Terbit: 14 Agustus 2020 | Diperbarui: 19 Agustus 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Beragam manfaat buah jamblang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Ya, tahu jenis buah yang satu ini? Rasanya yang enak ternyata juga diiringi dengan manfaat kesehatan yang banyak. Untuk lebih jelasnya, simak informasi mengenai khasiat buah jamblang berikut ini!

15 Manfaat Buah Jamblang bagi Kesehatan Tubuh

Apa Itu Buah Jamblang?

Jamblang adalah nama untuk tanaman buah yang berasal dari famili Myrtaceae. Tanaman ini memiliki buah dengan nama yang sama yakni jamblang. Buah jamblang sendiri memiliki banyak nama seperti juwet, duwet, jambee kleng, jambu kolong, jamun, jaam, dan plum hitam (black plum).

Jambu? Ya, buah ini juga disebut sebagai jambu karena memang masih termasuk ke dalam suku jambu-jambuan. Buah jamblang yang memiliki nama ilmiah Syzygium cumini. Buah yang banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan seperti India dan Bangladesh tersebut diklaim memiliki manfaat penting bagi tubuh karena padanya, terkandung sejumlah zat seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Serat
  • Kalsium
  • Zat besi

Manfaat Buah Jamblang bagi Kesehatan Tubuh

Atas adanya kandungan zat-zat tersebut, apa saja yang manfaat yang bisa didapat dari buah jamblang ini? Berikut informasinya.

1. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi buah jamblang secara rutin disebut-sebut dapat memperlancar sistem pencernaan. Memperlancar sistem pencernaan yang dimaksud di sini adalah mengoptimalkan pergerakan usus dalam mencerna makanan. Dengan demikian, risiko untuk mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar (BAB) atau sembelit dapat diperkecil.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Tidak hanya menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga Anda terhindar dari penyakit pada saluran cerna, mengonsumsi jamblang juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan yang telanjur terjadi. Salah satu masalah pencernaan yang kemungkinan bisa diobati dengan buah ini adalah diare.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Khasiat buah jamblang selanjutnya yang tak kalah penting adalah dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mengatasi permasalahan yang terjadi di dalamnya. Buah ini dipercaya bagus untuk mengobati permasalahan pada gigi dan mulut seperti:

  • Radang gusi (gingivitis)
  • Perdarahan pada gusi
  • Bau mulut

Untuk mendapatkan manfaatnya yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi jamblang secara langsung atau bisa juga dengan cara dijadikan jus.

4. Mencegah Kanker

Siapa sangka, buah jamblang ternyata juga dapat mencegah penyakit kanker. Khasiat buah jamblang yang satu ini dikarenakan adanya kandungan senyawa antioksidan yaitu polifenol dan anthocyanin. Keduanya dianggap dapat membantu melawan radikal bebas yang menjadi pemicu utama tumbuh dan berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh.

5. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, buah jamblang adalah salah satu buah yang dapat dikonsumsi setiap hari. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, namun juga untuk membantu mengendalikan kadar gula darah.

Ya, buah jamblang diklaim dapat menjaga agar kadar gula darah tetap terkendali. Akan tetapi, alih-alih daging buahnya, yang justru menjadi ‘pemeran utama’ di sini adalah bijinya. Jadi, sebaiknya konsumsi buah ini bersama dengan biji guna mendapatkan manfaatnya.

6. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Selain membantu mengendalikan gula darah, manfaat biji buah jamblang adalah untuk mengendalikan tekanan darah. Ini dimungkinkan karena pada buah tersebut terkandung senyawa antioksidan bernama ellagic.

Dilansir dari NDTV Food, senyawa ellagic tersebut diklaim dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan tetap menjaganya agar tetap berada pada level normal. Akan tetapi, belum dapat diketahui secara pasti seberapa efektif buah ini dalam menurunkan tekanan darah.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, memasukkan buah jamblang ke dalam daftar menu sehat sehari-hari adalah keputusan yang tepat. Ya, buah ini juga dianggap efektif membantu menurunkan sekaligus mempertahankan berat badan ideal.

Khasiat buah jamblang yang satu ini dikarenakan adanya kandungan serat. Asupan serat ke dalam tubuh akan menghasilkan efek kenyang yang lebih lama sehingga frekuensi makan Anda jadi lebih terkendali.

8. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah jamblang diperkaya dengan vitamin A. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah ini akan membuat Anda memperoleh manfaat dari vitamin tersebut.

Salah satu dari manfaat vitamin A pada jamblang adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, vitamin A berperan penting dalam mengoptimalkan produksi sel darah putih sebagai ‘garda’ terdepan tubuh terhadap serangan penyakit.

9. Merawat Kesehatan Kulit

Jenis vitamin lainnya yang terkandung di dalam buah jamblang adalah vitamin C. Maka dari itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat vitamin C dengan mengonsumsi buah ini.

Salah satu manfaat vitamin C yang dimaksud adalah merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Menurut penelitian, vitamin C berfungsi untuk merawat sel-sel kulit sehingga tidak cepat mengalami kerusakan yang berujung pada kondisi penuaan dini. Selain itu, vitamin ini juga membuat kulit tidak tampak kering.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan fungsi jantung adalah manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari buah ini. Pada jamblang terkandung potasium. Mineral yang satu ini salah satu fungsinya adalah merawat organ pemompa darah tersebut, termasuk menjaga agar pembuluh arteri tidak mengalami pengerasan yang bisa berdampak negatif terhadap jantung.

11. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengonsumsi jamblang selama kehamilan berlangsung. Manfaat buah jamblang untuk ibu hamil selain membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, juga menjaga agar kadar darah tetap normal.

Hal ini dikarenakan pada jamblang terkandung mineral berupa zat besi. Mineral ini memang fungsi utamanya adalah membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan darah saat hamil mengalami peningkatan. Ibu hamil tidak boleh sampai kekurangan darah karena dapat membahayakan dirinya maupun janin yang tengah dikandung.

12. Membantu Tumbuh Kembang Janin

Tidak hanya agar produksi darah tetap berjalan secara optimal, alasan mengapa buah jamblang baik untuk ibu hamil adalah karena pada buah tersebut terkandung vitamin B kompleks seperti vitamin B1 dan B3. Vitamin B berfungsi untuk membantu tumbuh kembang janin, khususnya organ otak.

Selain itu, vitamin B juga dapat mencegah bayi lahir cacat. Vitamin ini juga berguna untuk menambah tenaga bagi ibu hamil maupun setelah melahirkan.

13. Menjaga Kesehatan Mata

Kembali lagi ke kandungan vitamin A yang dimiliki buah jamblang, khasiat lainnya yang bisa didapat adalah menjaga kesehatan mata. Seperti yang kita ketahui, vitamin A adalah vitamin yang identik dengan organ penglihatan tersebut.

Mengonsumsi buah jamblang secara rutin dipercaya dapat membuat mata Anda tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, buah ini juga bisa meminimalisir risiko gangguan kesehatan mata seperti degenerasi makula.

14. Menurunkan Kolesterol

Kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’ yang terlalu tinggi tentu tidak bisa dibiarkan karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular yakni jantung dan stroke. Salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi buah jamblang.

Khasiat jamblang yang satu ini dihasilkan oleh vitamin C. Dilansir dari WebMD, orang-orang yang kebutuhan vitamin C-nya terpenuhi memiliki kadar kolesterol yang normal.

15. Merawat Kesehatan Tulang

Manfaat jamblang yang terakhir adalah merawat kesehatan tulang. Adanya khasiat ini dikarenakan pada buah tersebut terkandung mineral kalsium. Mineral ini sudah terbukti dapat membentuk tulang yang kuat sekaligus menjaganya dari masalah-masalah kesehatan seperti osteoporosis dan sebagainya.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Gandaria bagi Kesehatan

Itu dia informasi mengenai manfaat buah jamblang yang perlu Anda ketahui. Mungkin masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari buah berwarna hitam ini. Namun perlu diperhatikan, klaim manfaat-manfaat tersebut ada yang sifatnya masih belum pasti dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan kebenarannya.

Anda juga tidak bisa mengandalkan buah ini sepenuhnya untuk membuat tubuh senantiasa sehat. Alih-alih demikian, yang harus dilakukan adalah mengimbanginya dengan mengonsumsi buah dan makanan bergizi lainnya, pun menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter seputar nutrisi dan gizi yang harus Anda penuhi sehari-hari. Semoga bermanfaat!

 

  1. Cronkleton, E. 2019. Why Is Vitamin B Complex Important, and Where Do I Get It? https://www.healthline.com/health/food-nutrition/vitamin-b-complex#recommended-daily-intake (diakses pada 14 Agustus 2020)
  2. Grover, N. 2019. 5 Health Benefits Of Jamun Seeds: You Won’t Throw Away The Seeds After Reading This. https://food.ndtv.com/food-drinks/5-health-benefits-of-jamun-seeds-you-wont-throw-away-the-seeds-after-reading-this-2140867 (diakses pada 14 Agustus 2020)
  3. Khosla, S. 2018. Jamuns For Summer: 5 Unbeatable Reasons To Add Black Plums To Your Diet. https://food.ndtv.com/food-drinks/jamuns-for-summer-5-unbeatable-reasons-to-add-black-plums-to-your-diet-1829845 (diakses pada 14 Agustus 2020)
  4. Newman, T. 2020. Benefits and sources of calcium. https://www.medicalnewstoday.com/articles/248958#why-we-need-calcium (diakses pada 14 Agustus 2020)
  5. Nordqvist, J. 2017. Vitamin C: Why is it important? https://www.medicalnewstoday.com/articles/219352 (diakses pada 14 Agustus 2020)
  6. Ware, M. 2018. Everything you need to know about iron. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287228#benefits (diakses pada 14 Agustus 2020)
  7. West, A. 2018. 6 Health Benefits of Vitamin A, Backed by Science. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-a-benefits#section1 (diakses pada 14 Agustus 2020)
  8. Zelman, K. The Benefits of Vitamin C. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c#1 (diakses pada 14 Agustus 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi