Terbit: 6 Mei 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Rasanya yang asam sekaligus manis menjadikan gandaria sebagai salah satu buah yang enak dan banyak manfaat. Apa saja manfaat buah gandaria bagi kesehatan? Simak informasinya berikut ini, yuk!

11 Manfaat Buah Gandaria bagi Kesehatan (Bumil Baca, Yuk!)

Gandaria dan Kandungan Nutrisinya

Gandaria adalah buah yang masih satu ‘keluarga’ dengan buah mangga. Buah yang memiliki nama latin Bouea macrophylla ini banyak tumbuh di wilayah Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. Gandaria—dalam budaya Minangkabau disebut dandoriah—berbentuk bulat dengan diameter sekitar 2-5 cm. Buah ini berwarna hijau ketika masih mudah dan berubah menjadi kekuningan saat sudah matang.

Di balik rasanya yang enak dan segar, gandaria menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya yang meliputi:

  • Kalori (53 kal)
  • Air (86,6 gram)
  • Karbohidrat total (11,3 gram)
  • Serat (1,5 gram)
  • Protein (0,4 gram)
  • Kalsium (9 mg)
  • Fosfor (4 mg)
  • Zat besi (0,9 mg)
  • Vitamin A (3 gram)
  • Thiamin (0,11 mg)
  • Niacin (0,5 gram)
  • Riboflavin (0,05 mg)
  • Vitamin C (100 mg)
  • Beta karoten (23 mg)

*informasi nilai gizi di atas untuk takaran 100 gram

Manfaat Buah Gandaria bagi Kesehatan

Memasukkan gandaria ke dalam daftar menu sehat sehari-hari Anda adalah keputusan yang tepat jika ingin tubuh Anda senantiasa sehat. Berikut ini adalah manfaat buah gandaria yang perlu diketahui!

1. Merawat Kesehatan Mata

Khasiat buah gandaria yang pertama adalah untuk merawat kesehatan mata.

Ya, mengonsumsi buah ini secara rutin diklaim dapat membuat mata Anda senantiasa berfungsi dengan baik dan mencegahnya dari risiko sejumlah jenis penyakit.

Pasalnya, gandaria diperkaya oleh vitamin A. Menurut penelitian, vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga organ penglihatan yang satu ini senantiasa sehat. Kekurangan (defisiensi) vitamin A pun dikaitkan dengan beberapa masalah seperti nyctalopia dan degenerasi makular.

2. Merawat Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah gandaria selanjutnya adalah bisa merawat kesehatan sistem pencernaan, sehingga sistem pencernaan ini dapat berfungsi secara optimal dan tidak mudah mengalami gangguan.

Adalah serat, salah satu jenis karbohidrat, yang menghasilkan khasiat gandaria yang satu ini. Serat sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan, terutama agar bisa terhindar dari gangguan seperti susah buang air besar (BAB) alias sembelit yang kerap dialami banyak orang, mungkin termasuk Anda salah satunya.

3. Merawat Kesehatan Kulit

Adanya vitamin C di dalam gandaria lantas menjadikan buah ini juga memiliki manfaat terkait kesehatan kulit tubuh.

Mengonsumsi buah gandaria secara rutin diklaim dapat membuat kulit tubuh Anda senantiasa terawat dan terbebas dari masalah penuaan dini yang ditandai oleh sejumlah ciri seperti flek hitam, keriput atau kerutan pada wajah, dan kulit kering.

Menurut penelitian yang dirilis oleh American Journal of Clinical Nutrition—dilansir dari WebMD—mereka yang mengonsumsi vitamin C memiliki kualitas kulit yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Masih seputar kandungan vitamin C yang dimilikinya, manfaat buah gandaria yang juga tak kalah penting adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit seperti flu dan sebagainya.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih (limfosit dan fagosit) yang mana sel darah putih ini merupakan “benteng” tubuh terhadap serangan penyakit. Lebih lanjut, vitamin ini juga berfungsi memperkuat imun tubuh ketika sedang menjalankan ‘tugasnya’ yakni memerangi penyakit, termasuk serangan radikal bebas.

5. Memperlancar Peredaran Darah

Kandungan air yang cukup melimpah menghasilkan manfaat buah gandaria yakni membantu darah mengalir lebih lancar.

Ya, air memang menjadi elemen yang dibutuhkan oleh darah agar darah tidak terlalu kental dan bisa lebih mudah mengalir ke seluruh tubuh. Alhasil, risiko terjadinya masalah seperti tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa diminimalisir.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan

6. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Gandaria juga diperkaya oleh kandungan mineral, salah satunya zat besi. Adanya zat besi ini menghasilkan manfaat buah gandaria untuk ibu hamil, termasuk untuk janin yang sedang dikandung olehnya.

Saat hamil, ibu memerlukan banyak darah yang bertujuan untuk suplai oksigen dan nutrisi penting bagi dirinya dan juga janin. Nah, zat besi adalah mineral yang memiliki fungsi utama yakni membantu produksi sel darah merah. Dengan mencukupi kebutuhan zat besi, diharapkan produksi darah berjalan optimal dan suplai nutrisi ke janin lancar.

Defisiensi zat besi pada ibu hamil harus dihindari karena kondisi ini bisa berakibat buruk, seperti meningkatnya risiko bayi terlahir secara prematur. Selain itu, ibu hamil yang kekurangan zat besi lebih rentan terserang penyakit karena daya tahan tubuh yang lemah.

7. Meminimalisir Risiko Stroke

Stroke adalah penyakit kardiovaskular yang sudah memakan banyak korban jiwa. Salah satu cara untuk mencegah penyakit mematikan ini menyerang diri Anda adalah dengan mengonsumsi buah gandaria.

Manfaat yang satu ini lagi-lagi dihasilkan oleh vitamin C. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi vitamin C dapat meminimalisir risiko stroke di kemudian hari.

Kendati klaim ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetap tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsinya agar tubuh senantiasa sehat.

8. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Selain stroke, penyakit kardiovaskular berbahaya lainnya yang bisa diminimalisir risikonya adalah penyakit jantung.

Khasiat gandaria yang satu ini juga masih dihasilkan oleh vitamin C yang terkandung di dalamnya. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi vitamin C memiliki risiko penyakit jantung 25 persen lebih kecil ketimbang mereka yang jarang mengonsumsi vitamin ini

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Gandaria juga menjadi buah yang sudah sepatutnya dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

Kandungan serat di dalam buah gandaria mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga frekuensi makan Anda dapat ditekan yang mana akan berdampak pada terkendalinya berat badan.

10. Mencegah Kanker

Pada gandaria terkandung beta-karoten yang merupakan salah satu elemen vitamin A.

Beta-karoten ini menurut penelitian efektif menurunkan risiko kanker seperti kanker kelenjar getah bening, kanker paru-paru, kanker serviks, dan kanker kandung kemih.

11. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Terakhir dari daftar khasiat buah gandaria adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Hal ini tak lain karena buah ini juga mengandung mineral kalsium. Kalsium adalah zat yang memiliki fungsi utama membantu pembentukan tulang dan gigi sekaligus menjaganya agar tetap sehat dan kuat sehingga risiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis dapat diminimalisir.

Itu dia informasi mengenai buah gandaria dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui. Manfaat-manfaat di atas memang belum terkonfirmasi sepenuhnya. Oleh sebab itu, jangan hanya mengandalkan buah ini sebagai sumber nutrisi tubuh. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi mengenai efektivitas gandaria dalam menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

 

Y

  1. Arifin, E. 2017.15 Health Benefits of Gandaria Fruit (#1 Surprising) 
    https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-gandaria (Diakses pada 6 Februari 2020)
  2. Anonim. Mango Plum Fruit. https://www.huffingtonpost.co.uk/2015/04/04/mango-plum-fruit-to-go-on-sale-in-uk_n_6998830.html?guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAAL4d6sHuGYTuceRDJJqDD-hhhMRlyxqrJCUSDJAy28HsMLmnIcphSu5b2N0kIEU1kFqdTMaWZuiHzM5gNN_94BK3pSsXDFnxIx0k4MyNtBfGTVr_zcol8BlhuMfTswuDdANMuTwRcWt7RrnmX5voxovDrHZBWixUtE4bVpz_tMK9&guccounter=1 (Diakses pada 6 Februari 2020)
  3. Raman, R. 2018. 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits (Diakses pada 6 Februari 2020)
  4. Ware, M. 2018. Everything you need to know about iron. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287228.php#recommended-intake (Diakses pada 6 Februari 2020)
  5. West, A. 2018. 6 Health Benefits of Vitamin A, Backed by Science. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-a-benefits (Diakses pada 6 Februari 2020)
  6. Zelman, K. The Benefits of Vitamin C. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c#1 (Diakses pada 6 Februari 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi