Terbit: 4 Juni 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Selain indah dipandang, manfaat bunga telang (Clitoria ternatea) atau juga disebut butterfly pea ini bagus untuk kesehatan, di antaranya meningkatkan sistem imun dan antiinflamasi karena sejumlah kandungan di dalamnya. Yuk ketahui informasi lengkap tentang kandungan bunga telang dan manfaat lainnya di bawah ini!

manfaat-bunga-telang-doktersehat

Kandungan Bunga Telang

Bunga telang memiliki banyak potensi sebagai obat alami. Potensi sebagai bahan obat herbal telah didukung oleh kajian fitokimia yang menemukan sejumlah kandungan bahan aktif berikut:

  • Tanin
  • Phlobatannin
  • Saponin
  • Triterpenoid
  • Fenol
  • Flavonoid
  • Alkaloid
  • Antrakuinon
  • Antosianin
  • Flavonol
  • Glikosida
  • Steroid

Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan

Bunga indah ini memiliki anthocyanin yang memberikan warna biru dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Biasanya bunga asli Asia Tenggara ini dikonsumsi dalam bentuk teh berwarna biru yang tampak menarik.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat bunga telang yang bagus untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat bunga telang telah diuji terhadap berbagai bakteri dan terbukti mampu melawan bakteri ketika dicerna secara teratur. Teh bunga telang cocok diminum selama musim dingin atau pancaroba ketika orang mudah terserang penyakit flu atau pilek. Konsumsilah minuman ini untuk meningkatkan sistem imun agar tubuh dapat melawan bakteri jahat dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme aktif yang sehat adalah hal sangat penting untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih dan menjaga berat badan tetap sehat.

Jika merasakan bobot tubuh bertambah dalam mempertahankan kesehatan, metabolisme tubuh mungkin memerlukan dorongan yang tepat untuk membakar sejumlah kalor. Nah, manfaat bunga telang dapat membantu proses ini dengan meningkatkan efek dari norepinefrin, hormon pembakar lemak.

3. Antipenuaan

Tubuh pada dasarnya menyerap dan memetabolisme banyak oksigen, yang mengoksidasi sel dan dipenuhi sesuatu yang disebut radikal bebas di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan penyakit dan meningkatkan efek penuaan.

Efek berbahaya tersebut dapat dicegah dengan olahan bunga telang yang sarat dengan kandungan antioksidan. Senyawa ini sebagai penangkal radikal bebas yang memperlambat penuaan, terutama memperlambat kerutan di kulit.

4. Antiinflamasi

Serbuk bunga telang telah tersohor selama bertahun-tahun di bidang pengobatan Ayurvedic (ilmu kesehatan India) karena penggunaannya yang tidak terbatas. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy telah membuktikan penggunaan bunga cantik ini masih relevan sampai sekarang.

Sebuah penelitian yang menilai efektivitas larutan bubuk bunga telang, peneliti telah menemukan bahwa manfaat bunga telang secara signifikan dapat mengurangi suhu tubuh ketika seseorang menderita demam yang disebabkan peradangan. Ini berkat kandungan flavonoid, antioksidan kuat yang bermanfaat sebagai antiinflamasi dan sistem kekebalan tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian terbaru dalam jurnal Psychopharmacology telah membuktikan bahwa theanine – enzim dalam bunga telang – berkhasiat untuk mengurangi dan mengatur tekanan darah tinggi (hipertensi) subjek penelitian. Khasiat bunga telang juga telah digunakan secara tradisional sebagai diuretik yang telah dikonfirmasi dalam penelitian pada hewan.

6. Mengontrol Gula Darah

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, menemukan bahwa manfaat bunga telang dalam bentuk serbuk terbukti mengurangi dan bahkan menstabilkan kadar konsentrasi glukosa dalam darah.

Selain meminum teh bunga telang untuk pengobatan diabetes, Anda juga harus membarenginya dengan pola makan sehat, yakni menghindari makanan yang ditambahkan gula.

Baca Juga: 9 Manfaat Bunga Matahari dan Nutrisinya Lengkap

7. Mencegah Insomnia

Teh bunga telang dibuat dengan mengeringkan daun bunganya yang diklasifikasikan sebagai teh herbal. Teh herbal ini tidak mengandung kafein dan khasiatnya dapat merangsang produksi dopamin yang dapat mengurangi stres dan kecemasan, sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

Jika menderita insomnia, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan ritual rutin dengan minum teh bunga telang sebelum tidur.

8. Menyehatkan Kulit

Manfaat bunga telang juga bagus untuk kecantikan kulit. Ini karena sifat antiinflamasi dan antibakteri alami di dalamnya. Kedua senyawa ini tidak hanya berkhasiat mencegah tanda-tanda penuaan tetapi juga dapat melawan bakteri dan peradangan yang menyebabkan jerawat dan warna kulit tidak merata.

9. Menyehatkan Mata

Anda memiliki masalah kesehatan pada mata? Jika ya, mungkin Anda dapat memepertimbangkan untuk mengonsumsi olahan bunga telang, yakni dalam bentuk teh. Ini karena bunga telang mengandung antioksidan yang disebut proanthocyanidin. Senyawa ini berkhasiat melancarkan aliran darah ke kapiler mata, membantu pengobatan glaukoma, penglihatan kabur, kerusakan retina, atau mata lelah.

10. Mengurangi Lemak Penyebab Penyakit

Selain menargetkan metabolisme untuk membakar kalori secara keseluruhan, khasiat bunga telang juga membantu mengurangi lemak yang menyebabkan penyakit, yakni lemak visceral. Jenis lemak ini dapat menutupi ruang di antara organ-organ dalam tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Minum teh berwarna biru ini akan bekerja lebih baik ketika diikuti dengan pola makan sehat dan rajin berolahraga untuk membantu menghilangkan lemak visceral.

11. Menyehatkan Jantung

Dalam satu penelitian hiperlipidemia terinduksi, bunga telang mampu menekan trigliserida dan kolesterol total (500mg/kg) hingga tingkat yang sama seperti obat statin atorvastatin (50mg/kg) dan Gemfibrozil (50mg/kg). Manfaat pada trigliserida terlihat melalui aktivasi lipoprotein lipase (LPL).

Tidak hanya bunganya saja, biji dan ekstrak akar bunga telang juga dapat mengurangi trigliserida, namun hanya akar yang mampu mengurangi kolesterol total yang menunjukkan bahwa bahan herbal ini mungkin memiliki khasiat untuk kesehatan jantung.

12. Menyehatkan Otak

Penelitian tentang khasiat bunga telang telah menunjukkan efek untuk peningkatan ingatan, dengan spektrum luas manfaat neurologis (antidepresi, anxiolytic, antipiretik). Sedangkan penelitian lainnya secara in vivo, pemberian bunga telang secara oral menunjukkan peningkatan fungsi kolinergik, karena senyawa aktif utama (asetilkolin) yang mampu meningkatkan memori. Meskipun begitu, khasiatnya terhadap kesehatan otak masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: 10 Manfaat Bunga Echinacea untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Payudara!

Cara Membuat Teh Bunga Telang

Teh bunga telang dapat dibuat seperti teh pada umumnya, yakni hanya dengan menambahkan air panas dan bunga telang kering, idealnya tidak menambahkan gula. Ketika diseduh, teh ini akan tampak berwarna biru yang cantik.

Teh bunga telang dapat ditambahkan bahan lain untuk menambah rasa, berikut cara membuat teh bunga telang:

  • Seduh beberapa bunga telang kering dengan air panas (sebaiknya menggunakan teko kaca atau keramik karena bersifat netral).
  • Biarkan beberapa saat dan aduk hingga warna biru keluar.
  • Tambahkan madu untuk menambah rasa manis.
  • Tambahkan air lemon untuk memberikan rasa asam.

Sebaiknya minum secangkir teh bunga telang setidaknya satu jam sebelum makan atau satu jam setelah makan.

Apa Efek Samping Bunga Telang?

Olahan bunga telang dalam bentuk teh dapat menjadi alternatif yang bagus untuk minuman berkafein seperti teh atau kopi karena bunga telang tidak mengandung kafein yang memiliki beberapa efek samping, salah satunya konstipasi.

Berbicara tentang keamanan, teh bunga telang tidak memiliki efek samping karena sangat aman dan sangat sehat untuk dikonsumsi. Namun, konsumsi teh yang berlebihan dapat menimbulkan bahaya bunga telang seperti mual dan diare. Wanita hamil dan menyusui juga disarankan untuk tidak minum teh ini, kecuali berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

  1. Anonim.2020. Blue Tea: All You Need To Know About This Herbal Tea That May Help In Weight Loss. https://food.ndtv.com/weight-loss/blue-tea-all-you-need-to-know-about-this-herbal-tea-that-may-help-in-weight-loss-1957747. (Diakses pada 4 Juni 2020)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. 10 Health Benefits of Butterfly Pea Flower Tea. https://www.teamiblends.com/blogs/lifestyle/benefits-of-butterfly-tea. (Diakses pada 4 Juni 2020)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. What is Butterfly Pea (Clitoria Ternatea)?. https://www.majesticherbs.com/clitoria-ternatea-blue-butterfly-pea-flowers-benefits/. (Diakses pada 4 Juni 2020)
  4. Budiasih, Kun S. 2017. Kajian Potensi Farmakologis Bunga Telang (Clitoria Ternatea). http://seminar.uny.ac.id/semnaskimia/sites/seminar.uny.ac.id.semnaskimia/files/2017/C-7_Kun_Sri_Budiasih.pdf. (Diakses pada 4 Juni 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi