9 Manfaat Pinang, Tingkatkan Nafsu Makan Hingga Gairah Seksual

pinang-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda tentunya sudah tidak asing dengan buah pinang. Namun meskipun buah pinang sangat mudah ditemui, banyak orang yang belum mengetahui bahwa tanaman yang masuk ke dalam famili Arecaceae ini dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat bagi tubuh. Ternyata ini dia manfaat pinang muda dan tua yang belum banyak diketahui!

Manfaat Buah Pinang

Pohon pinang sering kita temui keberadaaanya di pinggir jalan atau pada pembatas jalan. Pohon yang memiliki bentuk menyerupai pohon kelapa ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Berikut adalah manfaat buah pinang untuk tubuh yang tidak boleh Anda lewatkan!

1. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat buah pinang yang pertama adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Gangguan nafsu makan tentunya tidak boleh dianggap sepele karena akan membuat kebutuhan nutrisi seseorang tidak terpenuhi dan memicu gangguan tubuh lain yang lebih serius. Konsumsi pinang secara rutin dipercaya dapat membangkitkan nafsu makan seseorang.

2. Mengobati gangguan pencernaan

Manfaat buah pinang selanjutnya adalah mengobati gangguan pencernaan. Pinang dipercaya dapat membantu untuk mengatasi konstipasi atau kesulitan buang air besar. Selain itu, buah ini juga baik untuk memelihara usus besar dan usus halus. Pinang juga sering kali dijadikan ramuan untuk mengatasi diare karena memiliki kemampuan mengeluarkan racun dalam tubuh.

3. Mengatasi cacingan

Manfaat buah pinang selanjutnya masih berkaitan dengan pencernaan. Pinang juga dipercaya dapat mengatasi cacingan. Penyakit cacingan banyak dialami oleh anak-anak, namun tidak jarang juga orang dewasa yang terkena cacingan. Keberadaan cacing dalam saluran pencernaan dapat mengganggu sistem pencernaan dan menghambat penyerapan nutrisi untuk tubuh.

4. Menghentikan pendarahan

Manfaat buat pinang selanjutnya adalah untuk menghentikan pendarahan. Pinang dipercaya ampun untuk menghentikan pendarahan yang terjadi akibat luka di kulit hingga mengatasi mimisan. Buah pinang dapat diminum air rebusannya atau dihancurkan dan diaplikasikan langsung pada bagian kulit yang terluka.

5. Melindungi gigi

Manfaat pinang muda selanjutnya adalah mencegah gigi dari kerusakan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pinang memiliki aktivitas antimikroba yang dapat mencegah aktivitas bakteri penyebab gigi berlubang. Pinang juga dapat membuat gusi dan gigi menjadi lebih kuat.

6. Mengatasi bau mulut

Selian dapat melindungi gigi, pinang juga dapat mengatasi bau mulut. Sama halnya seperti masalah gigi berlubang, bau mulut juga diakibatkan oleh aktivitas bakteri dalam mulut. Menggunakan buah pinang sebagai obat kumur bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi secara keseluruhan.

7. Pengobatan glaukoma

Glaukoma merupakan berbagai kondisi mata yang dapat memicu kebutaan. Buah pinang dipercaya dapat membantu pengobatan glaukoma. Hal ini karena buah pinang dipercaya dapat menstimulsi sistem saraf pusat. Pinang juga memiliki manfaat untuk mengatasi rabun mata yang diakibatkan oleh berbagai sebab.

8. Meningkatkan gairah seksual pria

Manfaat pinang muda yang paling terkenal salah satunya adalah dapat meningkatkan gairah seksual, terutama pada pria. Manfaat pinang yang satu ini dipercaya didapatkan dari kandungan alkaloid aktif dalam pinang berupa senyawa arekolin.

Pria yang mengonsumsi air rebusan pinang maupun buah pinang secara langsung staminanya dipercaya akan naik. Beberapa sumber bahkan menyatakan bahwa pinang juga dapat mengatasi penyakit disfungsi seksual pada pria.

9. Baik untuk kesehatan kulit

Pinang juga dipercaya sebagai buah yang baik untuk kulit. Buah pinang dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit berminyak. Perawatkan kulit menggunakan pinang juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini atau bahkan menyamarkan tanda-tanda penuaan yang terlalnjur muncul.

Cara Konsumsi Pinang

Buah pinang muda maupun tua sama-sama dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Pinang juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Pinang bisa dikonsumsi langsung, direbus dan diminun air rebusannya, dan terdapat juga pinang yang sudah diekstrak dan tersedia dalam bentuk jamu. Pinang yang dikonsumsi secara langsung juga bisa dimakan mentah ataupun dimasak dengan cara dipanggang maupun di bakat.

Manfaat buah pinang untuk kesehatan memang sangat banyak, namun sebagian manfaat ini belum memiliki bukti ilmiah, Maka dari itu, konsumsilah pinang dengan hati-hati dna tidak berlebihan. Jika muncul efek samping dari penggunaan pinang seperti reaksi alergi, mual, muntah, peningkatan detak jantung, maupun efek samping lainnya, segera hentikan penggunaan pinang dan konsultasikan ke dokter.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan lain, Anda juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan pinang. Penggunaan pinang sebagai obat herbal bisa memengaruhi kerja obat yang sedang Anda gunakan atau bahkan meningkatkan efek samping keduanya. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!