Terbit: 14 April 2020 | Diperbarui: 20 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Apa saja manfaat buah matoa bagi tubuh? Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti asing mendengar buah ini. Matoa adalah buah yang berasal dari tanah Papua. Buah yang jarang diketahui ini ternyata memiliki banyak manfaat.

13 Manfaat Buah Matoa, Melawan Infeksi Bakteri hingga Virus

Apa Itu Buah Matoa?

Tanaman matoa merupakan spesies yang termasuk anggota famili Sapindaceae dan memiliki nama latin Pometia pinnata. Matoa memiliki batang pohon yang cukup tinggi sekitar 18 meter. Buah yang juga dikenal dengan nama lengkeng Papua ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan buah lengkeng. Buah matoa memiliki kekerabatan dengan buah lengkeng, leci, dan rambutan. Hal itu menjadikan rasa buah ini campuran dari ketiga buah tersebut.

Jenis-Jenis Buah Matoa

Buah matoa yang ada di Papua terdiri dari dua jenis. Kedua jenis buah matoa tersebut yaitu buah matoa kelapa dan buah matoa papeda. Perbedaan utama kedua jenis buah tersebut terletak pada tekstur buahnya.

Matoa Kelapa

  • Tekstur buah lebih kenyal seperti buah rambutan
  • Buahnya tidak lengket
  • Memiliki warna hijau terang

Matoa Papeda

  • Tekstur buah lebih lembek dan lengket
  • Memiliki warna hijau gelap atau kemerahan

Kandungan Buah Matoa

Buah matoa memiliki beberapa kandungan zat gizi yang cukup penting bagi tubuh. Beberapa zat gizi penting yang ada di dalam buah matoa, antara lain:

  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Alkaloid

Manfaat Buah Matoa

Setelah Anda mengetahui jenis dan kandungan dari matoa, berikut ini adalah beberapa manfaat buah matoa yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menekan Pertumbuhan Bakteri

Manfaat buah matoa yang telah terbukti secara ilmiah adalah bisa menekan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Ada dua senyawa utama yang berperan dalam hal ini adalah saponin dan tanin.

Senyawa saponin memiliki sifat antimikroba karena bisa menghambat pertumbuhan koloni bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Gangguan ini juga semakin diperkuat dengan kehadiran tanin.

Senyawa tanin bisa menekan pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat enzim yang sangat penting bagi bakteri. Akibatnya, pembentukan sel bakteri terganggu. Selain itu, tanin juga bisa membuat sel bakteri menjadi lisis karena mengganggu transpor protein pada lapisan dalam sel bakteri.

2. Mengatasi Kanker

Tanpa disadari, berbagai radikal bebas masuk ke tubuh bersama makanan dan minuman yang dikonsumsi. Udara yang dihirup pun juga bisa membawa masuk beberapa radikal bebas yang bisa menurunkan dan membahayakan kesehatan tubuh.

Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi asupan yang mengandung antioksidan. Salah satu buah yang mengandung antioksidan adalah buah matoa. Kandungan antioksidan di dalam buah matoa memiliki manfaat penting.

Antioksidan di dalam matoa dapat menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa mencegah beberapa penyakit kanker untuk berkembang di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah matoa berikutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan tubuh.

Hal ini tak lepas dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Penangkalan radikal bebas yang dilakukan oleh antioksidan tak hanya mencegah kanker saja, tetapi juga membuang radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Sejumlah penyakit pun dapat dicegah sebelum terjadi, sehingga bisa membuat tubuh lebih sehat dan prima.

4. Mengatasi Jantung Koroner

Buah matoa perlu dikonsumsi terutama bagi Anda yang memiliki faktor risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan buah matoa juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, Anda jangan melewatkan khasiat buah matoa.

5. Mengatasi Stres

Buah matoa adalah camilan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari karena kaya akan vitamin E yang penting untuk menghilangkan stres. Setiap kali Anda merasa stres menyerang, terkadang nafsu makan Anda juga meningkat, ngemil dengan buah matoa tidak akan menyebabkan penambahan berat badan, tetapi justru akan menghilangkan stres secara efektif.

6. Mencegah Jerawat

Manfaat buah matoa berikut ini berguna bagi Anda yang ingin terhindar dari jerawat. Beberapa senyawa pada buah ini memiliki sifat antimikroba, sehingga bisa digunakan untuk mencegah munculnya jerawat. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa jerawat disebabkan oleh bakteri yang ada di kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki jerawat, konsumsi buah ini bisa mengurangi berkembangnya jerawat.

7. Melembapkan Kulit

Buah matoa tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja melainkan juga bagi kecantikan. Manfaat buah matoa yang bisa didapatkan adalah melembapkan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, kulit tubuh akan menjadi lebih lembap dan sehat sehingga nampak lebih indah.

8. Mencerahkan Kulit

Hampir semua orang ingin memiliki kulit yang cerah. Apabila Anda ingin memiliki kulit yang cerah maka konsumsilah buah matoa. Manfaat buah matoa yang bisa didapatkan adalah membuat kulit menjadi lebih cerah.

9. Melindungi dari Sinar UV

Paparan sinar matahari tidak dapat dielakkan lagi. Semua orang pasti bisa terkena paparan sinar UV dari matahari. Akan tetapi, ada solusi untuk ini yaitu dengan mengonsumsi matoa. Manfaat buah matoa ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV.

10. Meningkatkan Stamina

Agar produktivitas tetap terjaga dengan baik, Anda harus memiliki stamina yang baik. Senyawa gula yang ditemukan dalam buah matoa adalah penambah energi yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

11. Meningkatkan Kesuburan

Khasiat buah matoa yang jarang disadari adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesuburan. Jika Anda memiliki masalah dengan kesuburan, Anda bisa memasukkan buah matoa ke dalam makanan harian. Buah ini aman dikonsumsi oleh pria dan wanita.

12. Mencegah Degenerasi Sel

Vitamin E yang ada di dalam buah matoa selain bagus untuk jantung, ternyata juga berguna untuk mencegah degenerasi sel. Sementara kandungan vitamin C di dalamnya akan membantu meningkatkan aliran darah.

13. Melawan Virus

Salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk melawan infeksi virus adalah dengan memastikan sistem kekebalan tubuh dalam keadaan prima. Mengonsumsi matoa yang kaya vitamin C dan antioksidan adalah perlindungan yang sempurna terhadap infeksi virus.

Nah, itulah berbagai manfaat buah matoa yang bisa Anda dapatkan. Meski buah ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, penelitian tentang khasiatnya masih terbatas, sehingga masih dibutuhkan penelitian lanjutan. Jika Anda ragu mengonsumsinya, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

  1. Anonim. 10 Health Benefits of Matoa Fruit (#1 Exotic Fruit from Papua). https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-matoa-fruit. (Diakses pada 14 April 2020).
  2. Faustina, Fransisca C. Extraction of Fruit Peels of Pometiapinnata and Its Antioxidant and Antimicrobial Activities. http://pascapanen.litbang.pertanian.go.id/assets/media/publikasi/prosidin. (Diakses pada 14 April 2020).
  3. Nadya, E. 2017. Unand. Pendahuluan (Penelitian tentang Buah Matoa). http://scholar.unand.ac.id/29767/2/pendahuluan.pdf. (Diakses pada 14 Januari 2019).
  4. Nishihara, AA. 2017. UMY: Tinjauan Pustaka (Buah Matoa). http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/11968/BAB%20II.pdf?sequence=6&isAllowed=y. (Diakses pada 14 Januari 2019).
  5. Risa, Icha. 2012. Hanya Ada Di Indonesia: 1100+Keajaiban Dan Prestasi Yang Mendunia. Jakarta: Puspa Swara. (Diakses pada 14 Januari 2019).
  6. Saputra, MI. 2017. UMY: Tinjauan Pustaka (Buah Matoa). http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/11949/6.BAB%20II.pdf?sequence=6&isAllowed=y. (Diakses pada 14 Januari 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi