Bukan Sembarang Tanaman Liar, Ini Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Tubuh!

manfaat-buah-kersen-doktersehat

DokterSehat.Com – Kersen adalah pohon yang tidak asing lagi di Indonesia. Tanaman ini mudah tumbuh di mana saja mulai dari di pekarangan, lahan liar, hingga di pinggir jalan. Buah kersen yang tumbuhnya tidak mengenal musim memiliki rasa khas yang manis. Selain daun kersen yang dipercaya untuk berbagai pengobatan, ternyata terdapat juga manfaat buah kersen untuk kesehatan.

Sekilas tentang Buah Kersen

Pohon kersen memiliki nama latin Muntingia Calabura. Kersen merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropis yang kini sudah dapat ditemuakan di hampur seluruh negara tropis. Buah kersen sering kali disebut sebagai ceri atau seri di beberapa daerah di Indonesia.

Sedangkan untuk nama lainnya, buah kersen juga sering disebut sebagai Jamaica Cherry, Strawberry tree, Panama Cherry, hingga Cotton Candy berry. Buah kersen memiliki tekstur yang lunak dan isinya berair. Isi buah memiliki rasa yang sangat manis dan mengandung ratusan biji kecil.

Pohon kersen dikenal sebagai pohon yang bisa tumbuh di mana saja, termasuk di kondisi tanah yang buruk. Pohon kersen juga tahan pada kondisi iklim yang kering, namun tidak toleran terhadap garam. Buah kersen sudah akan tumbuh sejak ukuran pohon kersen masih kecil dan setiap pohon akan terus memproduksi buah sepanjang tahun.

Manfaat Buah Kersen

Buah kersen sering kali dianggap sebagai tanaman liar yang tidak bernilai. Padahal selain untuk berteduh, bagian daun dan buah kersen juga memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah kersen yang wajib diketahui:

1. Mengatasi pilek dan flu

Manfaat buah kersen yang pertama adalah dapat membantu mengatasi pilek dan flu. Kondisi ini umumnya memang terjadi akibat dari sistem imun tubuh yang menurun. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin C dapat membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh.

Buah kersen memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan pilek dan flu. Kandungan vitamin C dalam buah kersen dapat membantu tubuh untuk menyingkirkan patogen yang menyerang tubuh dengan lebig efisien.

2. Mengontrol gula darah

Rasanya memang manis, tapi buah kersen aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Dilansir dari Medil Daily, sebuah studi yang diterbitkan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada tahun 2011, menemukan bahwa terdapat penurunan kadar gula dara yang signifikan setelah pemberian 500 mg ekstrak buah kersen.

Hal ini membuktikan bahwa buah kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat buah kersen selanjutnya adalah untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Masih dilansir dari Medical Daily, efek bauh kersen dipercaya sebanding dengan efek obat Omeprazole. Obat ini sering digunakan untuk mengatasi sakit perut, maag, hingga GERD.

Sebuah penelitian tahun 2012 yang diterbitkan oleh Clinical & Experimental Pharmacology menemukan bahan pemberiak ekstrak buah kersen sebelum pemberian etanol, dapat mengurangi pembentukan ulkus lambung.

Manfaat buah kersen satu ini dipercaya didapatkan karena sifat antiinflamasinya. Selain itu buah kersen juga dipercaya dapat menetralkan asam lambnung dan memberikan lapisan pelindung pada mukusa lambung.

4. Asam urat

Penyakit asam urat adalah konsidi peradangan yang diakibatkan terlalu banyaknya asam urat yang menumpuk dan mengkristal pada sendi. Kondisi inibisa menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan pembengkakan. Manfaat buah kersen adalah untuk mengatasi gejala tersebut.

Asam urat dapat kambuh akibat konsumsi makanan tertentu dan akiba kekurangan air. Sifat antiinflamasi dari kersen dipercaya dapat mengurangi endapat asam urat yang ada pada persendian.

5. Mengatasi infeksi bakteri

Infeksi bakteri dapat diatasi dengan penggunaan antibiotik. Dilansir dari Life Hack, kini semakin banyak bakteri yang bermutasi dan menjadi semakin kuat hingga tidak dapat dilawan oleh antibiotik yang diproduksi oleh ilmu kedokteran.

Penggunaan antibiotik secara berlebihan juga dapat memicu mutasi bakteri sehingga yang membuat bekteri semakin kuat dan resisten. Buah kersen memiliki aktivitas antibakteris seingga dapat menjadi antibiotik alami yang dapat mengatasi bakteri susu, difteri, sepsis, dan infeksi staph.

6. Sumber antioksidan

Tubuh mengalami proses oksidasi dan melepaskan radikal bebas. Jika dibiarkan, maka radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Maka dari itu, tubuh membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Sama seperti daunnya, buah kersen juga tinggi antioksidan, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Buah kersen memiliki kurang lebih 24 senyawa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal ini memandakan bahwa buah kersen memiliki merupakan buah yang kaya antioksidan.

7. Sumber nutrisi

Buah kersen memang sangat banyak ditemui sebagai tanaman liar di Indonesia. Hal ini yang membuat banyak orang tidak menyadari bahwa buah kersen memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Kandungan yang ada dalam buah ini meliputi serat, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin B, dan zat besi.

Buah kersen diperjualbelikan di beberapa negara. Sebagian juga mengolah buat kersen menjadi selain, jeli, atau bahkan menjadikannya bahan suplemen. Maka dari itu, jangan sia-siakan kehadiran buah kersen yang mungkin melimpah di sekitar Anda.

8. Menjaga kesehatan jantung

Daun dan buah kersen juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kersen memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung yang sehat. Jika aliran darah menuju jantung tidak lancar, jantung akan berpotensi mengalami kerusakan.

Konsumsi buah kersen dan the daun kersen dapat membantuk Anda untuk menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Itu dia berbagai manfaat buah kersen yang sangat luar biasa. Keberadaan buah kersen yang sangat banyak di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Konsumsilah buah kersen secara rutin, namun tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya. Selamat mecoba!