Terbit: 28 April 2020 | Diperbarui: 9 Juni 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Manfaat daging bebek tak kalah dengan daging unggas lainnya, misalnya daging ayam. Itu karena daging bebek memiliki banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Khasiatnya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga dapat mencegah kanker. Apa saja khasiat lainnya? Yuk simak selengkapnya tentang kandungan gizi, manfaat, dan cara memasak daging bebek di bawah ini!

10 Manfaat Daging Bebek dan Kandungan Nutrisi (Disertai Cara Memasak)

Kandungan Nutrisi Daging Bebek

Kandungan daging bebek memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Namun, bagian yang paling bergizi dari 100 gram daging bebek adalah kandungan protein, yaitu sebanyak 23% dari nilai angka kecukupan gizi (AKG).

Vitamin yang terkandung dalam 100 gram daging bebek dan kulitnya, di antaranya:

  • Vitamin B1 13% dari AKG
  • Vitamin B2 12% dari AKG
  • Vitamin B3 20% dari AKG
  • Vitamin B5 10% dari AKG
  • Vitamin B6 9% dari AKG
  • Vitamin C 5% dari AKG
  • Vitamin K 7% dari AKG

Vitamin lainnya dalam daging bebek juga memiliki sekitar antara 1 hingga 4%, termasuk vitamin B9, vitamin B12, vitamin A, dan vitamin K.

Selain kandungan vitamin yang melimpah, setiap 100 gram daging bebek dan kulitnya juga memiliki sejumlah mineral berikut:

  • Tembaga 12% dari AKG
  • Zat besi 13% dari AKG
  • Fosfor 14% dari AKG
  • Kalium 6% dari AKG
  • Selenium 18% dari AKG
  • Zinc 9% dari AKG

Manfaat Daging Bebek bagi Kesehatan Tubuh

Berkat kandungan daging bebek yang kaya akan nutrisi bagi tubuh -terutama kandungan protein- daging bebek memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat daging bebek untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Asupan Protein

Mengonsumsi daging bebek dapat membantu meningkatkan asupan protein, terutama selama kehamilan. Daging bebek mengandung banyak protein, termasuk semua jenis asam amino yang diperlukan untuk membantu mendapatkan makanan bergizi seimbang.

Setiap 70 gram daging bebek terkandung sekitar 18 gram protein. Asupan protein yang baik selama kehamilan membantu calon ibu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit, menjaga kesehatan kulit, menjaga jaringan sehat, dan kesehatan bayi dalam kandungan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging bebek adalah sumber selenium yang baik yang merupakan antioksidan penting untuk membantu mencegah kerusakan sel dan melawan peradangan. Kedua manfaat daging bebek ini yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

Sementara unsur zinc yang terkandung dalam daging bebek dapat menekankan dan memberi kekuatan pada sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat dapat melawan beberapa penyakit. Ini juga membantu dan mempercepat penyembuhan luka.

3. Menjaga Kesehatan Tiroid

Mengonsumsi selenium dalam jumlah yang cukup juga penting untuk kesehatan tiroid. Sekitar tiga porsi daging bebek mengandung lebih 50% dari nilai angka kecukupan gizi harian untuk selenium.

Selenium berperan aktif dalam mengatur beberapa fungsi enzimatik dalam tubuh, terutama selama kehamilan. Mineral tersebut dapat mendukung fungsi tiroid sehingga mencegah risiko masalah tiroid selama kehamilan.

4. Meningkatkan Kepadatan dan Kekuatan Tulang

Beberapa penelitian yang dilansir dari laman Verywell Fit menunjukkan bahwa manfaat daging bebek dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, asalkan didukung dengan asupan kalsium yang mencukupi

Kandungan daging bebek memiliki kalsium dan fosfor dalam jumlah tinggi. Manfaat fosfor dapat menjaga kesehatan gigi, sedangkan kalsium adalah elemen penting dari pembentukan tulang yang kuat dan menjaga kesehatan tulang. Manfaat lain dari kalsium juga dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sama seperti halnya ikan berminyak yang dianggap sebagai sumber utama asam lemak omega-3, daging bebek juga mengandung asam-asam yang menyehatkan jantung.

Mengonsumsi daging bebek atau daging lainnya yang tinggi lemak jenuh juga memiliki potensi bagi kesehatan terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, daging bebek juga dilengkapi zat besi sebanyak dari daging merah lainnya, bahkan jauh lebih banyak daripada yang terkandung dalam ayam.

6. Meningkatkan Sistem Saraf

Manfaat daging bebek bisa membantu meningkatkan sistem saraf selama kehamilan. Ini berkat daging bebek yang memiliki banyak vitamin B5 dan vitamin B12.

Satu porsi daging bebek saja mengandung 1,6 miligram vitamin B5 yang memenuhi 32% dari nilai asupan harian vitamin ini. Sementara kandungan vitamin B12 dalam satu porsi daging bebek memiliki 0,4 miligram yang memenuhi 12% dari nilai asupan harian yang disarankan.

Manfaat vitamin B5 dapat membantu menghasilkan bahan kimia yang berperan penting dalam persinyalan saraf, sedangkan vitamin B12 membantu mencegah kerusakan saraf selama kehamilan serta mencegah risiko cacat lahir pada bayi yang belum lahir.

7. Meningkatkan Jumlah Hemoglobin

Tubuh manusia membutuhkan banyak hemoglobin atau sel darah merah selama kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Nah, kandungan daging bebek kaya akan zat besi yang dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

Jadi, manfaat makan daging bebek selama kehamilan bisa membantu Bunda meningkatkan jumlah sel darah merah dan mencegah risiko anemia.

8. Meningkatkan Berat Badan

Anda sedang menjalani program meningkatkan berat badan? Jika ya, mengonsumsi daging bebek adalah langkah yang tepat karena manfaat daging bebek bisa membantu menambah berat badan untuk Anda yang kurus. Ini karena daging bebek memiliki lemak dan asam lemak.

Perlu Anda ketahui, lemak dan asam lemak adalah komponen penting untuk menambah berat badan. Keduanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging bebek karena kandungan lemaknya dua kali lipat dari ayam. Jumlah yang cukup dari unsur-unsur ini dapat membantu meningkatkan berat badan dengan cepat, sehat, dan alami.

9. Mencegah Kanker

Daging bebek mengandung antioksidan yang dapat membantu menghancurkan dan mengurangi pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat dari luar tubuh yang memicu kanker tertentu.

Kandungan vitamin C dalam daging bebek juga merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini dan mencegah beberapa penyakit lainnya.

10. Memperkuat Vitalitas Pria

Manfaat daging bebek untuk kesehatan selanjutnya ternyata bisa membantu meningkatkan vitalitas pria. Kandungan daging bebek memiliki vitamin B1 atau juga disebut thiamin yang dapat menyederhanakan sistem sirkulasi darah dan sistem saraf darah yang secara aktif terkait dengan vitalitas pria.

Dalam satu porsi daging bebek yang telah dipanggang mengandung 0,3 miligram vitamin B1 yang merupakan 17% dari kebutuhan gizi harian. Nah, jika Anda kaum pria yang ingin meningkatkan stamina seksual, cobalah makan daging bebek dengan berbagai olahan sesuai selera Anda.

Cara Memasak Daging Bebek agar Empuk dan Tidak Bau Amis

Setelah mengetahui informasi tentang kandungan dan manfaat daging bebek, tentu Anda ingin tahu bagaimana cara mengolah daging bebek yang benar. Daging bebek terkenal alot dan memiliki aroma yang lebih amis. Bagaimana caranya agar daging empuk dan tidak amis?

Berikut ini beberapa tips cara memasak daging bebek yang benar:

1. Mencuci Bersih Daging

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan daging bebek yang akan dimasak. Pastikan membersihkan daging hingga menyeluruh tanpa meninggalkan sisa bulu karena bulu yang tersisa akan meninggalkan bau amis. Jangan lupa untuk membersihkan jeroan dan bagian ekornya.

2. Merendam Daging dengan Daun Pepaya

Setelah selesai dibersihkan, potong daging bebek sesuai selera ukuran. Lalu, rendam bebek menggunakan daun pepaya yang sudah dihaluskan. Kemudian tiriskan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Daging bebek memiliki bau amis yang harus dihilangkan agar bisa menggugah selera ketika sudah matang. Nah, supaya bau amisnya benar-benar hilang dan tidak tercium, Anda bisa melumuri potongan bebek dengan air jeruk nipis dan mendiamkannya selama 30 menit.

4. Merebus Daging dengan Rempah

Setelah dilumuri jeruk nipis dan didiamkan, rebuslah daging bebek dengan menggunakan rempah-rempah seperti daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas. Cara memasak daging bebek agar bau amisnya benar-benar hilang juga bisa dengan merebusnya selama kurang lebih satu jam.

5. Merebus Daging dengan Potongan Nanas

Mengingat tekstur daging bebek yang lebih keras atau alot dibandingkan dengan daging ayam, maka rebuslah daging bebek dengan tambahan potongan buah nanas untuk membuat teksturnya menjadi lebih empuk.

Itulah penjelasan tentang kandungan, manfaat daging bebek untuk kesehatan, dan cara mengolahnya dengan benar. Meski menyehatkan, daging bebek juga memiliki efek samping buruk jika terlalu banyak mengonsumsinya, seperti obesitas hingga meningkatkan kadar kolesterol.

Nah, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang sedang diderita dan ingin mengonsumsi daging bebek, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter ya, Teman Sehat!

  1. Kochrekar, Manjiri.5 Amazing Health Benefits Of Duck Meat During Pregnancy. https://www.momjunction.com/articles/duck-meat-during-pregnancy_00367118/. (Diakses pada 28 April 2020)
  2. Fatima, Zumaira. 2018. 20 Proven Benefits of Duck Meat (No.15 is Amazing). https://www.menswelfare.com/duck-meat/. (Diakses pada 28 April 2020)
  3. Pamujiningtyas, Kartika. 2018. 5 Tips Mengolah Daging Bebek agar Empuk dan Tak Bau Amis. https://kumparan.com/kumparanfood/5-tips-mengolah-daging-bebek-agar-empuk-dan-tak-bau-amis/full. (Diakses pada 28 April 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi