Terbit: 12 April 2021 | Diperbarui: 16 April 2021
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Menjaga kebersihan wajah tidak kalah penting dengan menjaga kebersihan tubuh. Maka dari itu, sama halnya seperti mandi, kita juga disarankan untuk mencuci muka dua kali sehari. Nah, ternyata manfaat cuci muka secara rutin tidak hanya berguna untuk membersihkan muka saja, tapi juga memberikan berbagai manfaat lainnya, lho!

10 Manfaat Cuci Muka, Bukan Sekadar Membuat Wajah Bersih!

Manfaat Cuci Muka Jika Dilakukan secara Rutin

Mencuci muka menggunakan sabun umumnya dilakukan dua kali sehari yaitu di pagi hari dan di malam hari setelah selesai beraktivitas atau sebelum tidur. Sebagian orang terkadang melewatkan kegiatan rutin ini hanya karena merasa malas, padahal manfaat cuci muka sebelum tidur dan di pagi hari sangat lah banyak untuk kulit.

Kenali berbagai manfaat cuci muka berikut ini agar Anda tidak lagi berkeinginan untuk melewatkannya!

1. Membersihkan make up

Manfaat cuci muka yang pertama adalah untuk membersihkan make up di wajah.

Sebelum mencuci muka, Anda harus lebih dulu membersihkan make up menggunakan make up remover atau susu pembersih. Selanjutnya barulah gunakan sabun untuk membersihkan wajah Anda dari sisa make up yang mungkin masih tersisa di wajah.

Membersihkan make up sebelum tidur sangat penting. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sisa make up dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo, hingga penuaan dini.

2. Membersihkan debu dan kotoran

Tidak menggunakan make up bukan menjadi alasan untuk tidak mencuci muka sebelum tidur.

Selain membersihkan wajah dari sisa make up, mencuci muka dengan sabun juga akan membantu membersihkan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Sama halnya seperti sisa make up, debu, dan kotoran yang tidak dibersihkan juga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit.

Debu dan kotoran yang menumpuk dan tidak dibersihkan ini juga akan membuat kulit kusam dan kehilangan kecerahannya.

3. Mencegah penumpukan sel kulit mati

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah akan membuat wajah terlihat kusam, kering, dan juga kasar.

Mencuci muka dapat mencegah sel kulit mati menumpuk pada wajah. Jangan lupa juga untuk menggunakan scrub atau masker wajah secara rutin agar sel kulit mati dapat terangkat dengan lebih maksimal. Scrub dapat digunakan maksimal satu minggu sekali, sedangkan masker wajah dapat digunakan 2-3 kali seminggu.

4. Menghilangkan racun atau toksin pada kulit

Paparan polusi sehari-hari pada wajah dapat meninggalkan racun atau toksin pada wajah.

Membasuh wajah dengan air biasa tentunya tidak akan cukup untuk membersihkan racun yang mengendap pada wajah tersebut. Mencuci muka dengan sabun secara rutin akan membantu untuk menghilangkan racun tersebut dan mencegah wajah mengalami berbagai masalah kulit.

5. Mencegah komedo dan jerawat

Siapa yang tidak resah dengan masalah komedo dan jerawat? Setiap orang tentunya tidak menginginkan keberadaannya di kulit wajah.

Mencuci muka dengan rutin adalah salah satu cara untuk mencegah jerawat dan komedo muncul karena keduanya dapat muncul akibat dari tersumbatnya pori-pori oleh sisa kotoran di wajah. Beberapa jenis sabun cuci muka juga memiliki klaim mampu untuk mengatasi masalah komedo dan jerawat yang sudah terlanjur muncul, pilihlah jenis sabun yang sesuai.

Tidak disarankan dengan metode ini, tambahan saran untuk memilih produk pembersih dengan fitur nonkomedogenik agar meminimalisir terjadinya pori tersumbat

Baca juga : 7 Cara Cepat dan Alami Memutihkan Wajah

6. Meningkatkan sirkulasi pembuluh darah

Pijatan pada wajah ketika mencuci muka juga dapat membantu Anda mendapatkan manfaat yang satu ini. Jika sirkulasi darah lancar, kulit dapat terlihat lebih sehat dan tentunya juga menjadi lebih kencang.

7. Mengecilkan pori-pori

Manfaat cuci muka lainnya adalah dapat mengecilkan pori-pori wajah. Namun untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda mungkin membutuhkan dukungan produk perawatan lain dari hanya sekedar sabun pencuci muka.

Pilihan cuci muka dengan air dingin lebih cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin mengecilkan pori-pori wajah. Penggunaan air dingin dan hangat untuk mencuci muka dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk mencuci muka secara rutin, pilihan air biasa dapat menjadi pilihan yang paling ideal.

8. Mempersiapkan kulit untuk penggunaan skin care lainnya

Sebelum menggunakan rangkaian skin care lainnya, memastikan wajah sudah bersih sangat penting untuk dilakukan.

Jika wajah tidak bersih, maka akan menghambat penyerapan nutrisi dari skin care lain yang digunakan. Maka dari itu, membersihkan wajah dan mencuci muka haruslah berada pada tahap awal skin care routine Anda.

9. Mencerahkan kulit

Kulit cerah dan tidak kusam tentunya menjadi dambaan setiap orang. Mencuci wajah dengan pembersih wajah yang tepat dapat membantu kulit menjadi tidak kusam sehingga terlihat lebih cerah.

10. Menghaluskan kulit

Manfaat cuci muka yang terakhir adalah dapat membantu menghaluskan kulit.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa menumpuknya kotoran dan dan sel kulit mati pada wajah dapat membuat tekstur kulit menjadi lebih kasar. Kulit yang bersih dan terjaga kelembapannya tentu akan terasa lebih halus.

Tips Mencuci Muka yang Benar

Selain memberikan manfaat, cuci muka juga dapat menyebabkan masalah pada wajah apabila tidak dilakukan dengan benar. Berikut adalah beberapa tips mencuci muka yang harus diperhatikan!

  • Jika memiliki kulit berminyak, pilihlah pembersih wajah yang memiliki kandungan yang lembut, tidak mengandung busa yang banyak, dapat mengontrol minyak tanpa menjadikan kulit kering, nonkomedogenik, dan memiliki pH 5,5.
  • Jika Anda memiliki kulit kering, hindari pembersih wajah yang mengandung busa yang banyak, pilihlah yang memiliki kandungan yang lembut, melembapkan, dan dengan pH 5,5.
  • Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, pilihlah pembersih wajah dengan pH balance sesuai pH kulit, yaitu 5,5. Hindari pembersih wajah yang mengandung busa yang banyak ataupun scrub, hindari juga yang memiliki kandungan pewangi.
  • Mencuci muka cukup dilakukan 2 kali sehari. Mencuci muka terlalu sering juga tidak baik karena dapat menghilangkan sebum atau minyak alami pada wajah.

Rekomendasi Pencuci Muka untuk Kulit Sensitif

Sebagai perawatan wajah paling esensial, sudah sepantasnya kita memilih sabun pencuci wajah dengan cermat, terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Salah satu brand yang menyediakan beberapa jenis pembersih wajah untuk kulit sensitif adalah Bioderma.

Berikut adalah beberapa rekomendasi pencuci wajah yang bisa Anda coba:

  • Sébium Gel Moussant. Pembersih wajah dengan tekstur gel yang cocok digunakan untuk kulit kombinasi hingga berminyak. Ampuh dalam membersihkan kulit, mengangkat kotoran, mengontrol kadar minyak berlebih, dan dengan formula nonkomedogenik.
  • Sensibio Gel Moussant. Pembersih wajah yang cocok untuk kulit sensitif hingga kulit yang mudah teriritasi. Merupakan pembersih berbasis gel dengan teknologi micellar yang tidak hanya membersihkan, tapi juga meningkatkan hidrasi alami kulit.
  • Atoderm Intensive Gel Moussant. Pembersih kulit yang dapat membersihkan dengan lembut, menenangkan iritasi, mencegah kekeringan kulit, dan tidak merusak keseimbangan kulit. Cocok digunakan untuk kulit sangat kering, mudah iritasi, cenderung sensitif, hingga kulit atopik.

Bioderma Buy One Get More doktersehat

Itu dia berbagai manfaat cuci muka dan tips mencuci muka yang bisa Anda terapkan. Yuk, jaga kesehatan kulit wajah dengan mencuci muka secara rutin dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi