat kortisol dan stres. Berciuman dan komunikasi penuh kasih sayang lainnya, seperti memeluk dan mengatakan “Aku mencintaimu,” berdampak pada proses fisiologis yang berkaitan dengan mengontrol stres.

5. Mengurangi kecemasan

Manfaat ciuman bibir bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mengurangi kecemasan. Mengontrol stres mencakup seberapa baik Anda menangani stres dan kecemasan. Ciuman dan rasa sayang adalah obat yang sangat ampuh untuk menurunkan kecemasan. Oksitosin menurunkan kecemasan dan meningkatkan relaksasi dan kesehatan.

Baca juga: Manfat Dari Ciuman Ini Tidak Pernah Kita Duga Sebelumnya

6. Membantu mengurangi tekanan darah Anda

Siapa sangka, salah satu manfaat ciuman bibir bagi kesehatan adalah mampu mengurangi tekanan darah. Berciuman meningkatkan detak jantung Anda dengan cara melebarkan pembuluh darah, menurut Andrea Demirjian, penulis buku, “Kissing: Segala Sesuatu yang Anda Inginkan Kenali Tentang Salah Satu Kenikmatan Terindah dalam Kehidupan.”

Ketika pembuluh darah Anda membesar, aliran darah meningkat dan menyebabkan penurunan tekanan darah. Jadi cium bibir itu baik untuk hati, secara harfiah dan metaforis!

7. Membantu meredakan kram

Pengaruh pembuluh darah yang melebar dan peningkatan aliran darah dapat membantu meringankan kram – dorongan dalam bahan kimia yang terasa baik dan lega dari periode kram? Membuat ciuman Anda saat Anda berada dalam pergolakan periode yang buruk mungkin saja sepadan. Maka dari itu, jangan segan untuk mengambil manfaat ciuman bibir bagi kesehatan ini, yaitu untuk meredakan kram.

8. Membantu mencegah gigi berlubang

Berciuman merangsang kelenjar air liur Anda – yang meningkatkan produksi air liur. Air liur melumasi mulut Anda, membantu menelan, dan membantu menjaga sisa-sisa makanan menempel ke gigi Anda, yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang.

9. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat berciuman dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan saling “menukar ludah” karena mengekspos ke kuman baru yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Satu studi 2014 menemukan bahwa pasangan yang berciuman sering berbagi mikrobiota yang sama dalam air liur dan lidah mereka.

10. Mengurangi respons alergi

Manfaat ciuman bibir bagi kesehatan selanjutnya adalah mengurangi respon alergi. Telah terbukti memberikan bantuan yang signifikan dari gatal-gatal dan tanda-tanda lain dari reaksi alergi yang terkait dengan serbuk sari dan tungau debu rumah tangga. Stres juga memperburuk reaksi alergi, jadi efek ciuman pada stres juga dapat mengurangi respons alergi seperti itu.

Baca juga: Dampak Kesehatan yang Kita Dapatkan Andai Berciuman Selama 10 Detik

Risiko Ciuman Bibir bagi Kesehatan

Tidak hanya memiliki manfaat saja, ciuman bibir juga memiliki risiko untuk kesehatan. Ciuman bibir yang dilakukan dengan pasangan mungkin lebih aman ketimbang ciuman dengan orang lain. Ciuman dengan orang lain yang belum tentu sehat bisa menyebabkan beberapa hal di bawah ini.

  • Pilek dan penyakit yang menular lewat udara dan air liur
  • Hepatitis B
  • Meningitis
  • Kerusakan gigi
  • Kutil mulut
  • Infeksi herpes.

Karena risiko ciuman bibir bagi kesehatan yang cukup besar ini, pastikan ciuman hanya dilakukan dengan pasangan yang benar-benar sehat ya, Teman Sehat!