Terbit: 25 November 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Melakukan perawatan rambut merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan rambut yang cantik dan sehat. Salah satu jenis perawatan rambut yang paling populer adalah creambath. Takuhan Anda apa saja manfaat creambath? Simak jawabannya melalui artikel ini!

Manfaat Creambath untuk Kesehatan Rambut, Wajibkah untuk Dilakukan?

Apa Itu Creambath?

Creambath adalah salah satu perawatan rambut yang sudah populer sejak dulu. Creambath adalah perawatan menggunakan krim rambut yang berasal dari bahan alami seperti buah, madu, teh hijau, dan bahan alami lainnya. Pada proses creambath, krim tidak hanya akan dibalurkan di rambut saja, tetepi juga akan dilakukan pemijatan kulit kepala.

Setelah pemijatan selesai, rambut juga biasanya akan diuap agar krim yang dibalurkan pada rambut semakin diserap oleh rambut. Terakhir, baru akan dilakukan pencucian rambut sebagai salah satu rangkaian perawatan creambath. Jika dibandingkan dengan hair spa dan hair mask, perawatan creambath adalah yang populer lebih dulu, meskipun pada dasarnya ketiga perawatan ini tidak jauh berbeda.

Perawatan creambath umumnya dilakukan untuk mencegah kerusakan rambut dan menyelesaikan masalah rambut tertentu. Sedangkan untuk hair spa biasanya dilakukan untuk mengatasi kerusakan rambut. Hair mask adalah yang paling sederhana karena tidak dilakukan pemijatan dan umunya dilakukan sebagai pemeliharaan rambut saja.

Fokus perawatan creambath adalah agar rambut yang tumbuh akan lebih sehat. Rambut yang tumbuh sehat akan menggantikan rambut yang bermasalah atau pun rusak. Selanjutnya akan dijelaskan tentang berbagai manfaat creambath.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Manfaat Creambath

Setiap perawatan rambut tentunya memberikan manfaat tertentu bagi rambut, begitu juga dengan creambath. Banyaknya orang yang melakukan perawatan satu ini tentunya membuktikan bahwa creambath cukup ampuh untuk mewujudkan rambut yang sehat. Berikut adalah manfaat creambath yang tidak boleh Anda lewatkan!

1. Mengatasi masalah rambut tertentu

Manfaat creambath yang pertama adalah mengatasi masalah rambut tertentu. Ada banyak sekali masalah yang mungkin terjadi pada rambut mulai dari rambut kering, rambut bercabang, rambut kasar, hingga rambut rontok. Pemilihan perawatan creambath yang tepat harus disesuaikan dengan masalah rambut yang dialami.

Setiap bahan alami krim untuk creambath tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Contohnya seperti creambath lidah buaya yang berguna untuk melembabkan rambut dan membersihkan rambut dari berbagai kotoran. Diskusikan dengan terapis sebelum memilih produk creambath yang tepat untuk masalah rambut Anda.

2. Mencegah rambut rusak

Manfaat creambath selanjutnya adalah mencegah kerusakan rambut. Ya, creambath tidah hanya dapat mengatasi masalah rambut, tetapi juga dapat dipilih sebagai langkah pencegahan rambut rusak. Terdapat beberapa perawatan creambath yang berfokus pada memberikan nutrisi untuk kesehatan rambut.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, creambath juga bertujuan untuk menutrisi rambut agar rambut yang tumbuh lebih sehat dan kuat. Jadi, tidak perlu menunggu rambut bermasalah untuk melakukan perawatan yang satu ini.

3. Menyuburkan dan menebalkan rambut

Manfaat creambath lainnya yaitu menyuburkan rambut. Tentu saja setiap orang menginginkan rambut yang tebal dan juga sehat, bukan? Ternyata creambath juga bisa mewujudkan keinginan yang satu ini.

Manfaat creambath untuk menutrisi rambut akan merangsang pertumbuhan rambut. Lalu, perawatan ini juga akan mecegah rambut dari kerontokan yang bisa menjadi penyebab rambut menjadi lebih tipis. Maka dari itu, rambut pun akan terjaga pertumbuhannya dan rambut dapat terlihat lebih tebal.

4. Menjaga warna rambut

Warna rambut yang berubah bukan karena diwarnai, bisa menjadi salah satu tanda rambut rusak. Rambut yang kurang nutrisi bisa terlihat kusam atau rambut yang terkena paparan matahari akan menjadi kering dan berubah warnanya. Menjaga warna rambut juga merupakan salah satu manfaat creambath.

Creambath dengan bahan dasar lidah buaya, kemiri, maupun alpukat umumnya memilihi klaim dapat membuat rambut lebih hitam, yang merupakan warna dasar rambut kebanyakan orang Indonesia. Selain menjaga warna asli rambut, creambath juga bisa menjadi salah satu perawatan untuk Anda yang mewarnai rambut agar warnanya dapat bertahan dan rambut juga tidak rusak.

Menjaga warna rambut adalah salah satu keunggulan dari creambath. Perawatan lain seperti hair spa, meskipun lebih mahal dan ampuh memperbaiki kerusakan, tapi bisa memberikan efek samping memudarkan warna rambut asli seseorang.

5. Rambut cantik alami

Siapa yang tidak ingin rambut cantik alami? Rambut yang cantik ditandai dengan rambut sehat berkilau dan mudah diatur. Kunci dari rambut yang cantik alami pada dasarnya adalah rambut yang sehat. Creambath secara rutin dapat menjaga kesehatan rambut dan rambut tebal, lembut, dan berkilau pun dapat terwujud.

6. Relaksasi dan pencegah stres

Manfaat creambath yang tidak boleh ketinggalan adalah tentu saja untuk mencegah stres. Pemijatan pada creambath tidak hanya bertujuan agar krim dapat menutrisi rambut dengan lebih maksimal, tetapi juga bisa untuk relaksasi. Stres dapat menyebabkan otot-otot di sekitar kepala dan bagian tubuh lain menjadi kaku.

Pijatan pada kepala akan membuat otot lebih rileks sehingga stres pun dapat dicegah. Jadi, tidak heran bukan jika melakukan perawatan di salon dapat membuat seseorang lebih bahagia?

Creambath di Rumah

Creambath ternyata tidak harus dilakukan di salon, tetapi juga bisa dilakukan di rumah. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika ingin creambath di rumah:

  1. Keramas menggunakan sampo seperti biasa, setelah selesai, basuh rambut dengan handuk agar tidak terlalu basah.
  2. Balurkan krim creambath ke seluruh rambuh hingga kulit kepala, kemudian mulai pijat kulit kepala selama beberapa menit.
  3. Jepit rambut, lalu tutupi rambut menggunakan handuk yang sudah dibahasi dengan air panas. Tutup juga dengan shower cap agar handuk tidak jatuh.
  4. Diamkan selama 10 menit, baru kemudian bilas menggunakan air biasa atau air hangat bila perlu.

Tips Aman Creambath

Ternyata creambath di rumah tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Pilihan creambath di rumah atau di salon bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan Anda. Sebelum memilih perawatan creambath di salon maupun di rumah, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti berikut ini:

  • Pilihlah produk creambath yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Jika memiliki masalah rambut rontok, ginseng bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk rambut kering, lidah buaya bisa menjadi pilihan.
  • Jika memilih creambath di rumah, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa produk yang Anda pilih aman, ditandai dengan adanya izin dari BPOM.
  • Sama seperti keramas, creambath tidak boleh dilakukan setiap hari karena dapat merusak rambut. Creambath hanya perlu dilakukan sebanyak 1 kali dalam dua minggu.
  • Setelah selesai creambath, pastikan tidak ada krim yang tersisa di rambut dan dapat merusak rambut atau menyebabkan ketombe. Jika creambath sendiri, Anda bisa membilas rambut lebih dari sekali untuk memastikan kebersihannya.
  • Ketika creambath di salon, pastikan memilih salon yang terpercaya dan terjaga kebersihannya.

Itu berbagai manfaat creambath dan hal lain yang perlu Anda ketahui tentang creambath. Yuk, rawat dan jaga kebersihan rambut, karena rambut juga merupakan anggota tubuh yang harus dijaga kesehatannya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi