Terbit: 22 Maret 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Di balik rasanya yang enak, manfaat persik yang secara bentuk mirip dengan buah apel ini cukup beragam. Apakah Anda salah satu penggemar buah persik? Jika ya, maka sejumlah manfaat berikut akan Anda dapatkan apabila mengonsumsinya secara teratur!

12 Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan (Tak Hanya Enak)

Buah Persik dan Kandungan Nutrisinya

Persik adalah nama sejenis buah-buahan  yang termasuk ke dalam famili Rosaceae.

Buah persik yang memiliki nama ilmiah ini Prunus persica ini kerap menjadi buah favorit banyak orang (mungkin termasuk Anda salah satunya) oleh karena cita rasanya yang lezat. Bahkan, buah persik dalam kebudayaan Tionghoa menjadi buah wajib  pada sejumlah ritual keagamaan.

Selain rasanya yang enak, persik yang daging buahnya berwarna kekuningan dan bertekstur agak lunak ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah persik tersebut tak lepas dari kandungan sejumlah zat penting, di antaranya:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Potasium
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Mangan
  • Fosforus
  • Vitamin A
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Selain itu, buah persik juga mengandung sejumlah senyawa antioksidan kendati dalam jumlah kecil. Bisa dibayangkan betapa bergizinya buah yang satu ini, bukan?

Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan Tubuh

Menjadikan buah persik sebagai salah satu menu harian adalah keputusan tepat. Bagaimana tidak? Dengan mengonsumsi buah persik secara rutin, Anda secara tidak langsung sedang melakukan perawatan alami terhadap tubuh!

Berikut adalah manfaat buah persik untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Merawat Kesehatan Kulit

Merawat kulit  agar tetap sehat dan menawan adalah salah satu manfaat buah persik yang paling utama.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan fakta bahwa kandungan zat antioksidan pada buah persik efektif untuk membuat kulit senantiasa lembap dan bebas dari kekeringan maupun kerusakan akibat radikal bebas.

Tak hanya itu, studi lainnya  mengatakan jika ekstrak buah persik dapat melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.

2. Merawat Kesehatan Mata

Mata adalah organ tubuh yang perannya sangat penting. Sayangnya, mata juga sangat rentan terhadap sejumlah masalah kesehatan.

Guna menghindari mata dari masalah kesehatan, Anda memerlukan asupan vitamin mata yakni vitamin A. Buah persik adalah satu dari sekian banyak sumber vitamin A yang bisa Anda dapatkan.

Mengonsumsi setidaknya 3 buah persik setiap hari dapat menjaga mata agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

3. Merawat Kesehatan Tulang

Buah persik diperkaya oleh mineral, salah satunya potasium.

Potasium yang terkandung dalam persik ini lantas menghasilkan khasiat buah persik untuk merawat kesehatan tulang. Pun, potasium berperan penting untuk meminimalisir risiko gangguan fungsi organ ginjal.

4. Mencegah Rambut Rontok

Ekstrak buah persik juga disebut-sebut memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut sehingga rambut terhindar dari sejumlah masalah seperti rambut rontok.

Belum dapat dipastikan apa yang menjadikan buah persik efektif untuk mencegah rambut rontok, namun hal ini diduga karena adanya kandungan zinc.

5. Mengatasi Reaksi Alergi

Manfaat buah persik untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi sejumlah gejala reaksi alergi seperti batuk-batuk, bersin, gatal-gatal, dan ruam pada kulit.

Kandungan methanol pada ekstrak daun persik menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh gabungan peneliti dari Yeungnam University dan Kyungpook National University di Korea Selatan bisa bertindak sebagai antihistamin.

Sebagaimana diketahui, histamin adalah senyawa yang dilepaskan oleh tubuh ketika sistem imun mendeteksi adanya elemen pemicu alergi (alergi). Pelepasan histamin inilah yang lantas menghasilkan reaksi alergi.

Nah, tugas dari ekstrak buah persik adalah untuk menghambat pelepasan histamin tersebut sehingga gejala alergi dapat dihentikan.

6. Mencegah dan Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang memerlukan penanganan medis.

Akan tetapi, Anda juga bisa memaksimalkan penanganan hipertensi tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satunya buah persik.

Menurut sebuah penelitian, buah persik yang diolah menjadi minuman jus efektif untuk menurunkan kadar hormon angiotensin II yang mana hormon tersebut merupakan faktor pemicu peningkatan tekanan darah.

Sayangnya, kegunaan persik untuk mencegah dan mengatasi hipertensi ini harus diuji lebih lanjut dikarenakan penelitian yang sudah dilakukan masih menggunakan hewan tikus sebagai objek.

7. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat di dalam buah persik menjadikan buah ini juga bisa dijadikan solusi alami untuk mengatasi sejumlah masalah pencernaan.

Masalah pencernaan memang erat kaitannya dengan asupan serat yang tidak mencukupi. Sebut saja sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Selain itu, serat yang dimiliki oleh buah persik juga bermanfaat untuk membantu perkembangan bakteri ‘baik’ dengan cara memproduksi asam lemak seperti asetat, propionat, dan butirat.

Adanya bakteri ‘baik’ di dalam sistem pencernaan dapat meminimalisir risiko terjadinya radang usus dan beberapa penyakit pencernaan lainnya seperti penyakit Crohn dan ulseratif kolitis.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Agar senantiasa sehat dan tidak mudah terserang penyakit, tubuh harus didukung oleh sistem imun yang mumpuni.

Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi buah persik secara rutin. Hal ini berdasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di Tunisia pada 2016.

Disebutkan di dalam penelitian tersebut bahwa buah persik efektif untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Selain itu, studi juga membuktikan jika kandungan zat pada buah persik ampuh membasmi sejumlah jenis bakteri.

9. Menjaga Berat Badan

Anda yang saat ini sedang menjalani program menurunkan berat badan baiknya memasukkan buah persik ke dalam daftar menu sehat sehari-hari.

Buah persik mengandung sedikit kalori. Selain itu, kandungan serat di dalamnya mampu menghasilkan efek kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, frekuensi makan dapat lebih terkontrol.

10. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, buah persik dapat dijadikan salah satu solusi untuk menjaga agar kadar gula darah tetap normal.

Manfaat buah persik yang satu ini tentunya juga berlaku untuk Anda yang bukan penderita diabetes sekalipun. Mengonsumsi buah persik secara rutin bertujuan untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh demi menghindari risiko terkena diabetes di kemudian hari.

11. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker

Penyakit mematikan seperti kanker pun dapat dicegah apabila Anda makan buah persik secara rutin, lho.

Kandungan vitamin C dan polifenol yang tak lain merupakan zat antioksidan menjadi jawaban mengapa buah yang oleh masyarakat Tiongkok disebut Tao ini bisa membantu meminimalisir risiko penyakit kanker.

Antioksidan adalah senyawa yang fungsi utamanya adalah untuk menghalau serangan radikal bebas. Nah, kanker adalah penyakit yang dipicu oleh adanya radikal bebas tersebut sehingga tak salah jika mendapuk buah persik sebagai buah pencegah kanker. Setuju?

12. Mencegah Penyakit Jantung

Selain kanker, penyakit mematikan lainnya yang bisa dicegah—atau setidaknya diminimalisir risikonya—adalah penyakit jantung.

Kandungan serat pada buah persik dinilai dapat membantu menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’ dan sebaliknya, meningkatkan kadar lemak HDL atau kolesterol ‘baik’.

Tak hanya itu, manfaat buah persik juga untuk menurunkan kadar trigliserida darah. Baik lemak LDL dan trigliserida darah, keduanya merupakan faktor-faktor utama penyebab penyakit jantung.

Kendati demikian, khasiat buah persik yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitasnya pada manusia.

Itu dia informasi mengenai manfaat buah persik untuk kesehatan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi guna mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat buah persik tersebut. Semoga  bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2016. Take A Bite Out of These 5 Health Benefits of Peaches. https://www.spinemd.com/news-philanthropy/take-a-bite-out-of-these-5-health-benefits-of-peaches (Diakses pada 22 Oktober 2019)
  2. Anonim. The Health Benefits of Peach. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-peaches-health-benefits (Diakses pada 22 Oktober 2019)
  3. Kim, GJ et al. 2013. Anti-allergic inflammatory effects of cyanogenic and phenolic glycosides from the seed of Prunus persica. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24555287 (Diakses pada 22 Oktober 2019)
  4. Koikeda, T et al, 2017. Effects of Peach (Prunus persica)-Derived Glucosylceramide on the Human Skin. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5740493/ (Diakses pada 22 Oktober 2019)
  5. Petre, A. 2019. 10 Surprising Health Benefits and Uses of Peaches. https://www.healthline.com/nutrition/peach-fruit-benefits (Diakses pada 22 Oktober 2019)
  6. Ware, M. 2017. Health benefits of peaches. https://www.medicalnewstoday.com/articles/274620.php (Diakses pada 22 Oktober 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi