12 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Lho!

DokterSehat.Com– Manfaat buah ceri yang kita tahu biasanya sering digunakan sebagai penghias kue karena bentuknya yang mungil dan warnanya yang manis. Selain cantik dilihat dan terasa manis, buah mungil ini ternyata juga menyimpan manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Ini berkat kandungan buah ceri yang memiliki manfaat luar biasa.

Kandungan Buah Ceri

Kandungan buah ceri memiliki antioksidan dan polifenol yang dapat membantu melawan penyakit. Selain itu, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), sebanyak 1 cangkir buah ceri segar mengandung berbagai nutrisi berikut:

1. Vitamin

Buah ceri mengandung Vitamin C sebanyak 10,8 miligram, yang diperlukan untuk pembentukan kolagen tulang, darah, otot dan pembuluh darah, serta membantu tubuh menyerap zat besi. Kandungan buah ceri juga memiliki beta karoten dan vitamin K dalam jumlah rendah, vitamin B-6 dan vitamin A.

2. Kalori, Karbohidrat, dan Gula

Satu cangkir buah ceri mengandung 97 kalori, 25 gram karbohidrat dan 20 gram gula. Sebagian besar kalori berasal dari gula.

USDA merekomendasikan asupan 130 gram karbohidrat sehari, tetapi mereka yang mengikuti diet rendah karbohidrat harus dibatasi hanya 20 hingga 30 gram saja. Misalnya, makan segenggam ceri saja bisa melebihi batas ini.

3. Serat

Salah satu manfaat buah ceri adalah kandungan seratnya yang bagus untuk pencernaan. Sebanyak 3 gram serat, ceri memberikan 13 persen dari jumlah harian yang disarankan. Manfaat serat dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit dan membantu penurunan berat badan.

4. Mineral

Satu cangkir ceri mengandung potasium sebanyak 342 miligram, atau 10 persen dari asupan harian yang disarankan. Kandungan buah ceri juga memiliki tembaga, mangan, magnesium, besi, kalsium, fosfor dan zinc.

5. Sterol

Ceri mengandung fitosterol yang melimpah. Kandungan buah ceri ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Itu dia kandungan gizi dari buah ceri dan penjelasan singkat manfaatnya, dan berikut akan dijelaskan berbagai manfaat ceri untuk Anda.

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Tubuh

Meski ukurannya yang mungil, manfaat ceri ternyata begitu melimpah untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, berikut penjelasannya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin makan ceri bisa melindungi jantung. Banyak penelitian menunjukkan bahwa rutin makan buah-buahan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat buah ceri ini berkat kandungan nutrisi dan senyawa yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung, seperti potasium dan antioksidan polifenol.

Sebanyak 1 cangkir ceri manis (154 gram) memberikan 10% dari asupan harian kalium, mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Ini dibutuhkan untuk mempertahankan detak jantung secara teratur dan membantu menghilangkan kelebihan sodium dari tubuh, untuk mengatur tekanan darah. Itu sebabnya asupan potasium yang lebih tinggi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Buah ceri kaya akan antioksidan polifenol yang kuat, seperti anthocyanin, flavonol, dan katekin, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan melindungi dari kerusakan sel dan mengurangi peradangan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berkat kandungan anti-inflamasi, manfaat buah ceri bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat, terlebih lagi ceri memiliki indeks glikemik yang rendah dibanding buah-buahan lainnya. Itu berarti buah ceri tidak memicu lonjakan, tetapi dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh. Ini membuat keduanya memberikan perlindungan terhadap diabetes, dan penting juga untuk mengelola kondisi jika sudah mengalami diabetes.

3. Menurunkan Risiko Asam Urat

Arthritis inflamasi ini disebabkan produk limbah yang disebut asam urat mengkristal dalam sendi, menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan pembengkakan.

Berdasarkan satu penelitian, yang dilansir health.com, penderita asam urat yang mengonsumsi ceri selama dua hari (baik ceri segar, ekstrak ceri dan jus) menunjukkan risiko 35% lebih rendah terkena serangan asam urat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi ceri.

4. Menurunkan Kolesterol

Selain mengonsumsi ceri segar, buah ini juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, ini tanpa mengurangi manfaat ceri untuk kesehatan, salah satunya dapat menurunkan kolesterol.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus ceri tart atau juga dikenal ceri asam dapat membantu menurunkan kolesterol total, termasuk jenis kolesterol jahat (LDL).

Mengonsumsi jus ceri  dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, karena setiap pengurangan 1% kolesterol menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 2%. LDL yang tinggi sangat mengkhawatirkan karena berisiko serangan jantung.

5. Mencegah Kanker

Manfaat ceri yang manis kaya akan beta karoten, vitamin C, anthocyanin, dan quercetin, yang mampu bekerja sama secara sinergis untuk melawan kanker.

Anthocyanin cyanidin dalam ceri dapat mencegah mutasi genetik yang dapat menyebabkan kanker dan menjaga sel-sel kanker agar tidak terkendali.

Sementara ceri asam mengandung beberapa anthocyanin, ceri manis memiliki hampir tiga kali lipat (dua pertiga ditemukan di kulit ceri). Anda bisa makan ceri yang berwarna merah gelap, karena ini menghasilkan lebih banyak antioksidan.

6. Meningkatkan Pemulihan Setelah Olahraga

Senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam buah  ceri bisa membantu meringankan nyeri otot yang diakibatkan oleh olahraga, kerusakan, dan peradangan.

Ceri asam mungkin lebih efektif daripada ceri yang manis, meskipun keduanya dapat membantu pemulihan pada atlet.

Jus ceri asam dan konsentratnya dapat mempercepat pemulihan otot, mengurangi nyeri otot akibat olahraga, dan mencegah kehilangan kekuatan pada atlet, seperti pesepeda dan pelari maraton.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Makan ceri atau minum jus tart asam dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Manfaat buah ceri ini dikaitkan dengan konsentrasi tinggi senyawa buah. Kandungan buah ceri juga memiliki melatonin, zat yang membantu mengatur siklus tidur-bangun seseorang.

Berdasarkan penelitian, minum jus ceri tart selama 7 hari dapat mengalami peningkatan kadar melatonin yang signifikan, durasi tidur, dan kualitas tidur, dibandingkan dengan konsumsi plasebo. Minum 1 cangkir (240 ml) jus ceri tart sebelum tidur juga meningkatkan waktu tidur hingga 84 menit.

Meski begitu, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami bagaimana mengonsumsi ceri dan produk ceri yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

8. Sistem Kekebalan yang Lebih Kuat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ceri memiliki anthocyanin yang dapat membantu melawan bakteri. Anthocyanin dari sumber alami mungkin memiliki sifat antimikroba, yang dapat membunuh organisme kecil yang disebut mikroba, seperti bakteri penyebab penyakit.

Itu berarti manfaat buah ceri dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan melawan penyakit ringan seperti pilek.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah anthocyanin dalam jus ceri tart dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

9. Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Anthocyanin mirip dengan yang ada di ceri dapat bermanfaat bagi orang yang menderita glaukoma. Glaukoma adalah penumpukan tekanan cairan di dalam mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Beberapa penelitian mengamati orang yang telah mendapatkan pengobatan dengan anthocyanin untuk glaukoma. Beberapa orang menunjukkan peningkatan dalam penglihatan mereka setelah perawatan ini.

10. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi ceri secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan. Cocok  bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk merampingkan tubuh.

Ceri memiliki kalori rendah yang berarti sekitar satu cangkir ceri akan kurang dari 100 kalori (menurut USDA). Ceri mengandung banyak vitamin yang dapat memperkuat metabolisme dan memiliki kadar air sedang untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

11. Membantu Meningkatkan Memori

Manfaat buah ceri selanjutnya dapat membantu meningkatkan daya ingat, karena buah ini sumber Anthocyanin.

Anthocyanin dari buah ceri ini membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi motorik pada tikus, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience.

12. Anti-Penuaan

Kandungan buah ceri memiliki antioksidan yang melimpah. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa antioksidan mampu melawan radikal bebas yang membuat kulit tampak kusam.

Berkat antioksidan, manfaat ceri bisa membuat kulit terasa lebih muda dan sehat. Ceri juga dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit yang muncul akibat sering terpapar sinar matahari.

Selain dikonsumsi, untuk mencegah penuaan, Anda harus mengoleskan ceri yang sudah dihaluskan pada wajah. Caranya, haluskan beberapa buah ceri dan campur dengan sejumput kunyit dan satu sendok teh madu. Oleskan campuran ini pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas. Tips ini dapat mengurangi bintik-bintik gelap dan mencerahkan warna kulit Anda.

 _

Nah, itu dia manfaat buah ceri yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh. Meski begitu, manfaat dari buah ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian terhadap khasiat ceri yang signifikan untuk kesehatan. Jika ingin mengonsumsi ceri untuk mengatasi kondisi kesehatan Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter ya, Teman Sehat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Laux, Kimberly A. 2018. What Nutritional Value Do Cherries Have?. https://www.livestrong.com/article/18611-nutritional-value-cherries/. (Diaskes 4 Oktober 2019)
  2. Kubala, Jillian. 2019. 7 Impressive Health Benefits of Cherries. https://www.healthline.com/nutrition/cherries-benefits#section6. (Diaskes 4 Oktober 2019)
  3. Cherry Nutrition Benefits. http://www.eatingwell.com/article/79070/cherry-nutrition-benefits/. (Diaskes 4 Oktober 2019)
  4. Borreli, Lizette. 2013. Cherry Health Benefits: 6 Reasons Why You Should Eat More Cherries. https://www.medicaldaily.com/cherry-health-benefits-6-reasons-why-you-should-eat-more-cherries-246713. (Diaskes 4 Oktober 2019)
  5. Sass, Cynthia. 2018. 7 Health Benefits of Cherries. https://www.health.com/nutrition/health-benefits-cherries. (Diaskes 4 Oktober 2019)
  6. 8 Hidden Health Benefits of Cherries for Weight Loss, Heart Health & Good Sleep. https://food.ndtv.com/food-drinks/8-hidden-health-benefits-of-cherries-for-weight-loss-heart-health-good-sleep-1708408. (Diaskes 4 Oktober 2019)
  7.  Sissons, Claire. 2018. What are the benefits of cherry juice?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323752.php