Leci adalah buah tropis dengan campuran rasa sedikit asam, manis, namun segar. Buah ini sering dijadikan topping makanan dan minuman. Apabila Anda suka makan buah leci, cari tahu apa kandungan dan manfaat leci berikut ini.

manfaat-leci-doktersehat

Kandungan Buah Leci 

Leci adalah buah yang tumbuh di daerah subtropis seperti beberapa negara Asia Tenggara. Leci termasuk dalam keluarga soapberry. Buah ini biasa dijadikan olahan jus, anggur, sherbert, pie, jeli, dll.

Selain enak dan segar, buah ini ternyata memiliki berbagai kandungan nutrisi. Berikut ini adalah kandungan leci dalam takaran 100 gram, yaitu: 

  • 66 kalori 
  • 0,8 gram protein 
  • 16,5 gram karbohidrat 
  • 1,3 gram serat 
  • 0,4 gram lemak 
  • 66 kkal energi 
  • 0.011 mg tiamin 
  • 82% mineral 
  • 1,5–1,7 grams karbohidrat 

Leci juga mengandung vitamin, mineral, dan komponen penting lainnya, meliputi: 

  • Vitamin C: Vitamin paling banyak di buah leci 
  • Vitamin E: Vitamin yang berperan untuk kesehatan tulang, pembekuan darah, dll 
  • Vitamin K: Vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit, mata, sel, dll
  • Kalium: Mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung 
  • Tembaga: Leci mengandung jumlah tembaga yang cukup banyak
  • Antioksidan Polifenol: Antioksidan yang meliputi epicatechin dan rutin 

Leci mengandung sumber antioksidan dan senyawa tumbuhan yang menyehatkan. Tentu saja kandungan ini juga memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Buah Leci 

Leci mengandung berbagai vitamin, mineral, dan komponen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit dan mempertahankan kesehatan. 

Berikut ini adalah manfaat buah leci, yaitu: 

1. Efek Antikanker 

Leci memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang berperan sebagai antikanker yang efektif untuk mencegah sel kanker payudara. Antioksidan adalah sumber yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghalau paparan radikal bebas penyebab kanker. 

Mengonsumsi leci dalam olahan apapun seperti jus, jeli, dll dapat bekerja efektif untuk mencegah penyakit serius ini. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Leci mengandung kalium, epicatechin, dan rutin yang akan membantu menjaga tubuh dari penyakit kronis seperti penyakit jantung. Kandungan flavonoid juga membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

Olahan leci juga mengandung oligonol yaitu suplemen makanan yang berfungsi untuk meningkatkan produksi oksida nitrat yang berperan sebagai vasodilator untuk membantu memperluas aliran darah agar lancar. 

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Pengobatan tradisional China mempercayai manfaat buah leci sebagai obat alami untuk masalah pencernaan seperti sembelit atau gangguan pencernaan lainnya. 

Hal ini dikaitkan karena leci mengandung cukup mineral dan serat yang berperan baik dalam melancarkan sistem pencernaan. 

4. Mencegah Katarak 

Terdapat sekitar 150 ribu kasus katarak di Indonesia. Katarak adalah gangguan mata dengan gejala penglihatan buram atau kabur. 

Sebuah studi menyampaikan bahwa leci dapat membantu mencegah risiko terkena katarak. Leci mengandung antioksidan dan antineoplastik yang berperan untuk menghambat pertumbuhan sel abnormal penyebab katarak.

Baca Juga: Kacamata Terapi: Jenis, Manfaat, dll

5. Membantu Mengatasi Influenza 

Influenza adalah infeksi yang disebabkan dari virus yang sangat menular dan dapat terjadi pada siapa saja. 

Leci mengandung oligonol yang berperan sebagai antivirus untuk mengatasi gejala influenza. Oligonol terdiri dari campuran antioksidan (proanthocyanidins) yang berasal dari kulit leci dan teh hijau yang kemudian dikembangkan sebagai agen efektif untuk melawan virus influenza.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Leci adalah buah sehat yang cocok dimasukan dalam menu diet Anda. Leci termasuk dalam jenis buah ideal bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena buah ini rendah kalori. 

Setiap 100 gram buah leci hanya mengandung 66 kalori. Selain itu, leci juga mengandung mineral, serat, dan lemak baik.

Baca Juga: 7 Hal Ini Bisa Sebabkan Berat Badan Naik Tiba-Tiba

7. Agen Antiinflamasi 

Manfaat buah leci selanjutnya adalah sebagai agen antiinflamasi. Leci sangat kaya akan kandungan flavonol yang dapat membantu mengatasi peradangan dan kerusakan jaringan. 

8. Memproduksi Energi 

Buah leci kaya akan vitamin C yang berperan dalam reaksi enzimatik. Reaksi ini berfungsi untuk memproduksi kolagen dan karnitin yang dibutuhkan untuk memecah lemak dan memproduksi energi secara instan. 

9. Meningkatkan Sistem Imun 

Sistem imun yang lemah dapat meningkatkan risiko terpapar infeksi virus atau penyakit umum seperti batuk, pilek, dan flu biasa.

Kandungan vitamin C alami buah leci bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dipenuhi dengan antioksidan yang larut dalam tubuh dan berfungsi untuk melindungi tubuh dari invasi virus dan kuman. Buah leci untuk ibu hamil juga direkomendasikan untuk meningkatkan sistem imun.

Baca Juga: Buah-Buahan Super Ini Bisa Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Kita Meningkat

10. Membantu Mengatur Tekanan Darah 

Leci kaya akan kandungan kalium dan natrium yang diperlukan untuk menjaga tekanan darah. Ini juga membantu menenangkan dan mengendurkan pembuluh darah sehingga tekanan darah tetap terkontrol.

11. Mencegah Anemia 

Anemia adalah kondisi saat jumlah sel darah merah menurun dan menyebabkan efek seperti lemah, letih, dan lesu. 

Leci mengandung tembaga, yaitu kandungan penting dalam meningkatkan jumlah sel darah merah dalam darah sehingga mencegah Anda dari anemia. 

Efek Samping Leci 

Leci tidak memiliki efek samping serius bagi tubuh bila Anda mengonsumsinya dalam jumlah sedang, namun buah ini dikaitkan dengan kasus peradangan otak di Asia Tenggara dan Selatan. 

Diduga leci mengandung toksin hipoglisin A yang memicu peradangan otak, namun belum ada studi lebih lanjut dari kasus tersebut dan kasusnya jarang terjadi. 

Itulah beberapa manfaat leci untuk kesehatan. Leci adalah buah tropis dengan rasa sedikit asam yang memiliki berbagai kandungan alami yang dibutuhkan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

  1. Choudhary, Tanya. 2019. 21 Amazing Benefits Of Litchis (Lychees) For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-litchis/#gref. (Diakses pada 25 Januari 2020).
  2. Arnarson, Atli PhD. 2018. Lychees 101: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/foods/lychees#downsides. (Diakses pada 25 Januari 2020).