Terbit: 19 Juli 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat cincau hijau tidak hanya dapat melepaskan dahaga saat cuaca panas, tetapi banyak khasiat lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan. Yuk, selengkapnya simak kandungan nutrisi dan daftar  khasiat cincau bagi kesehatan.

15 Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan, Obati Diare hingga Cegah Kanker

Kandungan Nutrisi Cincau Hijau

Cincau hijau adalah minuman yang terbuat dari daun cincau hijau yang secara botani bernama Cyclea barbata L. Miers. Tanaman rambat ini biasanya tumbuh di Asia Tenggara dan digunakan untuk membuat agar-agar seperti jelly yang disebut cincau hijau di Indonesia. Daun ini mengandung tanin yang bagus untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, daun cincau juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah berkhasiat.

Berikut ini kandungan lainnya dari nutrisi cincau hijau:

  • Alkaloid
  • Kalsium
  • Cardioplegicum
  • Fosfor
  • Flavonoid
  • Fenol
  • Polifenol
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Saponin
  • Tentradin
  • Vitamin A dan B
  • Bisbenzilsokuinolin klorofil

Daftar Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan

Cincau hijau adalah minuman yang cocok untuk cuaca panas dan kering karena sangat menyegarkan. Tidak hanya melepaskan dahaga, ada banyak manfaat kesehatan dari cincau hijau.

Berikut ini daftar manfaat cincau hijau bagi kesehatan:

1. Mengatasi Sakit Perut dan Diare

Cincau hijau memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan agar tetap bekerja dengan baik. Kandungan senyawa gula dalam minuman ini mampu mengatasi sakit perut. Daun cincau mengandung senyawa alkaloid dengan manfaat vitamin B dan vitamin C. Ini dapat mengatasi diare dengan mengonsumsinya tiga kali sehari secara rutin.

2. Mengobati Sembelit dan Mulas

Kandungan serat dalam cincau juga dapat membersihkan organ pencernaan secara keseluruhan. Dengan begitu, masalah pencernaan seperti sembelit dan mulas dapat teratasi dengan mengonsumsi cincau. Selain itu, manfaat cincau hijau dapat membantu meningkatkan penyerapan sari makanan dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Obat Sembelit Alami dan 12 Tips Mencegah Sembelit

3. Meningkatkan Asam Lambung dan Mengatasi Maag

Minuman cincau mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu memperkuat otot perut. Kandungan ini dapat membantu untuk membunuh bakteri penyebab penyakit maag dan meningkatkan asam lambung.

4. Mempercepat Gerakan Usus

Mengonsumsi minuman cincau setiap malam dapat membantu mempercepat buang air besar (BAB). Ini karena cincau mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Meminumnya setiap malam karena memberikan waktu pada usus untuk bekerja secara efektif dalam tubuh.

5. Mengobati Demam

Minuman cincau mengandung senyawa seperti karbohidrat, lemak, polifenol, saponin, flavonoid, alkaloid, cardioplegicum, tentradin, kalsium, fosfor, vitamin A dan B. Senyawa ini dapat memberikan efek efek antidemam, darah dan antitoksin.

Cara membuatnya, remas beberapa daun cincau, lalu campurkan dengan air, dan biarkan hingga mengeras. Kemudian bisa langsung Anda konsumsi.

6. Antimalaria

Berdasarkan hasil penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa rebusan dari akar cincau berkhasiat sebagai obat malaria. Akar cincau mengandung senyawa golongan alkoit yang bersifat antimalaria.

Ramuan dari akar cincau bisa Anda pertimbangan untuk menjadi obat malaria alternatif yang bermanfaat sebagai pencegahan.

7. Sebagai Antibiotik

Klorofil yang terkandung dalam cincau bisa menjadi antibiotik alami. Dengan begitu, cincau hijau juga dapat digunakan sebagai obat antibiotik yang bermanfaat, termasuk membunuh berbagai jenis bakteri dan virus, bahan makanan, dan obat-obatan. Hilangnya beberapa zat berbahaya ini dapat mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat cincau hijau telah terbukti dapat meningkatkan imunitas atau imunomodulator untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Gadjah Mada.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa cincau hijau memiliki berbagai senyawa metabolit sekunder, termasuk terpenoid, fenolik, flavonoid, dan tanin yang berfungsi sebagai imunomodulator dan antioksidan alami yang dapat meningkatkan imunitas.

Senyawa tersebut membuat sel-sel makrofag tubuh lebih aktif dalam menelan patogen, serta aktif menghambat radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

9. Menjaga Berat Badan Ideal dan Sehat

Mengonsumsi minuman berserat tinggi seperti cincau hijau saat menjalani diet dapat membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan. Asupan serat yang tinggi juga akan membantu mengurangi timbunan lemak di tubuh daripada mereka yang tidak mengonsumsi serat.

Oleh karena itu, mengonsumsi cincau hijau setiap hari menjadi cara yang efektif untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan menyehatkan tubuh. Hal ini karena cincau juga mengandung nutrisi lain.

10. Bagus untuk Diet

Manfaat cincau hijau untuk diet karena kandungan di dalamnya, seperti karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C, tinggi air, tinggi serat rumput, dan rendah kalori. Beragam kandungan ini yang sangat cocok untuk membantu penurunan berat badan yang bagus. Kandungan protein yang tidak terlalu tinggi dalam cincau juga sangat baik untuk menjaga berat badan.

Baca Juga: 7 Resep Minuman Segar Saat Cuaca Panas (Praktis dan Sehat)

11. Mengatasi Diabetes

Daun cincau memiliki senyawa klorofil dan senyawa lain bernama bisbenzilsokuinolin. Kedua senyawa ini yang menjadikan cincau bagus untuk mengatasi diabetes. Hal ini karena kedua kandungan tersebut mampu membantu mengontrol kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes.

12. Mengatasi Masalah Otot

Minuman cincau mengandung senyawa yang bermanfaat mengatasi masalah otot seperti kaku, pegal, dan nyeri. Selain itu, cincau juga berkhasiat meregangkan otot dan memudahkannya untuk bergerak.

13. Mencegah Osteoporosis

Selain bagus untuk otot, manfaat daun cincau hijau juga sangat baik untuk tulang karena mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang tinggi. Senyawa tersebut dapat membantu meregenerasi tulang keropos dan mencegah osteoporosis.

14. Menghilangkan Racun dari Seafood

Meskipun makanan laut bagus untuk kesehatan, tetapi ada beberapa racun di dalamnya seperti udang dan cumi-cumi. Untuk mengatasinya, konsumsilah minuman cincau hijau karena mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghilangkan racun tersebut dan membuat tubuh bersih dari racun.

15. Mencegah Kanker dan Tumor

Manfaat daun cincau hijau dapat membunuh sel tumor yang bisa menjadi sel kanker, ikarena kandungan senyawa isokandrodendrin dan S-S tetandrin. Kedua senyawa tersebut juga bisa meningkatkan sistem imun. Isokandrodendrin adalah senyawa untuk membunuh sel tumor pada organ tertentu seperti ginjal, lambung, dan hati.

Selain itu, cincau juga bagus untuk melawan 3 sel kanker lainnya, yaitu kanker serviks, kanker payudara, dan kanker paru-paru. Anda dapat mengonsumsi daun cincau dalam bentuk agar-agar, air rebusan, atau serbuk sebanyak 3 kali sehari sebagai obat anti tumor.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 22 Health Benefits of Grass Jelly (#No.4 is Amazing). https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/beverages/health-benefits-of-grass-jelly (Diakses pada 19 Juli 2021)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Green Grass Jelly Leaves. https://specialtyproduce.com/produce/Green_Grass_Jelly_Leaves_17350.php (Diakses pada 19 Juli 2021)
  3. Boyers, Lindsay. 2020. Fact About Grass Jelly. https://www.livestrong.com/article/503130-fact-about-grass-jelly/ (Diakses pada 19 Juli 2021)
  4. Marwati. 2016. Green Grass Jelly Potential to Improve Immunity. https://www.ugm.ac.id/en/news/11888-green-grass-jelly-potential-to-improve-immunity (Diakses pada 19 Juli 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi