Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pisang adalah buah lezat dari famili Musaceae. Tanaman ini tidak hanya lezat, tapi ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah pisang untuk kulit Anda.

Manfaat Buah Pisang untuk Merawat Kesehatan Kulit

1. Meningkatkan elastisitas kulit & mencegah keriput

Pisang mengandung sejumlah vitamin C yang memainkan peran penting untuk menjaga kualitas kulit. Vitamin C diperlukan untuk membuat kolagen, zat yang memberi struktur pada jaringan kulit. Pisang meningkatkan jumlah kolagen untuk membantu elastisitas kulit dan mencegah munculnya keriput.

2. Membuat kulit tampak lebih muda dan cerah

Kandungan kalium pada buah pisang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh yang pada akhirnya akan membantu Anda mendapatkan kulit lebih sehat bercahaya. Nutrisi pada buah pisang meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru, membuat kulit tampak lebih muda dan cerah. Buah ini juga akan menghilangkan keriput dan warna kulit yang tidak merata akibat paparan sinar matahari.

3. Mencegah kulit kering

Pisang mengandung air yang dapat menghidrasi kulit sehingga dapat membantu mencegah kulit kering. Selain itu, buah pisang juga akan membuat kulit yang kusam terlihat lebih sehat dan segar. Tingginya vitamin A yang ada pada buah pisang akan mengembalikan kelembapan kulit yang hilang, serta mengatasi masalah kulit kering dan rusak. Buah ini juga akan membantu memperbaharui sel-sel yang rusak dan akan membuatnya menjadi lebih kuat dengan mengurangi tekanan oksidatif.

4. Meredakan pecah-pecah pada tumit

Karena pisang memiliki sifat melembapkan, buah ini dapat meredakan tumit yang kering hingga pecah-pecah. Anda hanya perlu mengoleskan buah pisang yang dihancurkan pada tumit dan diamkan selama setengah jam. Buah ini akan masuk jauh ke dalam kulit dan membantu proses penyembuhan yang alami.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi