Terbit: 17 Desember 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pernah mendengar tentang calendula? Jenis bunga yang mirip dengan bunga daisy ini sering kali menghiasi pekarangan. Selain memiliki bentuk dan warna yang cantik, calendula ternyata juga menyimpan berbagai manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan. Yuk, simak berbagai manfaat calendula dan cara penggunannya berikut ini!

11 Manfaat Calendula untuk Kecantikan dan Kesehatan

Apa Itu Calendula?

Calendula adalah genus suatu tanaman herbal yang terdiri dari kurang lebih 20 species tanaman. Calendula berasalah dari famili Asteraceae, seperti aster, daisy, dan bunga matahari. Calendula juga dikenal dengan nama pot marigold. Selain pot marigold, terdapat juga marigold yang mengacu pada genus tagetes.

Tagetes atau marigold memiliki bentuk yang mirip dengan calendula, tapi keduanya memiliki perbedaan dalam keguanaan. Kelopak bunga dari genus tagetes tidak dapat dikonsumsi oleh manusia maupun hewan karena akan berbahaya, sedangkan kelopal bunga calendula aman untuk dikonsumsi.

Calendula bisa dijadikan sebagai campuran salad. Selain itu, calendula juga banyak digunakan untuk berbagai produk farmasi dan kecantikan. Species calendula yang paling umum digunakan dalam berbagai produk adalah calendula officinalis. Jenis calendula satu ini tumbuh dengan warna kuning, oranye, dan keemasan.

Manfaat Calendula

Calendula bukan sekedar tanaman cantik yang menghiasi pekaragan. Di balik kecantikannya, calendula memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antivirus yang membuatnya sering dijadikan sebagai bahan utama untuk obat-obatan dan juga produk kecantikan. Berikut adalah berbagai manfaat calendula!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Manfaat calendula untuk kecantikan

Produk kecantikan dengan bahan dasar calendula sangat lah diminati beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari produk masker, krim wajah, hingga toner, menjadikan calendula sebagai bahan utamanya. Berikut adalah manfaat calendula untuk wajah dan rambut yang bisa Anda dapatkan!

1. Mengatasi jerawat

Manfaat calendula untuk wajah yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Penyebab jerawat adalah infeksi bakteri pada kulit wajah. Penggunaan calendula yang memiliki sifat antiinflamasi sekaligus antikbakteri dapat menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat dan tentunya bisa mencegah jerawat untuk kembali lagi.

2. Mengatasi iritasi kulit

Selain masalah jerawat, kulit juga dapat mengalami iritasi karena beberapa sebab. Kulit kering umumnya lebih rentan terhadap iritasi jika dibandingkan dengan kulit berminyak. Iritasi dapat terjadi akibat proses eksfoliasi yang salah, akibat goresan, atau karena paparan sinar matahari. Calendula yang memiliki sifat antiinflamasi dapat membantu mengatasi iritasi dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

3. Menjaga kelembapan kulit

Manfaat calendula selanjutnya adalah dapat membantu melembapkan kulit wajah. Calendula dapat membantu menghidrasi kulit sehingga kelembapannya tetap terjaga. Minyak calendula juga sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering dan juga membantu penyembuhan luka dan menyamarkan bekas luka.

4. Mencegah penuaan dini

Manfaat calendula selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Salah satu faktor pemicu penuaan dini adalah karena paparan radikal bebas. Calendula yang memiliki kandungan antioksidan tinggu pun akhirnya dipercaya sebagai salah satu bahan yang tepat untuk mencegah penuaan. Produk kosmetik dengan kandungan calendula juga umumnya memiliki klaim mampu untuk mejaga kekencangan dan elastisitas kulit.

5. Mengatasi ketombe

Selain manfaat calendula untuk wajah, terdapat juga manfaat calendula untuk rambut. Salah satu produk yang banyak mengandung calendula adalah sampo. Ternyata calendula dapat membantu untuk mengatasi masalah ketombe. Selain menghilangkan ketombe, calendula juga dipercaya dapat menutrisi agar dapat tumbuh lebih cepat.

Manfaat calendula untuk kesehatan

Setelah mengetahui manfaat calendula untuk kecantikan, sekarang saatnya mengetahui manfaat calendula untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat calendula untuk tubuh dalam bidang kesehatan!

1. Mengatasi infeksi kulit

Calendula tidak hanya dapat mengatasi infeksi yang terjadi pada wajah, tapi juga kulit pada bagian tubuh lainnya. Calendula dapat mengatasi masalah infeksi jamur seperti kutu air dan kurap. Selain itu, calendula juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala dermatitis kontak yang biasanya muncul pada anak-anak.

2. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat calendula selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mulut. Antibakteri dalam calendula bermanfaat untuk menjaga kebersihan mulut sehingga mulut terhindar dari berbagai masalah seperti bau mulut atau peradangan gusi.

3. Mengatasi peradangan

Celendula juga dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk berbagai peradangan. Calendula dapat menjadi salah satu solusi untuk radang tenggorokan dan radang amandel. Selain itu, caledula juga dapat mengatasi radang sendi, rematik, peradangan genital, hingga wasir.

4. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat calendula selanjutnya adalah dapat menjaga sistem pencernaan. Calendula dapat mengatasi sakit perut dan radang lambung. Tanaman ini juga membantu membersihkan saluran pencernaan dan mencegah terjadinya berbagai masalah pencernaan.

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat calendula untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Calendula yang kaya antioksidan dapat menurunkan risiko gangguan jantung seperti mencegah kolesterol naik, mencegah serangan jantung, hingga mencegah penyumbatan pada jantung. Tanaman ini bekerja memelihara kesehatan jantung secara keseluruhan.

6. Melindungi hati

Selain menjaga kesehatan jantung, calendula juga berguna untuk melindungi kesehatan hati. Calendula membantu membersihkan hati dan sekresi empedu sehingga hati dapat menjalani fungsi sebagai mestinya.

Penggunaan Calendula

Calendula dapat diolah menjadi berbagai bentuk. Olahannya yang paling populer antara lain seperti essential oil, teh, hingga lotion. Calendula juga dapat ditemui dalam berbagai bentuk produk seperti sabun, sampo, toner, krim wajah, hingga toner. Jika ingin mendapatkan manfaat calendula untuk kesehatan, penggunaan teh dan essential oil adalah yang paling umum.

Jika ingin mendapatkan manfaat calendula untuk wajah, kebanyakan orang akan langsung menggunakan produk kecantikan dengan kandungan bunga cantik yang satu ini. Penggunaan produk dengan kandungan ekstrak calendula memang terbilang lebih praktis jika dibandingkan harus mengolah atau mengekstrak sendiri tanaman ini.

Menggunakan produk yang sudah tersedia di pasaran memang tidak ada salahnya, tapi ingat lah untuk selalu memerhatikan keamaan produk tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memilih produk yang memang sesuai dengan karakter dan kebutuhan tubuh Anda. Selamat mecoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi