Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal kesehatan kulit, Anda dapat mendapatkan hal tersebut dengan memanfaatkan sejumlah bahan-bahan alami. Salah satunya adalah buah Hala atau yang juga dikenal dengan nama latin Pandanus Tectorius.

Manfaat Buah Hala untuk Kesehatan Kulit

Tanaman satu ini biasa ditemukan di semenanjung yang tersebar di wilayah Malaysia, Australia dan Hawai. Bahkan karena banyaknya tumbuhan ini di Hawai, buah Hala juga dikenal sebagai Tahitian Screwpine. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjajal khasiat dari buah Hala dapat menilik penjelasan singkat berikut.

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Mengonsumsi buah Hala ternyata dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Apalagi buah Hala dilengkapi dengan kandungan beta-karoten yang cukup tinggi. Sebagai tambahan informasi, beta-karoten merupakan salah satu zat aktif yang berperan penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama dari radiasi sinar UV.

Sinar UV sendiri merupakan salah satu penyebab umum dari radikal bebas yang kerap menjadikan kulit mengalami hiperpigmentasi dan penuaan. Tidak heran jika mengonsumsi buah Hala atau pun menggunakannya sebagai perawatan kulit dapat melindungi kulit dan menjaganya tetap cerah.

2. Menjaga Kulit Terhindar dari Sejumlah Masalah

Dilansir dari laman kesehatan Dr. Health Benefits, buah Hala ternyata juga berperan penting dalam membersihkan serta melancarkan peredaran darah. Tentu saja hal tersebut memberikan keuntungan tersendiri. Apalagi sejumlah penyakit kulit kerap disebabkan oleh kondisi darah yang kotor dan penuh zat toksin atau kurang asupan oksigen.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Peredaran darah yang lebih lancar dan lebih bersih akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Anda pun akan terhindar dari sejumlah masalah seperti jerawat atau pun breakout.

3. Mencegah Keriput

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, buah Hala juga dilengkapi dengan beta-karoten atau yang juga dikenal dengan vitamin A. Vitamin A sendiri merupakan salah satu vitamin yang memegang peranan penting dalam menstimulasi proses rejuvenasi sel-sel kulit.

Tidak heran jika mengonsumsi atau menggunakan buah Hala secara rutin akan menjadikan kulit tampak lebih cerah. Lebih lanjut, kandungan antioksidan pada vitamin A juga menjaga kekencangan kulit serta membantu memudarkan garis-garis halus.

Kendati buah Hala tergolong sebagai bahan alami yang berkhasiat, rupanya Anda tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, buah Hala dapat menyebabkan diare jika dikonsumsi terlalu banyak. Tidak hanya itu saja, Anda yang memiliki riwayat alergi juga dianjurkan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi buah Hala.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi