Inilah 7 Manfaat BB Cream untuk Wajah, Bikin Cantik Natural!

manfaat-bb-cream-doktersehat

DokterSehat.Com – Memiliki wajah yang sehat dan cantik tentunya menjadi idaman banyak wanita. Beragam produk kecantikan khusus wanita beredar guna memenuhi banyak kebutuhan kulit yang berbeda-beda itu. Salah satu produk yang cukup populer adalah BB cream. Salah satu manfaat BB cream adalah dapat melembapkan kulit.

Apa Itu BB Cream?

Sebelum mengetahui manfaat BB cream, perlu Anda ketahui bahwa pada awal kemunculan BB cream digunakan untuk perawatan pengelupasan kulit wajah. Akan tetapi, seiring waktu penggunaanya krim ini tidak hanya untuk memperhalus dan melindungi kulit wajah, namun fungsi BB cream ternyata juga mampu menutupi kemerahan dan masalah-masalah lain pada wajah.

BB cream adalah sebuah produk kecantikan berbentuk krim yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah dan menyempurnakan warna kulit wajah yang tidak merata.

Blemish balm atau beauty balm atau juga biasa disebut BB cream memiliki tekstur lebih ringan dari foundation, namun lebih pekat dibandingkan pelembap berwarna. BB cream kadang mengandung SPF, namun bahan utamanya adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit terhadap radikal bebas dan kerusakan dari polusi. Dengan kata lain, manfaat BB cream hampir sama seperti foundation namun dengan formula yang lebih ringan.

Tidak hanya itu, ketika Anda menggunakan BB cream maka Anda tidak perlu lagi menggunakan pelembap, tabir surya dan primer base khusus wajah sebelumnya, tidak heran BB cream dianggap produk yang cukup lengkap dan efisien.

Manfaat BB Cream untuk Kulit Wajah

Selain manfaat yang telah dijelaskan di atas, berikut ini manfaat BB cream lainnya yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Memperlambat penuaan

Manfaat BB cream yang pertama adalah memperlambat penuaan. BB cream mengandung berbagai zat yang mampu membuat Anda awet muda, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, antioksidan, dan peptides.

2. Meratakan warna kulit

Fungsi BB cream selanjutnya adalah meratakan warna kulit karena biasanya BB cream hadir dalam beberapa pilihan warna kulit dan hal ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan warna kulit Anda yang dominan.

Bahkan, manfaat BB cream dapat menyamarkan sedikit noda hitam dan kemerahan di wajah. Fungsi BB cream juga mampua menyamarkan noda bekas jerawat.

3. Melembapkan kulit

Fungsi BB cream lainnya dapat menjaga kelembapan dan melembutkan kulit, sebab BB cream mengandung berbagai zat yang dapat membuat kulit Anda tetap lembap dan lembut, seperti dimethicone – yang juga terdapat di primer make up.

4. Melindungi kulit dari paparan matahari

Melindungi kulit wajah dari sinar matahari adalah fungsi BB cream lainnya. Pada umumnya sebagian besar produk BB cream sudah mengandung sun protection factor (SPF). Meskipun kadar SPF masing-masing merek akan berbeda, namun biasanya SPF yang ada di dalam BB cream berkisar antara SPF 15-30.

5. Menghindrasi kulit

Sementara itu, jika Anda memiliki kulit kering, maka fungsi BB cream dengan dengan formula yang menghidrasi bisa menjadi pilihan terbaik. Manfaat BB cream ini bisa didapatkan karena kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya. Namun jika Anda terpaksa menggunakan foundation, pilihlah water-based dengan kandungan mineral yang tinggi untuk menghidrasi kulit kering.

6. Menghaluskan kulit

Pada umumnya, BB cream banyak digunakan oleh wanita muda, mereka yang tidak membutuhkan koreksi warna untuk wajah, dan puas dengan pulasan tipis, namum tetap ingin mendapatkan manfaat SPF. Manfaat BB Cream juga dipercaya tidak memperburuk permasalahan yang ada pada kulit wajah dan menutupi pori-pori, karena fungsi BB cream hanya untuk memperhalus kulit.

7. Foundation alami

Manfaat BB cream bekerja sebagai foundation super alami, yang membuat kulit wajah Anda tampak alami dan sempurna tanpa menyumbat pori-pori.

Cara Memakai BB Cream

Sebelum menggunakan BB cream, ada beberapa hal penting yang harus Anda ikuti. Berikut ini beberapa cara memakai BB cream agar mendapatkan manfaat BB cream secara masksimal:

1. Bersihkan wajah

Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan cleansing milk untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah, lalu lakukan pembersihan lagi dengan sabun.

2. Pilih dan gunakan BB cream yang tepat untuk kulit Anda 

Sebaiknya gunakan BB cream yang mengandung SPF, karena kandungannya cocok untuk semua jenis kulit.

3. Pilih dan gunakan BB cream sesuai warna kulit Anda

Menggunakan BB cream harus disesuaikan dengan warna kulit. Pilihlah BB cream yang terangnya satu tingkat di atas kulit. Jangan memilih BB cream dengan warna yang terlalu terang dibandingkan kulit karena nanti akan terlihat belang.

4. Menerapkan BB cream

Taruh BB cream krim dengan jumlah yang tepat (seukuran ujung jari) di telapak tangan dan tepuk merata di wajah, dengan gerakan lembut dan melingkar. Hindari pemakaian BB cream terlalu banyak, cukup berikan di beberapa titik wajah, seperti di bagian kening, hidung, pipi kanan dan kiri, serta dagu. Jangan lupakan area di bawah mata. Anda bahkan dapat menggunakan BB cream tambahan jika Anda ingin menyamarkan noda-noda di wajah.

Jika Anda ingin wajah tampak bersih dan tak perlu dandan berlebihan sepertinya tepat untuk mendapatkan manfaat BB cream.

Waktu Terbaik Menggunakan BB Cream

Bila Anda sudah tahu apa saja manfaat BB cream, Anda juga perlu tahu waktu yang tepat menggunakan BB cream. Berikut ini waktu terbaik untuk menggunakan BB cream:

1. Menggunakan BB cream saat bepergian 

Salah satu bagian perjalanan yang paling menjengkelkan adalah mencoba mencari tahu produk kecantikan mana yang akan disimpan di tas make up Anda. Karena BB cream memiliki banyak manfaat, Anda dapat menyederhanakan rutinitas dan menghemat sedikit ruang di tas perjalanan Anda.

2. Menggunakan BB cream saat terburu-buru

Tidak ada waktu untuk menggunakan make up primer, color corrector (krim berwarna), concealer, dan foundation? Tidak masalah! Gunakan saja BB cream yang diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda daripada menerapkan beberapa produk. BB cream akan membuat wajah  terlihat segar sepanjang rutinitas Anda.

3. Menggunakan BB cream ketika tidak ingin ber-make up

Jika Anda tidak ingin menggunakan make up, BB cream adalah cara sempurna untuk mendapatkan tampilan wajah seperti menggunakan make up. Gunakan BB cream sesuai warna kulit Anda agar tampak alami. Akhiri dengan lapisan maskara dan sedikit krim blush dan Anda siap untuk pergi!

4. Menggunakan BB cream untuk selfie

Saat selfie atau foto diri sendiri, pasti Anda ingin kulit wajah terlihat seindah mungkin, bukan? BB cream dapat membantu memperbaiki dan menyempurnakan tampilan kulit wajah Anda, jadi gunakanlah BB cream sebelum Anda selfie menggunakan kamera ponsel Anda.

5. Menggunakan BB cream ketika ingin mengistirahatkan kulit wajah dari riasan tebal 

Jika Anda ingin mengistirahatkan kulit wajah dari riasan tebal tetapi masih ingin terlihat tampak segar dan menawan, BB cream adalah cara terbaik. Bila ingin lebih banyak menutupi wajah dari noda bekas jerawat misalnya, tanpa menggunakan foundation, coba aplikasikan BB cream sebelum menutupi semua ketidaksempurnaan yang tampak melalui concealer ringan.

6. Menggunakan BB cream katika akan wawancara tapi tak ingin pakai make-up

Ada rencana wawancara besar atau acara yang akan datang? Jangan khawatir! Ketika Anda tidak ingin menggunakan make up sama sekali dan  tidak ingin mengiritasi kulit Anda, BB cream adalah pilihan yang sempurna.

7. Menggunakan krim BB ketika kulit wajah muncul banyak kemerahan 

Jika Anda membutuhkan color correction (krim berwarna) utama, tersedia BB cream  dalam warna yang tidak konvensional — seperti hijau — untuk membantu menetralkan warna kulit  dan memperbaiki kekurangan.

8. Menggunakan BB cream ketika pergi ke pantai 

Jika pergi ke pantai, ada kemungkinan Anda tidak ingin memakai riasan wajah penuh. Tetapi bagaimana jika Anda berencana untuk melakukan pemotretan dadakan. BB cream bisa menyelamatkan anda! BB cream akan membantu melindungi kulit wajah Anda dari sengatan sinar katika  menghabiskan waktu seharian di pantai.

Jika BB cream tidak memberikan perlindungan terhadap sinar matahari yang cukup, Anda masih perlu menerapkan tabir surya (dengan nilai SPF 15 atau lebih tinggi).

Cara Memilih BB Cream yang Tepat

Menemukan produk kecantikan yang tepat digunakan oleh kulit bukanlah perkara yang mudah, di pasaran banyak ditemukan berbagai macam produk dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui manfaat dari setiap produk yang ditawarkan.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat BB cream secara maksimal, disarankan untuk memilih BB cream yang mengandung bahan-bahan berikut:

  • Komponen anti-penuaan (seperti peptida, antioksidan, vitamin A, E, dan juga C),
  • Arbutin dan licorice yang dapat membantu menyamakan warna kulit
  • Mengandung SPF 30 atau lebih.

Sekilas Tentang Manfaat CC Cream

Setelah Anda mengetahui fungsi BB cream, Anda juga perlu tahu mengenai CC cream. Krim ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah secara menyeluruh, seperti kemerahan atau pigmentasi, tapi tidak seberat sebagaimana alas bedak. CC cream ini cocok untuk kulit orang yang lebih dewasa dengan kondisi kulit seperti itu.

Salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan CC cream adalah dengan menggunakannya sebagai lapisan pertama sebelum menggunakan alas bedak.

Menggunakan CC ream akan membuat warna kulit Anda terlihat indah sekaligus memberikan manfaat anti-penuaan dan menjaga kelembapan wajah. Anda juga dapat menambahkan sedikit bedak di atas lapisan CC cream pada wajah, hal ini bertujuan untuk memberikan tampilan sempurna yang akan bertahan sepanjang hari.

Cobalah beberapa jenis produk untuk melihat mana yang terbaik dan cocok bagi kulit Anda, tekstur mana yang paling tepat, dan jangan lupa untuk membaca kandungan bahan-bahannya.

Nah, itu dia manfaat BB cream hingga cara memilih BB cream yang tepat untuk kulit wajah Anda. Selamat mencoba, Teman Sehat!