Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sudah pernahkah Anda mencoba camping bersama anak? Pengalaman orang yang sudah pernah berkemah dengan anak-anaknya mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangatlah seru. Tak hanya seru, ternyata ada beberapa manfaat camping bagi anak.

Tidak Hanya Seru, Inilah 7 Manfaat Camping bagi Anak

Camping merupakan salah satu kegiatan seru dan bermanfaat yang bisa dilakukan bersama keluarga kecil Anda di ruang terbuka. Pada kali ini, pembahasan akan difokuskan pada manfaat camping bagi anak. Manfaat camping bagi anak ini cukup penting untuk diketahui oleh para orang tua.

Manfaat camping bagi anak

Lakukanlah camping bersama anak Anda dan dapatkanlah manfaat camping yang berdampak positif bagi anak. Manfaat camping bagi anak bisa berguna baginya suatu hari nanti. Simaklah beberapa manfaat camping bagi anak di bawah ini:

1. Mempererat ikatan hubungan keluarga

Camping di ruang terbuka termasuk cara yang efektif untuk mempererat ikatan hubungan di antara anggota keluarga. Berkemah menjadi sarana untuk melakukan beberapa hal bersama seluruh anggota keluarga. Anak-anak akan bekerja sama dengan orang tuanya.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan pada saat camping. Kegiatan-kegiatan tersebut akan mengokohkan hubungan keluarga dan menjadi semakin erat. Anak-anak akan semakin dekat dengan orang tuanya begitupun dengan Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Baca juga: Sering Makan Bersama dengan Keluarga, Remaja Akan Lebih Cerdas

2. Bersahabat dengan alam

Manfaat camping bagi anak yang pasti adalah anak-anak menjadi bersahabat dengan alam. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena kegiatan camping biasanya dilakukan di alam bebas seperti di tengah hutan yang memiliki lingkungan alam yang masih asri.

Pada masa kini, anak-anak telah larut dengan suasana modern yang dipenuhi dengan segala aneka gadget dan hal-hal bersifat digital. Oleh karena itu, anak-anak dan juga orang dewasa sangat membutuhkan untuk dekat kembali dengan alam.

3. Meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri

Percayakah Anda bahwa kegiatan camping dapat meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri pada anak? Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan pada saat berkemah seperti memasang tenda, menyalakan api unggun, memasak makanan, dan lainnya merupakan kegiatan yang bisa meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri anak.

Anak akan dilatih untuk melakukan hal-hal tersebut secara mandiri. Kemandirian akan membuahkan kepercayaan diri. Kegiatan-kegiatan yang biasa ada saat camping bisa juga dibilang sebagai kesempatan anak untuk belajar mandiri dan menjadi percaya diri.

4. Lebih mengenal diri sendiri

Manfaat camping bagi anak bisa menjadikan anak-anak lebih mengenal diri mereka sendiri. Berbagai kegiatan berkemah yang biasa dilakukan seperti memasang tenda, membuat api, mengumpulkan kayu bakar, menyebrangi sungai, mendaki bukit, dan lainnya.

Kegiatan-kegiatan tersebut akan memberi tahu anak-anak tentang diri mereka sendiri. Apabila pada kegiatan sehari-hari, mereka tidak pernah membuat api unggun dan pada saat camping anak baru menyadari bahwa ia bisa membuatnya.

5. Sebagai sebuah petualangan dan tantangan

Hidup adalah sebuah petualangan dan tantangan. Banyak orang setuju dengan pendapat tersebut. Dunia nyata yang akan dihadapi oleh anak-anak pada saat dewasa kelak dipenuhi oleh tantangan dan petualangan.

Kegiatan camping akan melatih anak-anak terlebih dahulu untuk menyukai petualangan dan menjawab tantangan. Orang tua bisa menantang anaknya untuk melakukan sebuah tantangan yang tentunya harus tetap dipastikan keamanannya.

Selain itu, Anda bisa melakukan sebuah petualangan seru seperti Petualangan Mencari Harta Karun yang telah Anda rancang sendiri sebelumnya. Manfaat camping bagi anak yang satu ini juga bisa menjadi sebuah solusi untuk anak penakut.

6. Sarana pendidikan berbasis alam

Mungkin Anda pernah mendengar tentang sekolah alam yang memiliki sarana pendidikan berbasis alam. Tenang, Anda tetap akan bisa mendapatkan hal seperti itu tanpa perlu memasukkan anak Anda ke sekolah alam bila Anda memiliki keputusan yang berbeda.

Anda bisa mengajak anak berkemah dan melakukan beberapa kegiatan yang bersifat mendidik. Anak-anak bisa diajarkan untuk mengenal jenis-jenis spesis yang ada di tempat melakukan camping. Apabila sebelumnya mereka hanya mengenal spesis-spesis tersebut melalui buku saja maka sekarang mereka bisa melihat dan mengamatinya secara langsung.

Baca juga: Ini Manfaat Anak Aktif Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

7. Membuat tubuh anak lebih aktif

Manfaat camping bagi anak juga bisa membuat tubuh anak menjadi lebih aktif dan enerjik. Kegiatan camping memerlukan aktivitas fisik yang lebih aktif dari biasanya. Anak-anak bisa melakukan panjat pohon, berenang di sungai, menggali lubang, bersepeda mengelilingi hutan, berenang, dan lainnya.

Aktivitas fisik tersebut akan membuat anak menjadi lebih bugar dan sehat. Kemungkinan besar, ia menjadi suka dan ingin melakukannya lagi. Hal ini sangatlah baik bagi kesehatan dan kebugaran anak-anak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi