12 Manfaat Buah Parijoto bagi Kesehatan (Bikin Cepat Hamil)

manfaat-buah-parijoto-doktersehat

DokterSehat.Com – Parijoto, pernah mendengar atau melihat buah yang satu ini? Jika belum, maka ada yang harus Anda ketahui soal buah parijoto tersebut. Pasalnya, buah parijoto adalah buah yang punya sejumlah manfaat besar bagi kesehatan tubuh, sama seperti buah-buahan lain pada umumnya. Apa itu buah parijoto? Apa saja manfaat buah parijoto yang bisa kita dapatkan?

Apa Itu Buah Parijoto?

Parijoto adalah sejenis buah-buahan yang berasal dari daerah Kudus, Jawa Tengah, tepatnya di area gunung Muria. Buah parijoto memiliki nama ilmiah Medinilla speciosa. Buah dengan tinggi rata-rata 45-60 cm ini memiliki bentuk yang menyerupai anggur, dan memiliki warna merah muda ketika masih mentah, untuk kemudian berubah menjadi ungu kehitaman kala sudah matang.

Buah parijoto konon merupakan warisan dari Sunan Muria (salah satu dari Wali Songo), dan sudah menjadi bagian dari masyarakat Kudus. Selain dibudidayakan, buah parijoto tumbuh liar di area dataran tinggi (800 – 2.300 mdpl) dan area hutan hujan tropis seperti di gunung Muria. Berasal dari bumi Nusantara, populasi parijoto kini juga telah menyebar sampai ke wilayah Filipina.

Manfaat Buah Parijoto bagi Kesehatan

Namanya buah-buahan, parijoto tentu tak lepas dari sejumlah manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah sejumlah manfaat buah parijoto bagi tubuh yang tidak terduga.

1. Kesuburan

Bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya yang sudah ‘akrab’ dengan buah parijoto, buah yang juga disebut sebagai anggur Asia ini dipercaya memiliki khasiat parijoto untuk meningkatkan kesuburan bagi para wanita.

Apabila saat ini Anda dan pasangan belum juga dikaruniai buah hati, maka tak ada salahnya untuk mencoba buah parijoto untuk membuktikan manfaatnya tersebut.

2. Menangkal Radikal Bebas

Siapa sangka, buah parijoto adalah buah yang kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Beberapa zat antioksidan yang dikandung oleh parijoto di antaranya flavonoid, tanin, dan saponin.

Adanya zat antioksidan di dalam buah parijoto lantas menghasilkan manfaat buah parijoto untuk menangkal serangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

3. Mencegah Kanker

Penyakit kanker terjadi akibat adanya kerusakan sel tubuh yang dipicu oleh radikal bebas. Oleh karena manfaat buah parijoto adalah untuk menangkal radikal bebas, maka secara tidak langsung turut menghasilkan khasiat buah parijoto dalam mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

4. Mencegah Tumor

Selain kanker, manfaat buah parijoto lainnya yang dihasilkan dari kandungan antioksidan alami di dalamnya adalah mencegah dan menghambat perkembangan daripada sel tumor ganas yang dapat mengancam jiwa.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Masih terkait kandungan antioksidan di dalam buah parijoto, hal ini lantas menghasilkan khasiat buah parijoto yang tak kalah penting, yaitu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Sebagai garda terdepan dari tubuh, sistem imun tentu harus selalu berada dalam kondisi baik karena jika tidak, mikroorganisme jahat akan dengan mudahnya masuk dan menginfeksi tubuh sehingga yang terjadi adalah, tubuh terserang penyakit.

6. Mengobati Diare

Selain larutan oralit, cara mengobati diare juga bisa dengan mengkonsumsi buah parijoto, lho.

Manakala Anda sendan terserang diare, segera buat ramuan tradisional dari buah parijoto ini:

  • Sediakan 15-20 gram daun dan buah parijoto
  • Rebus daun dan buah parijoto di dalam air mendidih (450-500 ml) selama kurang lebih 20 menit
  • Setelah matang, angkat daun dan buah parijoto, kemudian saring hingga menjadi air
  • Minum air saringan buah parijoto 2 kali sehari secara rutin sampai diare sembuh

7. Mengobati Sariawan

Selain antioksidan, buah parijoto juga diperkaya oleh kandungan vitamin, salah satunya vitamin C. Hal ini menghasilkan manfaat buah parijoto untuk mengobati sariawan.

Anda bisa menjadikan larutan parijoto sebagai obat kumur. Cara membuatnya adalah:

  • Sediakan 4-6 gram buah parijoto, bersihkan terlebih dahulu
  • Lumat buah parijoto sampai halus, kemudian larutkan ke dalam satu gelas air
  • Berkumurlah dengan larutan parijoto, 2 kali sehari sampai sariawan hilang

8. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Kandungan vitamin C pada buah parijoto juga efektif untuk mencegah atau meminimalisir penyakit jantung menyerang tubuh Anda.

Mengingat penyakit jantung adalah penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian, maka melakukan langkah pencegahan sedini mungkin perlu untuk dilakukan, dan buah parijito adalah salah satu solusinya. Jadi, jangan sia-siakan manfaat buah parijoto yang satu ini, ya.

Manfaat Buah Parijto untuk Ibu Hamil

Khasiat buah parijoto yang umum diketahui adalah untuk meningkatkan kesuburan pada wanita sehingga mempermudah terjadinya kehamilan. Tak hanya sampai disitu, setelah dinyatakan hamil, buah ini pun masih memberikan manfaat bagi sang ibu hamil maupun bayi yang tengah dikandungnya.

Berikut adalah manfaat buah parijoto untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Mengoptimalkan Sistem Imun Tubuh

Ibu hamil bisa dikatakan rentan terhadap penyakit oleh karena sistem imun yang mengalami penurunan kinerja. Guna meningkatkan lagi peran sistem kekebalan tubuh untuk melindungi ibu hamil dan kandungannya dari serangan penyakit, mengkonsumsi buah parijoto adalah salah satu solusinya.

Pasalnya, buah parijoto mengandung zat antioksidan bernama flavonoid, yang mana zat ini menurut penelitian efektif untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap bekerja optimal.

2. Sumber Energi

Seorang ibu hamil memerlukan lebih banyak asupan energi, agar ia dan bayi yang tengah dikandungnya selalu dalam kondisi prima. Dari sekian banyak sumber energi alami bagi tubuh yang tersedia, buah parijoto adalah salah satu sumber energy terbaik yang bisa diperoleh.

3. Meminimalisir Risiko Keguguran

Trimester pertama dari usia kehamilan adalah masa-masa di mana janin masih sangat lemah dan rentan mengalami keguguran apabila ibu hamil tidak ditopang oleh asupan nutrisi yang mencukupi.

Oleh sebab itu, hendaknya di trimester pertama para ibu hamil harus benar-benar memerhatikan asupan nutrisinya agar janin senantiasa kuat dan terus berkembang. Mengkonsumsi buah parijoto bisa jadi alternatif untuk meminimalisir keguguran. Lagi-lagi, khasiat buah parijoto yang satu ini dikarenakan adanya zat antioksidan.

4. Fisik Bayi yang Rupawan

Entah mitos atau fakta, yang jelas masyarakat Kudus dan sekitarnya percaya bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi buah parijoto kelak akan melahirkan anak yang memiliki tampilan fisik rupawan.

Belum ada bukti medis apapun yang mendukung klaim khasiat buah parijoto yang satu ini. Percaya atau tidak, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah parijoto saat hamil, kok.

Nah, itu dia sederet manfaat atau khasiat buah parijoto bagi kesehatan tubuh. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat!