8 Manfaat Chitosan, Bisakah Melangsingkan Badan?

khasiat-chitosan-doktersehat
Photo source: Shapefit.com

DokterSehat.Com – Tidak mengherankan jika kini semakin banyak orang yang mulai melirik chitosan. Penggunaan chitosan mendatangkan banyak manfaat. Apakah Anda juga mulai tertarik ingin merasakan manfaat chitosan? Sebenarnya, apa itu chitosan?

Pelajari lebih lanjut penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa itu chitosan, manfaat chitosan, dan dosis chitosan!

Apa itu chitosan?

Chitosan adalah obat herbal yang terbuat dari kitosan (chitosan). Sebenarnya, chitosan terbentuk dari chitin (kitin) yang telah mengalami proses kimiawi. Chitin adalah biopolimer yang hampir mirip dengan selulosa. Chitin ditemukan pada rangka luar dari hewan laut.

Beberapa hewan laut, seperti udang, kepiting, lobster, cumi-cumi, dan lainnya adalah sumber chitin. Ini berarti sumber chitosan juga berasal dari eksekeleton hewan-hewan laut tersebut. Salah satu conton sumber chitosan adalah tinta hitam yang dimiliki cumi-cumi.

Manfaat chitosan untuk tubuh

Chitosan menyimpan beberapa manfaat untuk tubuh. Mungkin beberapa di antara Anda sudah mengetahui manfaat chitosan untuk tubuh. Manfaat chitosan sering terlihat pada hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat chitosan untuk tubuh:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat chitosan bisa meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini disebabkan molekul polisakarida amino yang terdapat di dalam obat chitosan. Molekul polisakarida amino dapat menyerap lemak dan lipid darah dengan baik.

Ini artinya, chitosan berfungsi untuk menurunkan kadar lemak dan kadar lipid darah negatif seperti kolesterol LDL dan trigliserida. Jika kadar keduanya rendah maka kesehatan jantung pun bisa terjaga dan terhindar dari masalah.

2. Mengontrol kadar gula darah

Chitosan juga baik untuk digunakan bagi Anda yang menderita diabetes. Orang-orang non diabetes juga baik untuk mengonsumsi chitosan agar terhindar dari penyakit diabetes. Ini dikarenakan manfaat chitosan bisa mengontrol kadar gula darah karena chitosan juga mengontrol produksi hormon insulin.

3. Mencegah tumor

Meskipun ada yang jinak, tidak ada orang yang ingin memiliki tumor pada tubuhnya. Tumor jinak maupun ganas bisa dicegah dengan menggunakan chitosan. Chitosan bisa melawan aksi imunopotensiasi yang terjadi.

Apakah Anda tahu mengapa aksi imunopotensiasi harus dilawan dan dinetralisir? Imunopotensiasi yang tidak dicegah bisa mengurangi produksi mikrofag yang merupakan sistem kekebalan tubuh. Penurunan mikrofag bisa memicu terjadinya tumor.

4. Mengobati jerawat

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki jerawat? Jika iya maka tidak usah terlalu khawatir karena Anda bisa segera menghilangkan jerawat secara efektif dengan menggunakan chitosan.

Chitosan mengandung bahan yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa penyebab jerawat dikarenakan aktivitas bakteri. Manfaat chitosan bisa melawan infeksi bakteri dan jerawat pun lenyap.

5. Memperbaiki sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang baik bisa meningkatkan derajat kesehatan tubuh. Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manfaat chitosan dapat memperbaiki kesehatan sistem pencernaan.

6. Menurunkan berat badan

Kini, banyak orang yang menggunakan chitosan untuk menurunkan berat badan. Apakah benar manfaat chitosan bisa melangsingkan tubuh? Chitosan bisa membantu menurunkan berat badan jika diiringi dengan pola diet, olahraga, dan gaya hidup yang benar.

Anda bisa menggunakan chitosan untuk membantu menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal dan untuk mempertahankannya. Anda bisa menggunakan kalkulator BMI untuk mengetahui berapa badan yang ideal untuk Anda.

7. Memperbaiki sistem saraf

Apakah Anda khawatir akan penyakit saraf atau masalah sistem saraf menimpa Anda? Jika Anda merasa khawatir maka Anda bisa berusaha dengan menggunakan obat chitosan. Obat chitosan bisa mencegah penyakit saraf seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, cedera saraf, dan lainnya.

8. Manfaat chitosan untuk gigi sehat

Hampir setiap orang tentunya menginginkan gigi yang sehat dan indah. Hal itu bisa terwujud dengan menggunakan chitosan. Manfaat chitosan bisa membersihkan gigi dari bakteri-bakteri patogen yang ada di mulut.

Anda bisa mencampur chitosan denganĀ permen karet atau pasta gigi tetapi ingat untuk tidak menelannya. Hal tersebut bisa membantu memperbaiki kerusakan gigi dan membuat gigi menjadi lebih kuat.

Dosis chitosan dalam sehari

Penggunaan chitosan tetap memiliki batas dosis tertentu walaupun termasuk ke dalam obat herbal yang alami. Dosis chitosan adalah 2,4 gram per hari. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar mendapatkan kepastian dalam hal dosis.