7 Manfaat Buah Langsat, Baik untuk Kulit Hingga Cegah Penyakit Kronis

manfaat-buah-langsat-doktersehat

DokterSehat.Com – Buah langsat adalah salah satu buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Buah mirip duku ini tidak hanya lezat dan menyegarkan, tapi ternyata juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Yuk, kenali kenali lebih jauh tentang buah langsat dan berbagai manfaat buah langsat untuk tubuh berikut ini!

Sekilas tentang Buah Langsat

Langsat adalah buah dari anggota family Meliaceae. Langsat (L. domesticum var. domesticum) memiliki bentuk yang sangat mirip dengan buah duku, karena keduanya memang berasal dari spesies yang sama.

Perbedaan paling mencolok dari langsat dan duku adalah pada bentuk kulit langsat yang lebih tipis dan langsat cenderung lebih bergetah sekalipun buahnya sudah masak, sedangkan buah duku tidak akan menghasilkan getah apabila sudah masak.

Kedua buah ini sama-sama nikmat dan menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Buah langsat tinggi kandungan serat, vitamin, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Buah langsat mengandung polifenol yang berlimpa, sebagian terdapat dalam daging buahnya, tapi paling banyak ada pada bagian kulit dan bijinya.

Sebuah analisis kuantitatif menunjukkan bahwa langsat termasuk ke dalam buah yang kulitnya memiliki kandungan flavonoid paling tinggi dibandingkan buah tropis lainnya. Buah langsat juga mengandung sejumlah mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, hingga zat besi.

Manfaat Buah Langsat

Buahnya yang berair dan rasanya yang terkadang masam membuat langsat menjadi buah yang menyegarkan ketika dikonsumsi. Selain dapat menikmati kelezatannya, tentunya kita juga dapat merasakan berbagai manfaat buah langsat berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Berikut adalah 7 manfaat langsat yang tidak disangka-sangka!

1 .Sumber serat alami

Serat merupakan salah satu nutrisi paling penting untuk mendukung sistem pencernaan.

Berkat kandungan serat yang tinggi dalam buah langsat, banyak yang percaya bahwa salah satu manfaat langsat adalah dapat membantu mengatasi gejala atau mencegah sembelit. Setiap 100 gram buah langsat memiliki kandungan 2 gram serat, jumlah ini dapat memenuhi 8-11% kebutuhan serat pada wanita dan 6-8% kebutuhan serat untuk pria.

2. Membantu mengontrol berat badan

Manfaat buah langsat yang kedua adalah dapat membantu mengontrol berat badan.

Langsat dapat menjadi salah satu buah pilihan untuk dikonsumsi ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Manfaat langsat satu ini juga masih berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi dalam langsat. Buah satu ini juga tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol.

Namun jika ingin mendapatkan manfaat buah langsat untuk diet menurunkan berat badan, tetap perhatikan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Perlu diketahui bahwa 100 gram langsat mengandung kurang lebih 57 kilo kalori, jumlah kalorinya lebih rendah dibandingkan dengan buah duku.

3. Mencegah diabetes

Sebenarnya tidak terdapat manfaat buah langsat untuk diabetes secara langsung, tapi buah langsat termasuk buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Fakta bahwa langsat mengandung serat yang tinggi dan mampu mengontrol berat badan juga memungkinan langsat sebagai buah yang baik untuk mencegah diabetes. Seperti yang kita ketahui bahwa obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama dari diabetes.

4. Mengontrol kadar kolesterol

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, langsat tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol, bahkan langsat dipercaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa makanan dengan kadar serat tinggi, terutama serat larut air, efektif membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat ini akan menghambat penyerapan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

5. Membantu menjaga metabolisme tubuh

Buah langsat merupakan sumber vitamin B kompleks mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, hingga folat.

Vitamin B kompleks memiliki peran dalam membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein. Selain itu, kandungan vitamin B2 yang cukup tinggi dalam buah langsat juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik.

6. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat buah langsat selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung.

Buah langsat dapat membantu mengontrol kolesterol, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam buah langsat juga dipercaya dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

7. Mencerahkan kulit

Manfaat buah langsat untuk kecantikan sudah tidak perlu diragukan lagi, beberapa produk perawatan kecantikan bahkan menjadikan ekstrak langsat sebagai salah satu formulanya.

Skin care dengan kandungan buah langsat ini dipercaya dapat membantu mencerahkan dan juga melembapkan kulit. Selain itu, langsat juga dipercaya mampu untuk mencegah penuaan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Cara Menggunakan Buah Langsat

Bagian yang dikonsumsi dari buah langsat hanyalah daging buahnya saja, bagian biji dan juga kulitnya tidak untuk dikonsumsi. Mengonsumsi biji langsat tidak berbahaya, tapi akan menghasilkan rasa pahit di lidah.

Hingga kini belum tersedia produk ekstrak buah langsat. Kandungan ekstrak langsat mungkin dapat ditemukan dalam beberapa produk kecantikan saja. Siapapun dapat menggunakan produk kecantikan dengan kandungan langsat, asalkan sesuai dengan kebutuhan kulitnya.

Manfaat buah langsat untuk tubuh memang sangat banyak, tapi sebaiknya jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Kandungan gula dalam langsat dianggap cukup tinggi sehingga buah ini sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering dan terlalu banyak.

Berbagai manfaat langsat di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, Anda dapat berdiskusi dengan dokter untuk memastikan buah langsat ini aman dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Sumber:

  1. Health Benefits of Lanzones – https://www.livestrong.com/article/510922-health-benefits-of-lanzones/
  2. Lanzones (langsat) fruit nutrition facts – https://www.nutrition-and-you.com/lanzones.html
  3. Lanzones – https://www.bar.gov.ph/index.php/agfishtech-home/crops/205-fruit-crops/1259-lanzones