13 Manfaat Buah Srikaya yang Bisa Mengatasi Berbagai Penyakit, Apa Saja?

kandungan-srikaya-doktersehat

DokterSehat.Com – Buah srikaya terkenal akan rasanya yang manis. Namun, siapa sangka bila rasa manisnya yang memikat semakin dilengkapi dengan manfaatnya yang menakjubkan. Manfaat buah srikaya bisa mengatasi banyak penyakit.

Ingin tahu apa saja penyakit yang bisa diatasi dengan srikaya? Bacalah dan temukan beberapa manfaat srikaya untuk kesehatan. Penjelasan ini cukup bermanfaat terutama bagi Anda yang memiliki masalah kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah.

Mengenal buah srikaya

Srikaya adalah buah yang berasal dari keluarga Annona dengan nama ilmiah Annona squamosa L. Buah srikaya juga dikenal dengan sebutan sugar apple di kalangan dunia Internasional. Hal ini dikarenakan rasa srikaya yang sangat manis seperti gula.

Tanaman srikaya memang bukan tanaman asli Indonesia tetapi srikaya banyak dibudidayakan di Indonesia. Pemanfaatan buah srikaya sering dijadikan sebagai bahan pelengkap rasa pada kue atau roti karena rasanya yang manis.

Manfaat buah srikaya bagi kesehatan dan kecatikan

Ada banyak manfaat srikaya untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan, buah srikaya juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Jadi, pengonsumsian srikaya secara teratur bisa berefek positif bagi kecantikan dan kesehatan tubuh.

Inilah manfaat buah srikaya bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Mencegah penyakit jantung

Buah srikaya bisa mencegah Anda dari penyakit jantung. Pasalnya, manfaat buah srikaya bisa menurunkan kolesterol jahat atau kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein). Kadar kolesterol jahat ini akan secara berangsur menurun di dalam darah Anda.

2. Mengatasi penyakit disentri akut dan diare

Manfaat srikaya untuk kesehatan juga bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti pada diare dan disentri akut. Hal ini dikarenakan kandungan kimia dan zat gizi yang ada di dalam buah srikaya bisa memperbaiki kondisi pencernaan.

3. Mencegah dan mengobati penyakit kanker

Srikaya mengandung beberapa senyawa asetogenin. Beberapa senyawa asetogenin tersebut seperti skuamostanin, annotemoyin-1, dan glukopiranosid kolesteril. Senyawa-senyawa yang tergolong ke dalam asetogenin memiliki efek sitotoksik terhadap sel-sel kanker sehingga sel-sel kanker tersebut akan mati.

Penyakit kanker pada seorang pasien pun bisa disembuhkan. Selain itu, manfaat srikaya juga bisa mencegah penyakit kanker. Buah srikaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak. Kandungan antioksidan tersebut bisa menangkal berbagai radikal bebas yang bersifat karsinogenik (memicu kanker).

4. Mencegah penyakit asma

Manfaat buah srikaya juga bisa mencegah penyakit pernapasan, yaitu asma. Beberapa kandungan kimia yang ada di dalam buah srikaya memiliki manfaat yang bisa melegakan pernapasan.

5. Mengatasi penyakit diabetes

Apakah Anda penderita diabetes? Jika Anda penderita diabetes atau memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka konsumsilah srikaya. Hal ini dikarenakan manfaat srikaya bisa menurunkan kadar gula darah Anda.

Baca Juga: 6 Makanan Pengendali Kadar Gula Darah dalam Tubuh

6. Mengobati masalah hipertensi

Tidak hanya bermanfaat terhadap kadar kolesterol dan glukosa, srikaya juga memiliki pengaruh terhadap tekanan darah. Asupan buah srikaya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Ini baik bagi para penderita hipertensi.

7. Mencegah masalah konstipasi

Apabila Anda mengalami susah buang air besar atau konstipasi, maka jangan tergesa-gesa untuk minum obat pencahar. Anda bisa mengonsumsi buah srikaya sebagai obat sembeli alami. Manfaat buah srikaya yang bisa melancarkan pencernaan sehingga konstipasi bisa diatasi.

8. Mengobati masalah kulit

Manfaat srikaya untuk kesehatan tidak hanya untuk mengatasi penyakit dalam saja. Beberapa masalah kesehatan bagian luar seperti masalah kulit juga bisa diatasi dengan srikaya. Akar tanaman srikaya bisa mengatasi bisul dan penyakit kudis.

9. Mengatasi atonik dispepsia

Buah srikaya yang masih muda dapat mengobati gangguan pencernaan, yaitu atonik dispepsia. Hal ini dikarenakan buah srikaya yang masih muda mengandung tanin yang bisa memicu enzim pencernaan.

10. Antiradang

Manfaat buah srikaya serupa dengan obat antiinflamasi. Kandungan kalium yang tinggi pada buah srikaya bisa mengatasi nyeri otot. Selain itu, manfaat srikaya untuk kesehatan juga bisa mengatasi peradangan.

Manfaat antiinflamasi pada buah srikaya tidak terlepas dari peran kandungan magnesium. Magnesium di dalam buah srikaya bisa meredakan gejala rematik dan radang sendi. Buah srikaya juga bisa menurunkan dan menghilangkan kadar asam urat pada sendi-sendi.

11. Mencegah flu dan batuk

Buah srikaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini membuat manfaat buah srikaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, beberapa penyakit seperti flu dan batuk bisa dicegah.

12. Mengobati demam

Manfaat buah srikaya bisa mengobati demam karena kandungan zat-zat yang ada di dalam buah srikaya bisa menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Jadi, Anda bisa memiliki cara mengobati demam secara alami tanpa menggunakan obat-obatan medis.

Baca Juga: Jangan Langsung Minum Penurun Panas, Coba 8 Obat Demam Alami Berikut Ini!

13. Antidepresi

Srikaya tidak hanya memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan secara fisik. Tanaman srikaya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah psikis, yaitu depresi. Akar tanaman srikaya bisa menjadi obat antidepresi.

Kandungan gizi buah srikaya

Jangan heran dengan banyaknya manfaat buah srikaya yang sudah disebutkan. Hal ini karena di dalam buah srikaya terdapat banyak kandungan gizi yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Di dalam 100 gram buah srikaya mengandung 1,70 mg protein; 0,60 mg lemak; 25,20 mg karbohidrat; 27,00 mg kalsium; 20,00 mg fosfor; 0,80 mg zat besi; 0,08 mg vitamin B1; dan 22,00 mg vitamin C.

Selain zat-zat gizi, buah srikaya juga mengandung beberapa senyawa yang penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa senyawa berkhasiat yang ada di dalam buah srikaya masak adalah asam amino butirat, gula buah, arginin, ornitin, sitrulin, mucilago, dan senyawa asetinogen. Pada buah srikaya yang masih muda mengandung tanin.

Kini, Anda telah mengetahui manfaat buah srikaya yang cukup banyak untuk terapi berbagai penyakit. Anda bisa mendapatkan manfaat srikaya tersebut jika mengonsumsi buah srikaya secara teratur dan dalam jumlah cukup.

 

 

Sumber:

  1. Nunung Nurjanah dan Nur Ihsan. 2013. Ancaman! Di Balik Segarnya Buah & Sayur. Jakarta: Puspa Swara
  2. Rusilanti. 2013. Jus Ajaib Penumpas Aneka Penyakit. Jakarta: AgroMedia Pustaka
  3. Muhammad Hatta A.Fattah. 2016. Mukjizat Herbal Dalam Al Quran Vol 2. Jakarta: Mirqat
  4. Badan Litbang Pertanian: Srikaya (Annona squamosa L.). http://hortikultura.litbang.pertanian.go.id/downloads/Budidaya%20Srikaya.pdf [diakses pada 8 April 2019]
  5. Farmasi UGM: Srikaya(Annona squamosa L.). http://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=2288. [diakses pada 8 April 2019]
  6. USU: Tinjauan Pustaka (Tanaman Srikaya). http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/38840/Chapter%20II.pdf?sequence=4&isAllowed=y [diakses pada 8 April 2019]
  7. UMS: Tinjauan Pustaka (Tanaman Srikaya). http://eprints.ums.ac.id/18754/3/BAB_I.pdf [diakses pada 8 April 2019]
  8. Unila: Pendahuluan (Srikaya). http://digilib.unila.ac.id/10512/14/BAB%20I.pdf [diakses pada 8 April 2019]