Terbit: 11 Maret 2020 | Diperbarui: 12 Mei 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Buah zuriat adalah buah yang belakangan ini populer digunakan untuk program hamil. Ternyata manfaat buah zuriat tidak hanya seputar kehamilan saja, tapi buah sejenis palem mini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan lainnya. Simak berbagai khasiat buah zuriat berikut ini!

manfaat-buah-zuriat-doktersehat

Kandungan Buah Zuriat

Buah zuriat atau doum palm atau doum fruit memiliki nama latin Hyphaene thebaica. Tanaman ini adalah sejenis pohon palem yang umum ditemukan di negara-negara Arab dan di bagian utara Afrika.

Buah zuriat adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik. Selain itu, tentunya terdapat juga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya seperti vitamin B kompleks, kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Buah ini juga memiliki kandungan senyawa fenol dan flavonoid tinggi, yaitu senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan dan antimikroba yang cukup signifikan.

Buah zuriat juga merupakan sumber asam amino esensial seperti fenilalanin, leusin, valin, dan isoleusin. Kandungan asam amino paling banyak terdapat dalam daging buah.

Manfaat Buah Zuriat

Manfaat buah zuriat yang paling banyak dikenal masyarakat Indonesia saat ini adalah untuk meningkatkan kesuburan. Namun jika melihat pada kandungan yang ada di dalamnya, buah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Berikut adalah 11 manfaat buah zuriat untuk kesehatan!

1. Mengatasi Hipertensi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa buah zuriat memiliki aktivitas antihipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang sangat umum ditemui di Indonesia. Pada tahap awal hipertensi mungkin tidak menunjukkan gejala, tapi kondisi ini dapat berbahaya dan memicu berbagai komplikasi jika tidak ditangani.

Buah zuriat memiliki kandungan serta yang cukup tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

Buah zuriat juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sama seperti serat, antioksidan juga dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan darah.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah zuriat selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah zuriat dapat membantu menurunkan kolesterol serum dan kolesterol non-HDL. Penurunan kolesterol non-HDL, khususnya kolesterol LDL, dapat membantu menurunkan risiko aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain pada dinding arteri.

3. Mengatasi Diabetes

Selain dapat menurunkan kolesterol jahat, khasiat buah zuriat juga dapat membantu dalam penurunan gula darah.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, buah zuriat adalah buah dengan kandungan serat yang tinggi. Selain dapat menurunkan tekanan darah, diet tinggi serat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Buah zuriat juga dapat menurunkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Melihat khasiat buah zuriat yang dapat menurunkan kolesterol, hipertensi, bahkan gula darah, dapat dikatakan juga bahwa buah ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan Kesuburan Pria

Salah satu manfaat buah zuriat yang paling populer adalah untuk meningkatkan kesuburan.

Pada pria, buah zuriat dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma. Penelitian memang menunjukkan adanya peningkatan kadar testosteron yang signifikan pada tikus yang diberikan ekstrak buah zuriat.

Namun di sisi lain, terdapat juga penelitian yang menunjukkan dosis kecil buah zuriat dapat meningkatkan spermatogenesis – proses pembentukan sperma dalam testis – sedangkan dosis tinggi buah zuriat dapat menyebabkan gangguan spermatogenesis.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan (Tak Hanya Enak)

6. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Manfaat buah zuriat untuk kesuburan juga berlaku untuk wanita.

Pada dasarnya belum ada penelitian secara langsung yang menunjukkan peningkatan kesuburan wanita setelah konsumsi buah zuriat. Namun kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah zuriat diduga baik untuk kesehatan reproduksi wanita.

Kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat satu ini.

7. Baik untuk Otot

Kandungan asam amino esensial yang ada dalam buah zuriat memiliki banyak manfaat untuk otot.

Valin adalah asam amino yang membantu merangsang pertumbuhan dan regenerasi otot. Asam amino leusin juga berperan dalam sintesis protein dan perbaikan otot. Terakhir, asam amino isoleusin juga terlibat dalam metabolisme otot dan terkonsentrasi di jaringan otot.

8. Mencegah dan Mengatasi Peradangan

Khasiat buah zuriat selanjutnya adalah dapat membantu mencegah dan mengatasi peradangan.

Sebuah penelitian menunjukkan adanya perkembangan yang signifikan pada kondisi sindrom iritasi usus besar setelah perawatan dengan ekstrak buah zuriat. Hal ini kemudian dikaitkan dengan sifat antiinflamasi pada buah zuriat yang mungkin didapatkan dari berbagai kandungan zat antioksidan yang ada di dalamnya.

9. Mengobati Sembelit

Buah zuriat juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa sembelit disebabkan oleh kekurangan serat. Kandungan serat tinggi dalam buah zuriat dipercaya berpotensi untuk mencegah sembelit terjadi.

10. Mencegah Komplikasi akibat Disfungsi Ginjal

Menurunnya fungsi ginjal dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang memengaruhi organ tubuh lainnya.

Berkat efek antiinflamasinya, buah zuriat dapat membantu menurunkan risiko terjadinya komplikasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hewan yang diberikan cyclosporine ditambah ekstrak zuriat menunjukkan perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan yang diberikan cyclosporine saja.

11. Meningkatkan Sistem Imun

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, buah zuriat juga dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem imun.

Kandungan antioksidan dan asam amino esensial di dalam buah ini termasuk yang dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Menjaga sistem imun tubuh sangat penting dilakukan agar tubuh tidak mudah diserang oleh berbagai patogen berbahaya.

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Cara konsumsi buah zuriat adalah dengan cara meminum air rebusan buah tersebut. Cara ini adalah cara yang paling populer. Buah zuriat dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian direbus bersama dengan kulitnya paling tidak selama 15 menit.

Buah zuriat juga tersedia dalam bentuk serbuk di pasaran. Cara ini bisa menjadi pilihan cara mengonsumsi buah zuriat yang lebih praktis. Serbuk tersebut cukup diseduh dengan air hangat untuk kemudian diminum.

Anda diperbolehkan untuk menambahkan madu untuk menambah cita rasa manis baik untuk rebusan buah zuriat maupun seduhan buah zuriat serbuk.

Apakah Konsumsi Buah Zuriat Aman?

Buah zuriat memang merupakan buah yang memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk tubuh. Meskipun begitu, penelitian secara langsung tentang khasiat buah zuriat masih sangat terbatas.

Dosis buah zuriat yang aman dan pas untuk mendapatkan manfaat seperti yang disebutkan di atas juga belum diketahui. Maka dari itu, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi buah ini.

Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

 

  1. Ardalan, Mohammad Reza dan Mahmoud Rafieian-Kopaei. 2013. Antioxidant supplementation in hypertension. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4206049/. (Diakses 11 Maret 2020).
  2. Abishora, Waleed et al. 2017. Compositional and structural analysis of epicarp, flesh and pitted sample of Doum fruit (Hyphaene thebaica L.). https://www.researchgate.net/publication/317620431. (Diakses 11 Maret 2020).
  3. Abishora, Waleed et al. 2014. Physicochemical, Nutritional and Functional Properties of the Epicarp, Flesh and Pitted Sample of Doum Fruit (Hyphaene Thebaica). https://www.researchgate.net/publication/262263407_Physicochemical_Nutritional_and_Functional_Properties_of_the_Epicarp_Flesh_and_Pitted_Sample_of_Doum_Fruit_Hyphaene_Thebaica. . (Diakses 11 Maret 2020).
  4. Bayad, Aida E. 2016. Influences of doum fruit (Hyphaene thebaica) extract on the reproductive parameters, blood picture, lipid profile and hepato-renal functions in rats. https://meritresearchjournals.org/mms/content/2016/August/Bayad.pdf. (Diakses 11 Maret 2020).
  5. Brown, Mary Jane. 2017. 17 Natural Ways to Boost Fertility. https://www.healthline.com/nutrition/17-fertility-tips-to-get-pregnant. (Diakses 11 Maret 2020).
  6. Citroner, George. 2019. Science Finds Simple Way to Lower Diabetes, High Blood Pressure Risk: Fiber. https://www.healthline.com/health-news/fiber-can-help-with-t2d-and-heart-disease. (Diakses 11 Maret 2020).
  7. El-Beltagi, Hossam S et al. Biological Activities of the Doum Palm (Hyphaene thebaica L.) Extract and Its Bioactive Components. https://www.intechopen.com/books/antioxidants-in-foods-and-its-applications/biological-activities-of-the-doum-palm-hyphaene-thebaica-l-extract-and-its-bioactive-components. (Diakses 11 Maret 2020).
  8. Kubala, Jillian. 2018. Essential Amino Acids: Definition, Benefits and Food Sources. healthline.com/nutrition/essential-amino-acids. (Diakses 11 Maret 2020).
  9. MH, Hetta dan Yassin NZ. 2006. Comparative studies on hypocholesterolemic effect of different fractions of Hyphaene thebaica (Doum) in experimental animals. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16599265. (Diakses 11 Maret 2020).
  10. West, Helen. 2020. Thirteen home remedies for constipation. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318694. (Diakses 11 Maret 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi