20 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan Tubuh (Bisa Cegah Stroke)

manfaat-buah-kesemek-doktersehat

DokterSehat.Com – Semua setuju kalau buah adalah sumber nutrisi dan vitamin terbaik bagi tubuh. Mengonsumsi buah-buahan membuat tubuh kita senantiasa sehat dan bugar bebas penyakit. Salah satu buah yang kaya manfaat adalah kesemek. Lantas, apa itu buah kesemek? Apa manfaat buah kesemek? Simak informasinya berikut ini.

Apa itu Buah Kesemek?

Buah kesemek adalah jenis buah-buahan yang masuk ke dalam marga Diospyros. Buah kesemek memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Selain kesemek, buah ini juga dikenal dengan sebutan buah kaki, oriental persimmon, Japanese persimmon, dan apel Jawa oleh karena bentuknya yang mirip buah apel dan banyak tumbuh di area pulau Jawa.

Buah kesemek berwarna hijau saat muda, dan berubah menjadi oranye saat sudah matang. Kandungan tanin pada buah kesemek membuat buah ini memiliki rasa sepat saat masih muda, namun seiring dengan masaknya buah, kadar zat tanin akan berkurang sehingga rasa sepat tersebut ikut menghilang dan menjadi manis.

20 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan Tubuh

Diperkaya dengan vitamin dan sejumlah zat, kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah daftar manfaat buah kesemek bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kesemek mengandung 7,5 mg vitamin C untuk setiap 100 gram-nya. Hal ini menjadikan buah kesemek baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah kesemek dapat menghindari Anda dari penyakit-penyakit deperti flu, asma, hingga infeksi paru-paru.

2. Merawat Sistem Pencernaan

Kesemek adalah buah yang kaya akan serat. Adanya kandungan serat pada kesemek membuat buah satu ini baik untuk merawat fungsi sistem pencernaan dan mencegahnya dari gangguan pencernaan seperti diare, radang usus, dan sembelit.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Merawat kesehatan mata bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah kesemek secara rutin. Manfaat buah kesemek bagi kesehatan mata ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A di dalam buah tersebut.

Beberapa gangguan kesehatan mata yang bisa dicegah dengan makan buah kesemek antara lain kerusakan retina dan katarak.

4. Mengatasi Hipertensi

Manfaat buah kesemek juga bisa untuk mengatasi hipertensi, pun merawat kesehatan jantung. Ini dikarenakan kesemek mengandung mineral bernama kalium yang memang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B pada buah kesemek membuat buah satu ini baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan memiliki metabolisme yang baik, tubuh akan semakin berenergi dan organ tubuh dapat berfungsi optimal.

6. Menurunkan Berat Badan

Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Selain mengatur pola makan, Anda juga diharuskan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu yang bisa Anda makan adalah bah kesemek. Buah kesemek diklaim dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan lemak dalam buah kesemek hanya 0,19 gram. Selain itu, kesemek kaya akan serat yang mana mengonsumsinya akan memberikan efek kenyang yang lebih lama.

7. Mencegah Kanker

Siapa sangka, kesemek ternyata juga bisa mencegah penyakuit kronis seperti kanker. Manfaat buah kesemek untuk mencegah kanker dimungkinkan karena buah ‘genit’ ini mengandung zat antioksidan dan fitronutrien yang berfungsi untuk melawan radikal bebas sebagai pemicu tumbuhnya sel kanker.

8. Anti-Inflamasi

Kesemek mengandung senyawa kimia yang bernama phytochemicals yang bersifat anti-inflamasi dan anti-infeksi. Mengonsumsi buah kesemek secara rutin dapat melindungi Anda dari risiko infeksi penyakit.

9. Mengatasi Ambeien dan Wasir

Manfaat buah kesemek yang lainnya adalah untuk mengatasi ambeien dan wasir. Hal ini dikarenakan kesemek mengandung zat yang bersifat anti-haemorhoid yang fungsinya mengobati kedua jenis penyakit tersebut.

10. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Para penderita kekurangan darah (anemia) juga bisa mengonsumsi buah kesemek untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah (eritrosit). Manfaat buah kesemek yang satu ini tak lepas dari adanya kandungan tembaga yang berfungsi untuk menyerap zat besi, sehingga dapat bekerja optimal untuk memproduksi sel darah merah.

Baca Juga: 13 Manfaat Rambutan bagi Kesehatan

11. Menambah Stamina

Jika Anda akhir-akhir ini merasa kurang bertenaga, cobalah untuk mengonsumsi buah kesemek, entah secara langsung atau diolah menjadi jus kesemek. Buah kesemek disebut-sebut sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh semenjak buah ini mengandung vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

12. Merawat Fungsi Hati

Sebagai organ vital, hati harus dijaga fungsinya. Salah satu cara menjaga fungsi hati adalah dengan rutin mengonsumsi buah kesemek. Kesemek kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas.

Seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat merusak jaringan sel di dalam tubuh, termasuk sel-sel pada hati (liver).

13. Mencegah Penyakit Menular

Kandungan zat anti-inflamasi seperti polifenol, fitokimia, dan katekin menghasilkan manfaat kesemek lainnya, yakni mencegah tubuh rentan terserang infeksi penyakit menular.

14. Menurunkan Retensi Air

Efek diuretik pada buah kesemek diklaim mampu menurunkan sekaligus menghilangkan retensi air dan menambah volume urin yang keluar dari ginjal. Selain itu, buah kesemek juga mengandung kalium yang mana zat ini berfungsi untuk mencegah terbuangnya mineral esensial saat proses buang air kecil.

15. Mengobati Diabetes

Adanya serat yang terkandung dalam buah kesemek menjadikannya baik untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, serat pada buah kesemek juga mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga baik untuk para penderita diabetes (terutama diabetes tipe 2) yang sering dilanda rasa lapar.

16. Mengatasi Cegukan

Siapa yang tidak pernah mengalami kondisi cegukan? Biasanya cegukan terjadi selepas kita makan, namun tidak menutup kemungkinan cegukan terjadi secara tiba-tiba. Penyebab cegukan adalah adanya kontraksi yang terjadi pada diafragma. Nah, para ahli medis di Tiongkok percaya jika kesemek dapat membantu menghentikan cegukan ini.

17. Mengatasi Stres

Manfaat buah kesemek untuk mengatasi stres diperoleh dari kandungan gula dan potassium yang berfungsi meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, sehingga tubuh senantiasa penuh energi dan tidak mudah lelah yang mana keduanya menjadi salah satu pemicu timbulnya perasaan stres.

18. Membuat Awet Muda

Kesemek mengandung antioksidan yang juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya tetap terlihat awet muda. Di samping itu, kandungan vitamin C dan beta karoten pada buah kesemek diklaim membantu kulit agar tetap kencang, lembut, dan bercahaya.

19. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit kronis yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Slaah stau cara mencegah penyakit jantung adalah dengan rutin mengonsumsi buah kesemek. Manfaat buah kesemek bagi kesehatan jantung diperoleh dari zat antioksidan yang berfungsi untuk detoksifikasi racun, pun ditambah dengan serat yang berguna untuk memperlancar aliran darah ke area organ jantung.

20. Mencegah Stroke

Stroke adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah ke otak. Guna mencegah hal ini menimpa Anda, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah mengonsumsi kesemek. Bahkan, kesemek dpercaya mampu menurunkan risiko stroke sebanyak 50 persen.

Buah Kesemek Baik bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan Khasiatnya

Manfaat kesemek sangat banyak, namun banyak orang yang enggan mengonsumsinya karena rasanya yang tidak universal. Padahal, buah kesemek dapat dimodifikasi atau diolah sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang lezat dan bisa dinikmati.

Anda bisa mengolah buah kesemek menjadi jus yang dicampur dengan susu untuk menambah cita rasa lezatnya. Atau, campurkan saja buah kesemek di dalam komposisi kue tart buatan Anda. Jangan sampai Anda melewatkan khasiat buah kesemek hanya gara-gara tidak suka dengan rasanya, ya. Semoga bermanfaat!