Terbit: 27 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada berbagai manfaat clover honey untuk kesehatan seperti sebagai antibakteri, antioksidan, antivirus, dll. Ketahui apa saja nutrisi, manfaat, efek samping, dan khasiat clover honey untuk jerawat. 

11 Manfaat Clover Honey bagi Kesehatan (Nutrisi Lengkap)

Apa Itu Clover Honey?

Clover honey adalah jenis madu yang berasal dari nektar tanaman clover (semanggi). Lebah menyukai nektar dari tanaman semanggi jadi persediaan madunya sangat luas. Madu clover digunakan sebagai alternatif pemanis yang lebih sehat daripada gula.

Banyak orang yang menggunakan madu clover untuk pemanis teh, kopi, jus, dan makanan penutup lainnya. Madu clover juga digunakan sebagai alternatif untuk pengobatan flu dan sakit tenggorokan alami. 

Kandungan Nutrisi Clover Honey

Madu clover memiliki rasa manis yang kompleks. Pemanis alami ini juga mengandung antioksidan, antibakteri, dan nutrisi penting lainnya. 

Berikut ini kandungan nutrisi clover honey

  • Vitamin B
  • Potasium
  • Zinc 
  • Karbohidrat (17 gram) 
  • 60 kalori 
  • 0 lemak 
  • Zat besi 
  • Kalium
  • Antimikroba 
  • Antiinflamasi 

Pemanis alami ini juga mengandung vitamin dan mineral yang berbeda. Berbagai kandungan nutrisi pada madu clover memberikan beberapa manfaat kesehatan. 

Manfaat Clover Honey bagi Kesehatan 

Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis madu telah menjadi obat alternatif sejak masa Mesir dan Yunani Kuno?Pengobatan tradisional madu juga menggunakan madu untuk meningkatkan kesehatan secara umum dan meningkatkan energi.

Ketahui apa saja manfaat clover honey, termasuk: 

1. Pemanis Alami yang Aman 

Madu adalah alternatif pemanis alami yang lebih sehat daripada gula biasa. Gula yang biasa dikonsumsi mengandung fruktosa sirup jagung yang tidak dapat dipecah sepenuhnya menjadi energi yang kemudian akan berpengaruh buruk pada lonjakan kadar gula darah, penumpukkan lemak, dan kenaikan kadar kolesterol. 

Sementara madu mengandung kalori yang rendah, antioksidan, dan beberapa bentuk vitamin B yang dianggap lebih aman untuk kestabilan gula darah. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan pada 80 anak, madu memiliki respon gula darah yang lebih kecil daripada gula butir dalam dosis yang sama.

2. Mengandung Antibakteri 

Berdasarkan penelitian dari Biotechnology Research International pada tahun 2011, madu memiliki senyawa serupa antibiotik yang berpotensi untuk melawan bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian lain dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menyampaikan bahwa madu clover memiliki potensi untuk melawan bakteri atau patogen pada luka bakar atau luka gores.

3. Mengandung Antivirus 

Madu clover memiliki kandungan antivirus yang berpotensi untuk mencegah infeksi virus umum. Berdasarkan sebuah studi tabung reaksi, 5% larutan madu clover dapat menurunkan kelangsungan hidup virus cacar air. Walaupun demikian, madu clover bukan sepenuhnya berperan sebagai agen antivirus, namun bisa membantu menjaga sistem imun tubuh dari serangan infeksi virus. 

4. Mengandung Antioksidan 

Manfaat clover honey sebagai sumber antioksidan. Kandungan antioksidan pada madu dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel tubuh. Madu clover mengandung jenis antioksidan flavanol dan asam fenolik. Flavanol adalah jenis antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, sementara asam fenolik dapat menjaga kesehatan sistem saraf. 

Baca Juga: 23 Manfaat Madu, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker!

5. Menjaga Kadar Kolesterol 

Sebuah studi yang dilakukan pada 60 orang yang mengonsumsi 70 gram madu selama 6 minggu, menunjukkan bahwa mereka memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) lebih rendah dan kadar kolesterol baik (HDL) lebih tinggi. Menjaga kadar kolesterol tetap normal akan melindungi dari risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

6. Menjaga Kesehatan Liver

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam madu clover dapat melindungi dari kerusakan organ, termasuk menjaga fungsi liver. Madu semanggi juga dijadikan perawatan alternatif untuk seseorang yang mengalami masalah liver. 

7. Mengontrol Berat Badan 

Berdasarkan beberapa penelitian, konsumsi madu dapat mengurangi risiko lonjakan berat badan atau obesitas. Kandungan pemanis alami pada madu lebih sehat daripada gula biasa. Jadi, Anda bisa tetap konsumsi makanan atau minuman manis tanpa takut gemuk walaupun tetap harus ada batasan asupan pemanis dalam madu.

8. Menyembuhkan Inflamasi 

Clover honey memiliki kandungan antiinflamasi alami dan pollen untuk mengurangi efek peradangan. Pollen madu adalah serbuk sari alami yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. 

9. Meningkatkan Sistem Imun 

Manfaat clover honey selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Madu semanggi memiliki kandungan antibakteri, antioksidan, dan potensi antivirus untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Masyarakat tradisional juga menggunakan madu semanggi untuk perawatan kesehatan alami dari flu, pilek, dan demam biasa.

Baca Juga: 10 Manfaat Madu Manuka bagi Kesehatan (Lengkap)

10. Mencegah Diabetes 

Madu semanggi mengandung senyawa pemanis yang hampir serupa dengan gula biasa, namun tetap menjadi pilihan yang lebih sehat dari gula biasa. Konsumsi gula yang berlebihan akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2, jadi sebaiknya batasi konsumsi gula harian atau ganti dengan alternatif pemanis alami seperti madu. 

11. Mengatasi Jerawat 

Clover honey mengandung antibakteri yang berpotensi untuk membunuh bakteri P. acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat. Kandungan madu semanggi juga mengandung antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti garis halus, perubahan warna kulit, dan keriput. 

Berikut ini cara menggunakan clover honey untuk jerawat: 

  • Gunakan madu semanggi mentah atau madu yang belum dipasteurisasi.
  • Larutkan madu dengan air murni agar tekstur madu tidak terlalu lengket. 
  • Cuci muka hingga bersih.
  • Aplikasikan madu ke kulit wajah berjerawat selama beberapa menit. 
  • Setelah selesai, bila sampai bersih.

Anda bisa menggunakan masker madu seminggu sekali. Manfaat madu juga untuk membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Baca Juga: 5 Masker Berbahan Dasar Madu untuk Perawatan Kulit

Efek Samping Clover Honey

Walaupun madu semanggi lebih minim risiko dari pada konsumsi gula biasa, Anda tidak tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak. American Heart Association merekomendasikan konsumsi pemanis baik gula atau madu tidak lebih dari 100 kalori (1 1/2 dan 2 2/3 sendok makan madu) per hari bagi wanita.

Selain itu, madu mentah atau madu yang belum dipasteurisasi mengandung vitamin dan mineral yang lebih tinggi, namun madu yang belum diolah rentan terkontaminasi mikroorganisme yang cenderung berbahaya. Agar lebih aman, silakan konsumsi madu semanggi yang sudah dipasteurisasi yang sekarang banyak tersedia di pasaran. 

 

  1. Braverman, Jody, CPT, FNS, RYT. 2020. Clover Honey Benefits. https://www.livestrong.com/article/24619-clover-honey-benefits/. (Diakses pada 27 November 2020). 
  2. Shoemaker, SaVanna, MS, RDN, LD. 2019. What Is Clover Honey? Uses, Nutrition, and Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/clover-honey. (Diakses pada 27 November 2020). 
  3. Gonzales, Joyce. 2019. Clover Honey Health Benefits That Will Surprise You. https://www.medicaldaily.com/clover-honey-health-benefits-437226. (Diakses pada 27 November 2020). 
  4. Staughton, John, (BASc, BFA). 2020. 5 Best Health Benefits Of Clover Honey. https://www.organicfacts.net/clover-honey.html. (Diakses pada 27 November 2020). 
  5. Day, Catherine. 2019. What Is Clover Honey? Uses, Nutrition And Benefits. https://diethive.com/clover-honey/. (Diakses pada 27 November 2020). 
  6. Watson, Kathryn. 2019. How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin. https://www.healthline.com/health/honey-for-face. (Diakses pada 27 November 2020). 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi