11 Manfaat Buah Zuriat, Cegah Penyakit Kardiovaskular Hingga Program Hamil

manfaat-buah-zuriat-doktersehat

DokterSehat.Com – Buah zuriat adalah buah yang belakangan ini populer digunakan untuk program hamil. Ternyata manfaat buah zuriat tidak hanya seputar kehamilan saja, tapi buah sejenis pale mini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan lainnya. Simak berbagai khasiat buah zuriat berikut ini!

Sekilas Tentang Buah Zuriat

Buah zuriat atau doum palm atau doum fruit memiliki nama latin Hyphaene thebaica. Tanaman ini adalah sejenis pohon palem yang umum ditemukan di negara-negara Arab dan di bagian utara Afrika.

Buah zuriat adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik. Selain itu, tentunya terdapat juga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya seperti vitamin B kompleks, kalium, natrirum, kalsium, mangan, dan fosfor.

Buah ini juga memiliki kandungan senyawa fenol dan flavonoid tinggi, yaitu senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri yang cukup signifikan.

Manfaat Buah Zuriat

Manfaat buah zuriat yang paling banyak dikenal masyarakat Indonesia saya ini adalah untuk meningkatkan kesuburan. Namun jika melihat pada kandungan yang ada di dalamnya, buah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Berikut adalah 11 manfaat buah zuriat untuk kesehatan!

1. Mengatasi hipertensi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa buah zuriat memiliki aktivitas antihipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang sangat umum ditemui di Indonesia. Pada tahap awal hipertensi mungkin tidak menunjukkan gejala, tapi kondisi ini dapat berbahaya dan memicu berbagai komplikasi jika tidak ditangani.

Ada banyak sekali obat herbal yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, buah zuriat adalah salah satunya.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat buah zuriat selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Sebuah penelitian menunjukkan pemberian ekstrak buah zuriat dapat menurunkan kadar lemak total dalam darah, kadar kolesterol jahat, dan juga kadar trigliserida. Hal ini membuat buah zuriat dipercaya dapat membantu menurunkan berbagai risiko berbahaya dari kadar kolesterol darah.

3. Mengatasi diabetes

Selain ditemukan penurunan kolesterol, trigliserida, dan lemak total, penelitian yang sama juga menemukan bahwa terdapat penurunan gula darah dari pemberian buah zuriat.

Hal ini dapat diartikan bahwa salah satu manfaat buah zuriat adalah memiliki aktivitas antidiabetes. Keunggulan lain dari buah zuriat adalah buah ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah tanpa memberikan efek samping berbahaya bagi tubuh.

4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Buah zuriat juga dapat menurunkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Melihat khasiat buah zuriat yang dapat menurunkan kolesterol, hipertensi, bahkan gula darah, dapat dikatakan juga bahwa buah ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan kualitas sperma

Salah satu manfaat buah zuriat yang paling populer adalah untuk meningkatkan kesuburan.

Pada pria, buah zuriat dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah zuriat dapat meningkatkan hormon seksual pada pria. Kondisi ini dipercaya berpengaruh pada produksi dan kualitas sperma.

6. Meningkatkan kesuburan wanita

Manfaat buah zuriat untuk kesuburan juga berlaku untuk wanita.

Peningkatan hormon seksual setelah pemberian buah zuriat juga ditemukan pada wanita. Sama halnya seperti pria, kondisi ini juga dipercaya memiliki pengaruh pada kondisi kesuburan wanita.

7. Memperkuat rahim

Selain meningkatkan hormon seksual, buah zuriat juga dipercaya memiliki manfaat untuk memperkuat rahim.

Khasiat buah zuriat satu ini juga termasuk manfaat yang membuat buah zuriat digunakan untuk program hamil. Rahim yang kuat dipercaya lebih siap untuk mempersiapkan kehamilan.

8. Mencegah peradangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah zuriat diketahui memiliki aktivitas antibakteri.

Berkat aktivitasnya ini, buah zuriat dipercaya mampu untuk mencegah peradangan dan infeksi, terutama yang disebabkan oleh bakteri. Buah zuriat dapat digunakan untuk membersihkan luka agar tidak terjadi infeksi.

9. Mengobati sembelit

Buah zuriat juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit atau konstipasi.

Sembelit yang tidak diatasi dapat memicu berbagai penyakit lainnya, salah satunya adalah wasir. Buah zuriat yang memiliki kandungan serat tinggi dipercaya baik untuk pencernaan dan dapat membantu melancarkan buang air besar.

10. Mencegah sindrom hepatorenal

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah meningkatkan fungsi hepatorenal.

Sindrom hepatorenal adalah kondisi di mana fungsi ginjal menurun akibat dipicu oleh gangguan fungsi hati yang kronis. Berbagai penelitian menujukkan buah zuriat dapat meningkatkan fungsi hepatorenal sehingga dapat mencegah kondisi tersebut.

11. Antioksidan

Buah zuriat mengandung beberapa senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan.

Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Konsumsi buah zuriat dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cara Konsumsi Buah Zuriat

Cara konsumsi buah zuriat adalah dengan cara meminum air rebusan buah tersebut. Cara ini adalah cara yang paling populer. Buah zuriat dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian direbus bersama dengan kulitnya paling tidak selama 15 menit.

Buah zuriat juga tersedia dalam bentuk serbuk di pasaran. Cara ini bisa menjadi pilihan cara konsumsi buah zuriat yang lebih praktis. Serbuk tersebut cukup diseduh dengan air hangat untuk kemudian diminum.

Anda diperbolehkan untuk menambahkan madu untuk menambah cita rasa manis baik untuk rebusan buah zuriat maupun seduhan buah zuriat serbuk. Konsumsi buah zuriat sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter maupun ahli herbal.

Itu dia berbagai manfaat buah zuriat dan cara konsumsi buah zuriat. Manfaat di atas umumnya sudah dibuktikan oleh penelitian, namun kebanyakan masih berupa penelitian pada hewan. Efektivitas penggunaan buah ini pada setiap orang juga mungkin berbeda-beda.

Jika ingin menggunakan buah zuriat sebagai pengobatan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter. Jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat agar pengobatan menjadi lebih efektif.