Terbit: 11 April 2020 | Diperbarui: 16 Mei 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Manfaat buah yuzu mungkin masih jarang diketahui, namun yuzu mengandung vitamin C tinggi seperti buah jeruk, lemon, atau jeruk nipis. Yuzu adalah buah yang tumbuh di Jepang dan sangat populer sebagai bumbu tambahan untuk makanan di Asia Timur. Ketahui kandungan nutrisi buah yuzu, manfaatnya untuk kesehatan, dll.

8 Manfaat Buah Yuzu (Jeruk Jepang) bagi Kesehatan

Apa Itu Yuzu?

Yuzu adalah salah satu jenis buah jeruk hibrida yang termasuk dalam famili Rutaceae seperti buah jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit. Buah yuzu sebenarnya buah asli dari China lebih dari 1.000 tahun lalu namun sekarang lebih banyak tumbuh di Jepang, Korea, dan beberapa negara Asia Timur.

Buah yuzu (Citrus junos) sekarang lebih dikenal sebagai yuja atau jeruk Jepang. Buah ini memiliki rasa dan aroma kombinasi dari grapefruit, jeruk nipis, dan jeruk mandarin. Jenis buah jeruk ini dimanfaatkan mulai dari buah, kulit, dan ekstraknya untuk kebutuhan kuliner dan obat tradisional.

Kandungan Nutrisi Buah Yuzu

Buah yuzu tidak hanya mengandung vitamin C namun juga kaya akan antioksidan dan gizi penting lainnya untuk tubuh. Ketahui kandungan nutrisi buah yuzu berikut ini:

  • Kalori: 53
  • Karbohidrat: 13,3 gram
  • Protein: 0,8 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Serat: 1,8 gram
  • Vitamin C: 59% dari nilai harian
  • Vitamin A: 31% dari nilai harian
  • Tiamin: 5% dari nilai harian
  • Vitamin B6: 5% dari nilai harian
  • Vitamin B5: 4% dari nilai harian
  • Tembaga: 5% dari nilai harian

Kandungan buah yuzu lainnya, termasuk:

  • Vitamin E
  • Riboflavin (Vitamin B2)
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Zinc
  • Niasin
  • Karotenoid
  • Flavonoid
  • Limonoid
  • Antioksidan

Sejumlah kandungan pada buah yuzu tersebut tentu saja membawa manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya.

Manfaat Buah Yuzu (Jeruk Jepang) bagi Kesehatan

Buah yuzu digunakan dalam bidang kuliner, kosmetik, aromatik, dan alternatif obat herbal. Ketahui lebih lanjut tentang apa itu buah yuzu dan manfaatnya berikut ini:

1. Melancarkan Aliran Darah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus, ekstrak yuzu dilaporkan memiliki efek anti pembekuan darah yang bekerja dengan cara mengelompokan trombosit.

Pembekuan darah dibutuhkan saat Anda mengalami luka berdarah agar darah yang keluar tidak terlalu banyak dan lama, namun pembekuan darah yang berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah kecil dan besar. Akibatnya, risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke pun semakin tinggi.

Baca Juga: 19 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi (Tidak Kalah Dengan Jeruk)

2. Mengandung Agen Antikanker

Buah yuzu dipercaya memiliki agen antikanker yang didapat dari limonoid, tangeretin, dan flavonoid nobiletin. Kandungan ini sebenarnya juga ada di beberapa jenis buah jeruk. Berdasarkan penelitian, agen tersebut memiliki potensi untuk melawan sel kanker payudara, usus besar, dan prostat.

Dalam penelitian lain yang dilakukan pada hewan, kandungan nobiletin pada buah yuzu adalah zat untuk menekan pertumbuhan tumor sementara tangeretin berpotensi untuk menekan sel leukemia.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat buah yuzu selanjutnya adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus, kandungan ekstrak buah yuzu memiliki potensi untuk melindungi otak dari risiko penyakit pada otak seperti Alzheimer.

Selain itu, buah yuzu mungkin juga dapat meningkatkan memori, daya ingat, dan mengurangi stres oksidatif. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

4. Mengandung Agen Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa penting untuk menetralkan radikal bebas, yaitu agen berbahaya yang merusak sel-sel dan memicu berbagai penyakit kronis termasuk kanker, penyakit otak, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dll.

Berdasarkan penelitian, yuzu mengandung vitamin C, karotenoid, dan flavonoid yang berperan sebagai senyawa antioksidan. Manfaat antioksidan lainnya adalah untuk mengurangi efek peradangan, mengatasi beberapa jenis asma, radang usus, dan mengaktifkan antioksidan lain dari vitamin E.

5. Aromaterapi

Sama seperti buah jeruk lainnya yang memiliki aroma kuat dan menenangkan, buah yuzu juga diolah menjadi aromaterapi dan bahan dasar parfum untuk mengatasi stres, kecemasan, dan ketegangan. Aroma yuzu bahkan lebih disukai oleh sebagian orang karena membawa wangi grapefruit, jeruk mandarin, dan bergamot sekaligus.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada wanita muda, menghirup aroma yuzu selama 10 menit mampu menurunkan gejala stres, gangguan suasana hati, kemarahan, kebingungan, dan depresi.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Jeruk yang Bisa Didapatkan Tubuh (Jangan Dilewatkan)

6. Mengatasi Peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah respon tubuh secara alami saat tubuh mengalami kerusakan, infeksi, atau cedera.

Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan yang kuat di dalam buah yuzu dapat membantu meredakan peradangan. Laporan dari Journal of Food Science bahkan menyebutkan bahwa kandungan limonene pada kulit yuzu juga dapat mengatasi efek peradangan dan mencegah serangan radikal bebas.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukan Anda bahwa buah yuzu mengandung vitamin C seperti buah jeruk? Vitamin C berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tubuh Anda cukup kuat untuk melawan berbagai infeksi.

Berdasarkan laporan dari Annals of Nutrition & Metabolism, vitamin C dapat membuat Anda sembuh lebih cepat dari infeksi saluran pernapasan dan mungkin juga dapat mencegah pneumonia, malaria, dan diare.

Baca Juga: 7 Khasiat Jeruk, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol!

8. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Berbagai kombinasi kandungan buah yuzu seperti efek antiinflamasi, antioksidan, dan vitamin C dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, radang usus, dan penyakit neurologis tertentu.

Walaupun demikian, penelitian lanjutan masih dibutuhkan. Cara terbaik untuk mencegah diri dari penyakit kronis adalah dengan mengoptimalkan asupan makanan sehat, olahraga teratur, dan menjalani pola hidup sehat.

Itulah pembahasan tentang apa itu yuzu. Yuzu adalah buah jeruk Jepang yang mengandung vitamin C dan nutrisi lainnya untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Link, Rachael, MS, RD. 2017. Yuzu Fruit: 6 Health Benefits of a Unique Citrus Fruit. https://draxe.com/nutrition/yuzu-fruit/. (Diakses pada 9 April 2020).
  2. Mandl, Elis, BSc, APD. 2020. 13 Emerging Benefits and Uses of Yuzu Fruit. https://www.healthline.com/nutrition/yuzu-fruit. (Diakses pada 9 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi