Tak Disangka, Campuran Madu & Lemon Ternyata Super Bermanfaat untuk Tubuh

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi madu? Jika iya, maka kini Anda harus mulai mengombinasikan madu, yang terbukti memiliki banyak manfaat, dengan bahan makanan lain yang juga memiliki beragam khasiat, yaitu lemon.

Ya, kombinasi madu dan lemon ternyata merupakan kombinasi super yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Meksipun terdengar sepele dan mudah dibuat, nyatanya campuran madu dan lemon memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh. Hal ini tentu diperoleh dari kandungan keduanya yang saling melengkapi dan cocok untuk dikonsumsi sebagai minuman, atau tambahan minuman sehari-hari.

Madu-lemon-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Breville USA

Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa kita peroleh dengan rutin mengonsumsi campuran lemon dan madu? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kandungan gizi yang ada pada madu dan lemon

Kombinasi manfaat dari madu dan lemon adalah kita dapat memperoleh asupan gula alami yang lebih sehat. Hal ini tentu sangat baik bagi tubuh karena gula yang dikonsumsi cenderung lebih sehat.

manfaat madu-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

Selain itu, kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada lemon berfungsi memberikan manfaat imunitas atau kekebalan tubuh yang optimal bagi kesehatan tubuh, sehingga kita terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Tidak hanya sampai disitu, madu dan lemon merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Hal ini tentu bermanfaat mengingat asupan antioksidan menjadi sangat tinggi dalam tubuh kita, mengingat jenis antioksidannya adalah antioksidan alami yang dapat diserap optimal oleh tubuh.

doktersehat-lemon-cerahkan-ketiak
Photo Credit: Pexels.com/Lisa Fotios

Antioksidan penting untuk kesehatan tubuh karena mampu melawan radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab kanker.

Lantas, apa saja khasiat utama yang bisa kita peroleh dari campuran madu dan lemon?

Manfaat yang ada pada kandungan madu dan lemon akan memberikan manfaat optimal bagi tubuh, berupa:

1. Melancarkan pencernaan

Kombinasi yang luar biasa dari lemon dan madu terbukti mampu memberikan manfaat maksimal karena memiliki sifat antibakteri.

doktersehat-kanker-usus-besar-Inkontinensia-Usus-1024

Hal ini bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, yang jadi lebih sehat karena bakteri yang ada pada pencernaan terbuang dengan optimal mengingat campuran madu dan lemon disebut mampu memberikan manfaat detox bagi pencernaan.

2. Memberikan manfaat detox pada organ hati

Tidak hanya pada pencernaan, manfaat detox, karena adanya fungsi antibakteri pada campuran lemon dan madu, juga mampu memberikan manfaat optimal bagi kesehatan hati.

Hal ini tentu penting mengingat hati adalah organ yang menyaring racun atau zat berbahaya dalam tubuh. Dengan konsumsi campuran madu dan lemon yang optimal, fungsi organ hati jadi semakin sehat dan optimal, bukan?

3. Melancarkan sistem perkemihan

Rutin mengonsumsi campuran lemon dan madu juga akan memberikan manfaat bagi sistem perkemihan, karena kandungan antioksidan , vitamin dan antibakterinya terbukti mampu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih dalam tubuh.

Inkontinensia-Usus-doktersehat

Saluran perkemihan disebut menjadi lebih bersih, karena adanya kandungan cairan alami pada buah lemon.

Nah, itu dia manfaat utama dari konsumsi campuran madu dan lemon.

Cara pembuatan yang cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan madu dan beberapa sendok makan perasan lemon, membuat Anda bisa mengonusminya secara rutin, baik dikonsumsi secara langsung, atau dicampurkan pada minuman rutin seperti teh, air putih, hingga ditambahkan sebagai topping jajanan.

doktersehat-teh-maduBahan baku yang mudah diperoleh dan cara pembuatan yang mudah, tentu membuat campuran madu dan lemon menjadi salah satu alternatif makanan alami atau herbal yang bisa kita konsumsi setiap hari, bukan? Bagaimana, Anda tertarik mencobanya?