Terbit: 15 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya mengenal kalau ciuman hanyalah wujud dari afeksi atau ketertarikan pada seseorang. Ketika berciuman, Anda sudah menunjukkan rasa cinta pada seseorang atau pasangan. Sayangnya, banyak yang belum tahu manfaat ciuman untuk kesehatan.

7 Manfaat Ciuman, Mulai Rangsangan hingga Kesehatan Mental

Manfaat Ciuman untuk Kesehatan Tubuh Pasangan

Ciuman memiliki cukup banyak manfaat pada tubuh, sehingga Anda sangat dianjurkan untuk melakukannya dengan benar khususnya saat bersama dengan pasangan. Lebih jelasnya, berikut manfaat ciuman untuk kesehatan yang jarang diketahui:

  1. Meningkatkan gairah seksual pasangan

Melakukan ciuman akan meningkatkan gairah seksual yang dimiliki oleh pasangan. Gairah seksual ini akan meningkat dengan sendirinya kalau pasangan melakukan ciuman yang intens. Biasanya pria akan mudah sekali terkena setrum saat berciuman sehingga mereka mudah sekali mengalami ereksi.

Dengan kemampuan ini pasangan bisa menjadikan ereksi sebagai salah satu cara untuk memulai seks. Singkatnya ciuman adalah pembuka seks yang intens.

  1. Meningkatkan hormon bahagia

Manfaat ciuman yang intens bisa membuat tubuh  mengeluarkan hormon bahagia seperti oksitosin, dopamain, dan serotonin,. Tiga hormon ini akan membuat pasangan menjadi nyaman dan relaks. Produksi kortisol yang merupakan hormon yang meningkatkan stres bisa diturunkan sehingga peluang terjadi depresi akan rendah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  1. Menurunkan stres yang berlebihan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, manfaat ciuman bisa menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh dengan signifikan. Selama ini kortisol selalu muncul dan membuat mood jadi buruk dan akhirnya stres melanda. Perbanyak ciuman dengan pasangan agar tubuh menjadi relaks dan Anda juga lebih bahagia.

  1. Menurunkan tekanan darah

Banyak yang bilang kalau berciuman bisa membuat emosi jadi terkontrol dan tekanan darah jadi menurun dengan sendirinya. Ternyata anggapan yang dipercaya oleh banyak orang itu benar adanya. Saat berciuman, tekanan darah akan sedikit naik. Namun, setelah ciuman usai dilakukan, tekanan darah akan stabil dengan sendirinya.

  1. Meredakan nyeri pada perut

Saat sedang PMS atau menstruasi wanita akan sering mengalami rasa sakit di perut bagian bawah. Rasa sakit ini muncul dengan sendirinya dan menyebabkan wanita tidak nyaman. Selanjutnya kortisol yang memicu stres dan rasa sakit juga diproduksi dalam jumlah banyak.

Melakukan ciuman saat menstruasi atau PMS bisa menurunkan rasa sakit. Nyeri yang terasa di bawah perut akan perlahan-lahan lenyap. Kalau pasangan Anda sering mengalami nyeri di perut saat PMS, perlukan dia dengan baik. Peluk dan kecup dengan mesra agar rasa sakit sedikit mereda.

  1. Meredakan sakit kepala

Manfaat ciuman dengan intens dan penuh semangat akan membuat seseorang mengalami penurunan rasa sakit di kepala. Itulah kenapa mereka yang sering mengalami migrain atau sakit kepala biasa dianjurkan untuk lebih banyak berciuman dengan pasangan. Efek dari ciuman ini akan dirasakan secara langsung.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sering melakukan ciuman dengan pasangan lalu diikuti dengan seks yang intens akan meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh ini akan membuat Anda dan pasangan jarang sekali mengalami sakit meski sedang ada wabah flu atau pandemi lainnya. Melakukan seks secara rutin dan berciuman juga berkesempatan menurunkan risiko diabetes atau penyakit jantung.

Berdasarkan tujuh manfaat ciuman di atas, mana saja yang belum Anda ketahui sebelumnya? Semoga setelah mengetahui hal di atas, Anda bisa lebih sering melakukan ciuman dengan pasangan saat seks atau saat menghabiskan waktu bersama.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi