11 Manfaat Buah Tin yang Dijuluki Buah Surga untuk Kesehatan

manfaat-buah-tin-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mencoba memakan buah tin atau buah ara? Buah yang dijuluki sebagai buah surga ini memang bukan buah yang umum di Indonesia, tetapi bukan berarti kita sulit untuk mencari dan mendapatkan manfaat buah tin. Banyak orang tertarik untuk membudidayakan buah ini karena rasanya memang lezat dan ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Buah Tin

Buah tin atau yang memiliki nama ilmiah Ficus carica ini dulunya banyak tumbuh di Asia Barat. Buah tin juga disebut sebagai buah ara atau disebut dengan fig dalam Bahasa Inggris. Bauh tin sudah ada sejak dulu kala, bahkan muncul dalam kitab beberapa kepercayaan. Hal ini lah yang kemudian membuat buah tin dijuluki sebagai buah surga.

Buah tin memiliki kandungan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik untuk tubuh. Vitamin yang terkandung dalam buah tin antar lain Vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks. Terdapat juga kandungan mineral meliputi tembaga, kalium, zat besi, mangan, magnesium, kalsium, zinc, sodium, dan selenium.

Buah tin juga mengandung fitonutrien dalam bentuk karotenoid yang sangat berguna sebagai senyawa antioksidan. Karotenoid yang terkandung dalam buah tin berupa beta-karoten, dan juga lutein dan zeaxanthin. Buah tin juga merupakan buah yang rendah kalori dan tidak memilki kandungan lemak.

Manfaat Buah Tin

Buah tin termasuk ke dalam buah yang sudah sangat tua di dunia, bahkan buah ini dipercaya sudah ditemuakan pada masa tahun 5000 SM. Tentunya tidak heran jika sudah banyak orang mendapatkan manfaat dari buah yang satu ini. Berikut adalah 11 manfaat buah tin untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah tin yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Buah tin memiliki kandungan serat larut berupa pektin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung.

Selain itu, buah tin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan mineral dan senyawa lainnya dalam buah tin dapat membantu mengontrol tekanan darah. Seperti yang kita ketahui bahwa hipertensi juga merupakan kondisi yang dapat memicu gangguan jantung.

2. Menjaga saluran pencernaan

Manfaat buah tin yang kedua adalah untuk menjaga saluran pencernaan. Buah tin merupakan buah yang sering digunakan untuk mengatasi sembalit. Konsumsi buah tin secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon. Buah tin dapat memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga sietem pencernaan dapat bekerja dengan lebih maksimal.

3. Mengatasi anemia

Manfaat buah tin selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi gejala anemia. Kurang darah atau anemia merupakan kondisi kurangnya kadar sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai sebab.

Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kandungan zat besi dan juga multivitamin dalam buah tin dapat membantu produksi sel darah merah sehingga kadar eritrosit pun akan naik.

4. Menjaga kesehatan tulang

Buah tin juga dipercaya sebagai buah yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos. Konsumsi makanan tinggi garam dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium, hal ini dapat dicegah olah kalium yang terdapat dalam buah tin.

5. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat buah tin yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Buah tin dapat mencegah degenerasi makula yang merupakan penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan penglihatan hingga kebutaan. Manfaat ini bisa didapatkan dari buah tin dari kandungan vitamin A dan karotenoid yang ada di dalamnya.

6. Pengobatan radang tenggorokan dan amandel

Radang tenggorokan adalah kondisi yang tidak dapat disepelekan karena sangatlah mengganggu dan dapat menyebabkan seseorang sulit makan. Buah tin yang diolah menjadi jus dapat menenangkan tenggorokan dan menurunkan rasa sakit pada tenggorokan yang meradang. Selain itu, jus buah tin juga dipercaya dapat mengatasi peradangan dan pembengkakan amandel.

7. Mengatasi berbagai masalah saluran pernapasan

Manfaat buah tin lainnya adalah mengatasi berbagai masalah saluran pernapasan. Buah tin dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi gejala asma. Masalah pernapasan lainnya seperti flu dan batuk serta bronkitis juga dapat diredakan oleh buah tin. Buah tin dapat melembapkan selaput lendir dalam sistem pernapasan sehingga dapat membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu kerja sistem pernapasan.

8. Mengatasi insomnia

Tidur yang berkualitas merupakan salah satu kunci dari tubuh yang sehat. Agar gangguan tidur dapat teratasi, Anda bisa mencoba memasukkan buah tin ke dalam menu makanan Anda. Buah tin memiliki kandungan asam amino berupa triptofan yang dapat memicu produksi hormon melatonin yang merupakan hormon yang mengatur siklus tidur.

9. Mengatasi masalah seksual

Mengatasi masalah seksual juga merupakan manfaat buah tin yang sudah dipercaya sejak dulu. Konsumsi buah tin dapat mengatasi masalah disfungsi seksual, terutama pada pria. Bahkan di beberapa negara, buah tin dijadikan sebagai salah satu bahan obat kuat karena dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

10. Sumber energi

Manfaat buah tin selanjutnya adalah sebagai sumber energi. Kandungan karbohidrat dalam buah tin dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Buah tin yang rendah lemak dan rendah kalori pun sering dianggap sebagai buah yang cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan.

11. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat buah tin yang terakhir adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan multivitamin dan mineral dalam buah tin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Antioksidan dalam buah tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Maka dari itu, buah tin merupakan buah yang dapat membantu menjaga kesehatan Anda, termasuk dapat mencegah kanker, mencegah penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan sistem imun agar tidak berbagai macam patogen tidak dapat menyerang dan menginfeksi tubuh.

Cara Menggunakan Buah Tin

Buah tin segar dapat disantap secara langsung. Anda juga bisa mengolahnya sebagai jus atau mencampurkannya dengan buah lain menjadi salad buah. Ketika belum memasuki musimnya, maka akan lebih mudah untuk menemukan buah tin kering. Buah tin segar maupun kering sama-sama memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

Selain bagian buahnya, sebenarnya daun dari tanaman ini juga memilki manfaat. Daun dari pohon tin atau ara dipercaya dapat menurunkan gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes. Daun pohon ara bisa langsung direbus atau dikeringkan lebih dulu kemudian diseduh seperti teh.

Itu dia sekilas tentang manfaat buah tin bagi kesehatan. Buah tin dapat Anda konsumsi setiap hari dengan cara sesuai selera Anda. Sebelum mengonsumsi buah tin, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat memicu gangguan peencernaan. Buah tin juga dapat menimbulkan alergi bagi sebagian orang.

Jadi, konsumsilah buah tin secukupnya untuk mendapatkan manfaat buah tin untuk kesehatan. Selamat mencoba!