15 Manfaat Buah Kecapi bagi Kesehatan (No. 10 Terbaik)

manfaat-buah-kecapi-doktersehat

DokterSehat.Com – Kendati jarang mengkonsumsinya, nama buah kecapi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Ya, buah kecapi atau disebut juga sebagai buah sentul ini adalah salah satu buah yang memang sudah jarang ditemui. Padahal, buah kecapi adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lho. Lantas, apa saja manfaat buah kecapi bagi kesehatan tubuh?

Kandungan Nutrisi Buah Kecapi

Sama seperti jenis buah-buahan laiunnya, buah kecapi adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini tak lepas daridari fakta bahwa buah dengan nama latin Sandoricum koetjape ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya, sebut saja karbohidrat, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, dan vitamin C.

Manfaat Buah Kecapi bagi Kesehatan Tubuh

Buah kecapi yang merupakan buah asli Betawi ini memang kini sudah jarang ditemui. Masyarakat asli Betawi pun sudah jarang menanam buah berkulit keras (membukanya harus dibanting atau dijepit) ini.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa sama sekali menemukan buah ini. Buah kecapi masih bisa didapatkan di beberapa penjual buah. Jika nanti Anda sudah ‘berhasil’ menemukan penjual buah yang menjual buah kecapi, maka jangan ragu untuk membelinya. Pasalnya, buah ini memiliki sejumlah manfaat yang tak terduga, lho.

Berikut ini adalah manfaat buah kecapi bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh yang senantiasa sehat bebas penyakit pastilah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Dari sekian cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengkonsumsi buah kecapi adalah salah satunya. Manfaat buah kecapi yang satu ini dihasilakn oleh kandungan zat antioksidan dan vitamin C di dalamnya.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol di dalam tubuh terdiri dari 2 (dua), yait high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol ‘baik’, dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol ‘jahat’. Apabila HDL dibutuhkan oleh tubuh, maka yang terjadi pada LDL adalah sebaliknya.

Kolesterol ‘jahat’ atau LDL justru merupakan ‘musuh’ bagi tubuh, karena jenis kolesterol ini berpotensi menyebabkan penumpukan lemak yang berakibat pada tersumbatnya aliran darah, menghasilkan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung.

Manfaat buah kecapi untuk menurunkan kolesterol jahat ini nyatanya dihasilkan oleh kandungan serat dan senyawa yang disebut pektin.

3. Mengontrol Gula Darah

Buah kecapi memiliki rasa yang manis. Namun menariknya, buah kecapi memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini menjadikan buah kecapi aman untuk dikonsumsi mereka yang mengalami diabetes. Ditambah dengan kandungan serat yang tinggi, khasiat buah kecapi juga termasuk untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

4. Meminimalisir Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh rusaknya sel tubuh akibat serangan radikal bebas.

Mencegah kanker dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menerapkan pola hidup sehat hingga mengkonsumsi makanan bergizi. Buah kecapi adalah salah satu makanan pencegah kanker. Manfaat buah kecapi bagi kesehatan yang satu ini tak lepas dari kandungan zat antioksidan di dalamnya.

5. Menghindari Alzheimer

Adanya zat antioksidan pada buah kecapi juga lantas menghasilkan manfaat buah kecapi untuk menghindari penyakit fugsi otak seperti Alzheimer. Namun, hal ini juga harus diimbangi oleh gaya hidup yang sehat, karena penyakit Alzheimer juga sedikit banyak dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.

6. Menghindari Osteoporosis

Seperti yang sudah disebutkan di awal, buah kecapi diperkaya oleh kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut sangat baik untuk merawat kesehatan tulang dan menghindari tulang mengalami pengeroposan (osteoporosis).

Selain itu, kalsium dan fosfor juga efektif dalam merawat kesehatan gigi, termasuk menjaga enamel gigi agar tetap sehat.

7. Merawat Kesehatan Usus

Khasiat buah kecapi yang tak kalah hebat lainnya adalah, menjaga kesehatan fungsi usus dengan cara membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus. Konsumsi buah kecapi secara rutin, maka Anda akan terhindar dari berbagai penyakit gangguan usus.

8. Mengatasi Sembelit

Masih seputar manfaat buah kecapi bagi sistem pencernaan, kandungan serat pada buah kecapi juga efektif dalam mengatasi masalah susah buang air besar (BAB) yang mungkin banyak dari Anda sering mengalaminya.

Serat pada buah kecapi efektif untuk mengubah tekstur feses dari yang sebelumnya keras menjadi lunak, sehingga mudah untuk dikeluarkan.

9. Merawat Kesehatan Mulut

Mulut adalah bagian tubuh di mana bakteri banyak bersarang. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya agar jangan sampai bakteri terus berkembang dan berakibat pada gangguan mulut.

Selain rajin menggosok gigi, cara menjaga kesehatan mulut adalah dengan mengkonsumsi buah kecapi. Khasiat buah kecapi ini oleh karena buah kecapi dapat membantu meingkatkan produksi air liur, yang mana air liur berperan untuk mematikan bakteri yang ada di dalam mulut.

10. Menghindari Obesitas

Terutama untuk Anda kaum Hawa, sebisa mungkin ingin menghindari yang namanya obesitas. Faktanya, obesitas tak hanya mengurangi estetika tubuh, melainkan juga berdampak pada timbulnya penyakit seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), bahkan serangan jantung.

Manfaat buah kecapi juga termasuk mencegah Anda mengalami obesitas. Kandungan serat di dalamnya efektif untuk melancarkan pencernaan, sekaligus memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga pola makan terkontrol.

11. Mengobati Demam

Dari sekian cara mengobati demam, mengkonsumsi buah kecapi adalah salah satu solusi terbaik. Buah kecapi disebut-sebut dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat lebih banyak saat demam, sehingga suhu badan dapat turun.

12. Mencegah Penuaan Dini

Buah kecapi mengandung banyak vitamin C. Hal ini lantas menjadikan khasiat buah kecapi untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit yang ditandai oleh sejumlah hal seperti kerutan pada kulit dan flek hitam.

13. Mempertahankan Kekencangan Kulit

Selain mencegah penuaan dini, khasiat buah kecapi bagi kulit juga untuk mempertahankan kekencangan dan kekenyalan kulit. Lagi-lagi, ini karena kandungan vitamin C tinggi di dalamnya.

14. Membuat Kulit Tampak Cerah

Masih seputar manfaat kecapi bagi kulit, Anda juga bisa memanfaatkan buah satu ini untuk membuat kulit Anda tampak lebih cerah. Kecapi juga diklaim mampu mengatasi masalah kulit lainnya seperti kurap dan kudis.

15. Mengobati Alergi

Alergi adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menjadi sangat sensitif terhadap elemen-elemen asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti debu atau bahkan makanan.

Akibatnya, tubuh akan memunculkan reaksi alergi seperti timbul ruam kemerahan pada kulit, kulit gatal, atau batuk dan bersin.

Alergi tidak benar-benar bisa disembuhkan. Namun, gejalanya bisa diredakan. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah kecapi. Adanya kandungan zat asam pada kecapi ditengarai menjadi penghasil manfaat buah kecapi yang satu ini.

Itu dia manfaat buah kecapi bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Mengingat khasiat buah kecapi yang begitu besar, maka jangan lewatkan buah yang satu ini dari daftar buah untuk konsumsi sehari-hari. Semoga bermanfaat!