Terbit: 29 April 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Nikmati manfaat buah sirsak untuk kesehatan, jangan hanya kelezatannya saja. Ingin mengonsumsi jus buah hari ini? Buah sirsak mungkin bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat jus buah segar. Buah yang satu ini memang cukup populer di Indonesia dan paling umum dikonsumsi sebagai jus dan ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan.

11 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker!

Kandungan Buah Sirsak

Sirsak adalah buah yang berasal dari tanaman Annona muricata. Buah satu ini cukup populer di Indonesia. Sirsak dapat dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan sebagai jus. Buah ini memiliki tekstur yang creamy dengan rasa manis keasaman.

Selain lezat, buah sirsak ternyata juga memiliki banyak kandungan nutrisi. Berikut adalah beberapa kandungan dalam buah sirsak:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin C
  • Kalium
  • Magnesium
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Folat
  • Zat besi

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Berkat berbagai kandungan sirsak tersebut, sirsak dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa khasiat buah sirsak untuk kesehatan:

1. Melawan Bakteri

Manfaat buah sirsak yang pertama adalah dapat mencegah dan melawan infeksi bakteri.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sirsak memiliki sifat antibakteri yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa sirsak dapat dengan efektif melawan strain bakteri yang menjadi penyebab radang gusi, kerusakan gigi, dan infeksi jamur.

Penelitian lain menunjukkan bahwa sirsak dapat melawan bakteri penyebab infeksi Staphylococcus dan kolera. Meskipun beberapa penelitian telah membuktikan sifat antibakteri buah sirsak, tapi dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons normal sistem imun terhadap luka atau cedera.

Peradangan kronis dapat berkontribusi pada berbagai penyakit. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak sirsak dapat secara efektif meredakan peradangan.

Berdasarkan penelitian tersebut, sirsak dianggap berpotensi membantu mengatasi gangguan peradangan seperti radang sendi. Meskipun begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

3. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat buah sirsak lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah mampu untuk menstabilkan gula darah.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang disuntikkan ekstrak sirsak selama 2 minggu memiliki kadar gula lima kali lebih rendah daripada yang tidak diberikan. Studi lain juga menunjukkan bahwa sirsak dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus diabetes hingga 75%.

Kadar ekstrak sirsak yang digunakan untuk penelitian ini kemungkinan jauh lebih banyak jumlahnya dari yang mungkin Anda makan secara langsung.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi sering kali tidak menimbulkan gejala, tapi penyakit ini sangat wajib diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga stroke.

Dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sirsak dapat membantu mengurangi tekanan darah tanpa meningkatkan denyut jantung. Para peneliti menduga bahwa kemampuan untuk menurunkan tekanan darah ini disebabkan oleh adanya mekanisme perifer yang melibatkan antagonisme Ca²?[ion kalsium].

5. Mencegah Tukak

Menjaga kesehatan saluran pencernaan juga dapat masuk ke dalam daftar manfaat jus sirsak.

Sirsak dipercaya dapat membantu mencegah tukak, yang merupakan luka menyakitkan yang berkembang di lapisan perut, kerongkongan, atau usus kecil. Buah ini mencegah tukak dengan cara melindungi selaput lendir perut, sehingga mencegah kerusakan pada saluran pencernaan.

6. Membantu Mengobati Herpes

Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks.

Infeksi ini umumnya muncul di mulut atau di area genital. Penelitian di laboratorium membuktikan bahwa ekstrak sirsak memiliki efek antiherpes. Secara in vitro, sirsak merupakan racun bagi virus herpes simpleks 2 (HSV-2). Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan khasiat buah sirsak sebagai pengobatan herpes.

Baca Juga: 12 Kombinasi Jus Buah Sayur yang Sehat dan Segar

7. Menjaga Kesehatan Mata

Sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi meliputi vitamin C, vitamin E, zinc, dan beta-karoten.

Kandungan antioksidan yang tinggi ini yang membuat sirsak dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Antioksidan dalam sirsak dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

8. Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Selain baik untuk kesehatan mata, kandungan antioksidan dalam sirsak juga dianggap baik untuk kesehatan sistem pernapasan.

Efek antiperadangan dan antibakteri pada sirsak juga dipercaya bermanfaat untuk mencegah masalah sistem pernapasan yang terkait peradangan atau infeksi bakteri. Manfaat satu ini masih sangat minim bukti ilmiah dan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

9. Meningkatkan Kesehatan Hati dan Ginjal

Manfaat buah sirsak lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan hati dan ginjal.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak sirsak aman diberikan pada tikus yang memiliki penyakit ginjal dan hati. Hal ini membuktikan bahwa buah sirsak tidak memberikan efek negatif pada ginjal dan hati, sebaliknya kandungan antioksidannya justru baik untuk ginjal dan hati.

10. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sirsak berpotensi membantu membunuh sel kanker.

Penelitian pertama membuktikan bahwa ekstrak sirsak membantu mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada kasus kanker payudara. Penelitian lain menunjukkan ekstrak sirsak dapat menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel kanker.

11. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat jus sirsak yang terakhir tentunya tidak kalah menarik, yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Sistem imun yang baik dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Konsumsi buah sirsak yang kaya nutrisi dan kaya antioksidan dapat sangat membantu dalam menjaga sistem imun tubuh.

Apakah Konsumsi Buah Sirsak Efektif untuk Pengobatan?

Ternyata, banyak sekali ya manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Hal ini membuktikan bahwa buah sirsak aman untuk dikonsumsi dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Meskipun begitu, sebaiknya konsumsi sirsak dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan.

Perlu diketahui juga bahwa manfaat buah sirsak di atas kebanyakan dibuktikan oleh penelitian tabung atau penelitian pada hewan. Kebanyakan penelitian kemungkinan menggunakan ekstrak sirsak dengan dosis tinggi yang mungkin tidak akan Anda dapatkan dari hanya mengonsumsi buah sirsak secara langsung.

Sirsak aman untuk dikonsumsi, namun tidak secara langsung dapat diandalkan untuk mengobati gangguan kesehatan yang disebutkan di atas. Jadi, tetap konsumsi buah ini dengan bijak, ya!

 

  1. Link, Rachel. 2017. Soursop (Graviola): Health Benefits and Uses. https://www.healthline.com/nutrition/soursop-benefits. (Diakses 29 Januari 2020).
  2. McDermott, Annette. 2017. What is graviola and how is it used?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319720.php. (Diakses 29 Januari 2020).
  3. Tadimalla, Ravi Teja. 16 Amazing Benefits Of Soursop For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-soursop-for-skin-hair-and-health/#gref. (Diakses 29 Januari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi