15 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

DokterSehat.Com– Kiwi adalah buah-buahan kecil mnyerupai bentuk buah sawo. Selain rasanya yang enak, manfaat buah kiwi begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Buah berdaging hijau dan memiliki rasa yang manis dan tajam, yang penuh nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potasium.

Buah kiwi juga memiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik. Biji hitam kecil dalam buah kiwi dapat dimakan, begitupun kulitnya yang berwarna cokelat, namun banyak yang lebih suka mengupas kulit buah kiwi sebelum memakannya.

Buah kiwi bisa berbuah sepanjang tahun di beda lokasi. Buah kiwi tumbuh di California dari November hingga Mei, dan di Selandia Baru dari Juni hingga Oktober. Selain dapat dikonsumsi dalam keadaan segar, kiwi juga dapat diperoleh dalam bentuk suplemen.

Buah kiwi yang kaya akan nutrisi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tapi tidak hanya itu, khasiat buah kiwi ternyata juga baik untuk kulit serta rambut Anda karena mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang memainkan peran penting untuk rambut sehat Anda.

Manfaat Buah Kiwi bagi Tubuh

Berikut ini  15 manfaat buah kiwi yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mencegah rambut rontok

Buah kiwi kaya vitamin C yang merupakan antioksidan sangat kuat. Vitamin ini memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen yang mencegah rambut bercabang. Manfaatkan buah buah kiwi bisa mencegah masalah rambut rontok yang sering kali mengganggu banyak orang bila mengonsumsinya secara rutin.

2. Mendorong pertumbuhan rambut

Berkat vitamin C, manfaat buah kiwi dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dengan menjaga mikrosirkulasi yang menyuplai darah ke folikel rambut. Kiwi juga kaya vitamin E yang akan meningkatkan pertumbuhan rambut berkat kemampuannya memperbaiki sistem imun tubuh yang mendukung kesehatan sirkulasi dan memperkuat asupan oksigen.

3. Mengatasi masalah rambut

Ekstrak kiwi dan minyak kiwi kaya akan beberapa jenis vitamin dan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Penggunaan kedua ekstrak kiwi secara topikal dapat merawat masalah kulit seperti ketombe, rambut kering dan kasar. Hasilnya, rambut Anda akan menjadi lebih sehat, lembut, dan indah.

4. Membantu pencernaan Anda dengan enzim

Buah kiwi mengandung actinidain, enzim pelarut protein yang dapat membantu mencerna makanan seperti papain dalam pepaya atau bromelain pada nanas.

5. Membantu mengatur tekanan darah

Manfaat buah kiwi dapat membantu menjaga elektrolit menjadi seimbang dengan menangkal efek natrium, karena buah ini mengandung potassium yang begitu melimpah.

6. Melindungi dari kerusakan DNA

Sebuah studi oleh Collins, Horska, dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik antioksidan dalam buah kiwi membantu melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyarankan bahwa manfaat buah kiwi ini dapat membantu mencegah kanker.

7. Tingkatkan imunitas

Kandungan vitamin C yang tinggi dari buah kiwi bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Mendukung penurunan berat badan

Indeks glikemik rendah pada kiwi dan kandungan serat yang tinggi berarti tidak akan menciptakan dorongan insulin yang kuat seperti buah lain dengan kandungan gula tinggi — sehingga tubuh tidak akan merespons dengan menyimpan lemak.

9. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah kiwi adalah sumber serat yang bagus. Khasiat buah kiwi dapat mencegah sembelit dan masalah usus lainnya.

10. Membantu membersihkan racun dalam tubuh

Selain menyehatkan pencernaah Anda, derat pada buah kiwi membantu mengikat dan memindahkan racun dari saluran usus Anda.

11. Membantu melawan penyakit jantung

Makan dua hingga tiga buah kiwi sehari telah terbukti mengurangi potensi pembekuan darah hingga 18 persen dan mengurangi trigliserida hingga 15 persen. Banyak orang menggunakan aspirin untuk mengurangi pembekuan darah, tetapi ini menyebabkan banyak efek samping termasuk peradangan dan pendarahan usus. Manfaat buah kiwi sebagai anti-pembekuan yang sama tanpa efek samping, hanya manfaat kesehatan tambahan.

12. Kiwi cocok untuk penderita diabetes

Kiwi termasuk dalam kategori ‘rendah’ ??indeks glikemik, yang berarti tidak menaikkan gula darah Anda dengan cepat. Ini memiliki beban glikemik 4 yang berarti aman untuk penderita diabetes.

13. Melindungi terhadap degenerasi makula dan masalah mata lainnya

Degenerasi makula adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua. Sebuah penelitian pada lebih dari 110.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa makan 3 atau lebih porsi buah per hari menurunkan degenerasi makula sebesar 36 persen. Hal ini dianggap terkait dengan tingkat lutein dan zeaxanthin yang tinggi dari kiwi — keduanya adalah bahan kimia alami yang ditemukan di mata manusia. Meskipun buah dan sayuran dipelajari, efek yang sama tidak ditunjukkan untuk sayuran.

14. Menciptakan keseimbangan alkalin

Kiwi termasuk dalam kategori “paling alkalin” untuk buah-buahan, yang berarti ia memiliki pasokan mineral yang kaya untuk menggantikan kelebihan makanan yang bersifat asam yang dikonsumsi kebanyakan orang. Beberapa manfaat dari tubuh seimbang asam / alkali yang tepat adalah: kulit muda, tidur lebih nyenyak, energi fisik yang melimpah, lebih sedikit pilek, lebih sedikit radang sendi dan berkurangnya osteoporosis.

15. Kiwi rendah pestisida

Buah kiwi ada dalam daftar makanan yang umumnya aman dari banyak residu pestisida. Maka tak heran buah kiwi masuk 10 makanan paling aman di tahun 2016. Meskipun selalu baik untuk mendukung organik sebagai masalah prinsipal, juga baik untuk mengetahui apakah ada bahaya besar jika buah organik tidak tersedia atau tidak layak untuk Anda.

Nah, itulah 15 manfaat buah kiwi yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh Anda. Kini, buah kiwi sudah mudah ditemukan di supermarket hingga pasar tradisional. Mulai sekarang, jangan ragu menambahkan buah kiwi dalam menu makanan Anda, Teman Sehat!