Terbit: 29 April 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Memiliki aroma yang menyengat, ternyata ada banyak manfaat durian bagi kesehatan. Banyak yang tidak tahu kalau khasiat buah durian ternyata bisa menjaga kesehatan jantung, tekanan darah, dan mengurangi risiko kanker. Ketahui selengkapnya!

15 Manfaat Durian, Cegah Anemia dan Risiko Kanker!

Kandungan Durian

Selain memiliki aroma yang kuat dibanding buah lainnya, buah durian juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding buah lainnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada di dalam durian, antara lain:

  • Kalori
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Tiamin
  • Mangan
  • Vitamin B6
  • Kalium
  • Riboflavin
  • Tembaga
  • Folat
  • Magnesium
  • Niasin

Selain beberapa kandungan nutrisi seperti di atas, durian juga kaya akan antosianin, karotenoid, polifenol, dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Manfaat Durian untuk Kesehatan

Meski tidak semua orang merasa nyaman saat menghirup aroma durian, sebagian lainnya yang justru senang dengan aromanya. Alasan inilah yang membuat buah yang memiliki sebutan ‘Raja Buah’ ini menjadi kontroversial. Dibalik kontroversialnya, faktanya buah memiliki berbagai khasiat bagi tubuh.

Berikut ini adalah berbagai manfaat durian yang bisa didapatkan tubuh, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat durian yang pertama adalah membantu meningkatkan proses pencernaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Bioinformation mengungkapkan, durian mengandung serat makanan dalam kadar tinggi, hal itu menjadikan buah ini penting dalam menjaga fungsi beberapa sistem di dalam tubuh, terutama sistem pencernaan.

Jika beberapa faktor seperti sembelit, penyumbatan usus, perut kembung, mulas, dan kram perut dapat berkurang maka gangguan yang terkait sistem pencernaan dapat dikurangi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah durian berikutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Seperti penjelasan sebelumnya, khasiat yang didapatkan tubuh ini terkait dengan kandungan serat yang ada di dalamnya. Serat membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dengan membuang kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDLdari tubuh.

3. Menjaga Tekanan Darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa konsumsi buah durian tidak memengaruhi tingkat tekanan darah dan denyut jantung. Durian kaya akan kalium, sementara kalium sendiri adalah bagian integral dari keseimbangan garam dan cairan di seluruh sel tubuh. Tinggi rendahnya kalium menentukan tekanan darah di dalam tubuh

Ketika jumlah kalium di tubuh dalam kadar yang cukup maka pembuluh darah akan rileks. Pada akhirnya, kondisi ini akan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, mencegah serangan jantung, dan mencegah terjadinya stroke.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah durian berikut ini jarang disadari oleh banyak orang adalah kemampuannya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Sifat antioksidannya yang berasal dari vitamin dan senyawa kimia organik secara aktif mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh.

Saat kemampuan tubuh untuk menghilangkan radikal bebas meningkat, maka hal itu akan menunda munculnya keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, kerontokan rambut, gigi longgar, radang sendi, dan penyakit jantung.

5. Mengatasi Insomnia

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Medicine, manfaat durian ternyata bisa membantu mengatasi masalah insomnia. Triptofan adalah asam amino organik yang umumnya dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur. Buah durian sendiri mengandung somniferous amino acid yang sama.

Jika Anda menderita insomnia, pertimbangkan untuk mencoba beberapa potong durian sebelum tidur dan lihat apakah metode ini bermanfaat bagi Anda.

6. Mengatasi Disfungsi Seksual

Beberapa penelitian mengungkapkan, manfaat durian ternyata bisa bertindak sebagai afrodisiak, zat kimia yang berguna untuk meningkatkan gairah seksual. Buah ini dipercaya meningkatkan libido dan stamina seksual, namun khasiat buah ini belum divalidasi secara ilmiah.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Durian merupakan sumber magnesium, potasium, mangan, dan tembaga yang semuanya memainkan peran integral dalam mempertahankan kekuatan dan daya tahan tulang. Potasium juga meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi oleh sel, sehingga memaksimalkan banyak mineral bermanfaat yang dikonsumsi tubuh. Bahkan, beberapa kandungan mineral esensial tersebut juga dipercaya membantu mencegah perkembangan osteoporosis.

8. Mengatasi Anemia

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan mendapatkan manfaat durian.

Asam folat yang tinggi di dalam buah durian adalah komponen penting dalam produksi sel darah merah. Selain itu, durian juga merupakan sumber zat besi dan tembaga, dua komponen penting lain dari sel darah merah.

Setelah produksi sel darah merah kembali normal, gejala anemia seperti gangguan pencernaan, migrain, kelelahan, kecemasan, dan gangguan kognitif dapat berkurang.

9. Mendukung Kehamilan yang Sehat

Meski tidak diketahui dengan pasti dampak konsumsi durian selama kehamilan, beberapa pakar menyarankan untuk menghindarinya. Namun, perlu diketahui juga bahwa durian mengandung vitamin B esensial yaitu folat. Folat adalah komponen penting untuk mendukung perkembangan janin.

10. Mencegah Nyeri Sendi

Manfaat buah durian lainnya seperti halnya manfaat buah jeruk. Hal itu disebabkan karena durian mengandung vitamin C yang tinggi. Gejala kekurangan vitamin C adalah nyeri sendi karena vitamin C merupakan prekursor untuk sintesis kolagen. Mendapatkan asupan vitamin C yang cukup melalui makanan adalah cara aman untuk mencegah nyeri sendi.

11. Mencegah Defisiensi Nutrisi pada Lansia

Seorang lansia berisiko lebih tinggi untuk mengalami penurunan berat badan dan defisiensi nutrisi karena beberapa faktor, antara lain: malabsorpsi, nafsu makan berkurang, dan akses terbatas untuk mendapatkan makanan. Durian kaya akan nutrisi makro dan mikro. Ini adalah makanan padat energi yang menyediakan vitamin kunci seperti tiamin (yang mungkin terkait dengan Alzheimer).

Dengan menawarkan berbagai nutrisi dalam satu makanan, durian membantu menambah asupan nutrisi bagi lansia yang kemampuan makannya terbatas.

12. Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan yang terdapat di dalam durian dapat menetralisir radikal bebas yang mempromosikan kanker. Menurut sebuah penelitian, ekstrak durian mencegah penyebaran sel kanker payudara. Selain kanker, radikal bebas dikaitkan dengan aterosklerosis, Parkinson, dan lain-lain.

13. Mencegah Infeksi

Infeksi disebabkan karena adanya serangan bakteri, virus, atau parasit dari luar tubuh. Kondisi ini bisa terjadi pada satu area atau seluruh bagian tubuh. Agar infeksi tidak terjadi, salah satu cara alami yang bisa dilakukan adalah mendapatkan manfaat durian. Durian mengandung senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan antiragi.

14. Demam

Demam adalah pertahanan alami tubuh terhadap serangan infeksi. Agar kondisi ini tidak terjadi, maka konsumsi durian adalah pilihan yang tepat. Demam terjadi saat respons imun tubuh dipicu oleh pirogen (zat penghasil demam).

Pada umumnya pirogen berasal dari sumber di luar tubuh, namun saat kondisi ini terjadi tubuh juga dapat merangsang produksi produksi pirogen.

15. Tambahan Energi

Manfaat durian terakhir yang bisa didapatkan tubuh adalah karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Durian bisa membantu mengembalikan tingkat energi dengan cepat (pada individu yang sehat). Kandungan kalium yang tinggi dari buah ini juga dapat membantu mengurangi kelelahan, menghilangkan stres, dan kecemasan mental.

Nah, itulah berbagai manfaat buah durian untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

 

  1. Staughton, John. 2020. Top 8 Health Benefits Of Durian. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-durian.html. (Diakses pada 29 April 2020).
  2. Frey, Malia. 2020. Durian Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/durian-fruit-nutrition-facts-4588715. (Diakses pada 29 April 2020).
  3. Jennings, Kerri-Ann. 2019. Durian Fruit: Smelly but Incredibly Nutritious. https://www.healthline.com/nutrition/durian-fruit. (Diakses pada 29 April 2020).
  4. ???Anonim. Durians: 8 Myths and Facts About the King of Fruits. https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/durian-myths-facts-king-fruits. (Diakses pada 29 April 2020).
  5. Anonim. Durian. https://www.medicinenet.com/durian/supplements-vitamins.htm. (Diakses pada 29 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi