10 Manfaat Buah Cermai (No. 8 Pria Harus Tahu)

manfaat-buah-cermai-doktersehat

DokterSehat.Com – Satu lagi buah-buahan yang mungkin namanya masih cukup asing di telinga, padahal manfaatnya juga tak kalah banyak dan besar seperti buah-buahan lainnya yang lebih populer. Ya, adalah cermai. Buah berwarna hijau ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin sehingga menghasilkan manfaat buah cermai untuk menjaga kesehatan, pun mengatasi sejumlah penyakit. Lantas, apa saja khasiat buah cermai?

Kandungan Nutrisi Buah Cermai

Buah cermai yang memiliki nama latin Phyllanthus Acidos adalah buah yang termasuk ke dalam golongan buah beri. Buah ini berbentuk bulat berwarna hijau terang, dan memiliki rasa yang asam. Dahulu, cermai lazim diolah menjadi manisan buah, namun kini untuk menemukan buah tersebut saja bisa dikatakan sulit karena jarang yang menjualnya.

Padahal, buah cermai adalah buah yang secara manfaat tak kalah besar jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Manfaat buah cermai tersebut tidak lepas dari kandungan sejumlah zat di dalamnya, seperti:

  • Zat besi
  • Seng
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Polifenol
  • Tannin
  • Riboflavin
  • Thiamin
  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin C

Zat-zat tersebut memiliki fungsinya masing-masing, mulai dari antioksidan, anti-inflamasi, hingga anti-bakteri. Oleh sebab itu, Anda sangat dianjurkan untuk turut mengonsumsi buah cermai demi tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Manfaat Buah Cermai yang Jarang Diketahui

Apa saja sih yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsi buah cermai secara rutin? Berikut ini adalah daftar manfaat buah cermai yang perlu diketahui.

1. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol, khususnya kolesterol ‘jahat’ atau lemak LDL, adalah salah satu musuh utama bagi tubuh. Bagaimna tidak? Kolesterol jenis inilah yang menjadi pemicu munculnya penyakit-penyakit serius seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, dan jantung.

Kolesterol ‘jahat’ dihasilkan dari sejumlah jenis makanan, utamanya yang mengandung lemak atau minyak. Guna mencegah agar kadar kolesterol ini tidak menumpuk di dalam tubuh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah cermai.

Manfaat buah cermai dalam menurunkan kadar kolesterol ini dikarenakan adanya kandungan zat antioksidan, yang mana senyawa tersebut bertugas untuk menghalau proses oksidasi dari kolesterol ‘jahat’. Pun, antioksidan mencegah terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah arteri (aterosklerosis) yang bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

2. Merawat Sistem Pencernaan

Mengonsumsi buah cermai secara rutin juga bisa menyehatkan sistem pencernaan Anda sehingga dapat meminimalisir risiko gangguan sistem pencernaan seperti konstipasi (sembelit), diare, radang usus, dan sebagainya.

Khasiat buah cermai yang satu ini tidak lepas dari kandungan serat di dalamnya. Sebagaimana diketahui, gangguan pada sistem pencernaan identik dengan kurangnya asupan serat ke dalam tubuh. Oleh karena itu, cukupi asupan serat harian Anda dengan mengonsumsi buah cermai salah satunya.

3. Mengobati Diabetes

Bagi para penderita penyakit gula darah (diabetes), mengonsumsi buah cermai juga disarankan guna menjaga agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil.

Manfaat buah cermai yang satu ini dihasilkan oleh senyawa mineral bernama kromium, yang mana kromium ini berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin sehingga penyerapan glukosa menjadi lebih terkontrol.

Di India, penggunaan buah cermai sebagai salah satu pengobatan alternatif untuk mengobati diabetes sudah lazim, karena terbukti efektif.

4. Diuretik

Manfaat buah cermai lainnya yang tak kalah penting adalah, ia dapat berfungsi sebagai diuretik, yaitu merangsang tubuh agar dapat menyerap lebih banyak cairan dan memperlancar proses pembuangannya melalui urin. Dengan begitu, racun-racun yang ada di dalam tubuh tidak menumpuk yang mana hal ini tentu membahayakan.

Khasiat buah cermai tersebut bahkan sudah diamini oleh para praktisi medis melalui esai berjudul “Phytochemical and Toxidity of Amla” yang dirilis oleh International Research Journal of Pharmacy tahun 2011. Disebutkan dalam penelitian tersebut bahwasanya buah cermai atau gooseberry efektif untuk mempercepat proses pembuangan racun sisa makanan, asam urat, hingga bakteri pada organ hati (liver) dan juga ginjal.

5. Mengobati Infeksi

Vitamin C yang terkandung di dalam buah cermai menjadikan buah ini efektif untuk membasmi bakteri atau virus yang hendak menginfeksi tubuh. Asam laktatnya juga memiliki sifat anti-bakteri sehingga mampu memaksimalkan manfaat buah cermai yang satu ini.

Lagi, khasiat buah cermai untuk mengobati infeksi sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dirilis oleh International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences pada tahun 2010 dengan judul “Antibacterial Potential of Some Herbal Preparation”. Dikatakan dalam studi tersebut jika cermai adalah salah satu buah terbaik untuk mengatasi infeksi.

6. Menjaga Berat Badan Tubuh

Buah cermai termasuk ke dalam buah dengan kandungan kalori yang rendah, yakni hanya sekitar 44 kalori untuk setiap 100 gram-nya. Selain itu, buah ini kaya akan serat sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang kini tengah menjalani program diet menurunkan berat badan.

Serat menghasilkan efek kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, Anda jadi tidak mudah lapar sehingga berat badan tetap terjaga.

7. Mencegah Kanker

Mencegah terjadinya kanker dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti mengonsumsi buah cermai salah satunya. Manfaat buah cermai untuk mencegah kanker dikarenakan buah ini kaya akan zat antioksidan, yang mana antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Akan tetapi, khasiat buah cermai dalam mencegah kanker belum bisa dikatakan kuat mengingat masih sedikitnya penelitian yang dilakukan.

8. Meningkatkan Kesuburan

Khusus bagi Anda kaum pria, buah cermai ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan Anda, lho.

Kandungan nutrisi dan vitamin pada buah cermai digadang-gadang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, baik dari segi pergerakan sperma (motilitas), jumlah sperma sehat, dan sebagainya. Jadi, bagi Anda yang kini tengah berencana memiliki anak, rajin-rajinlah mengonsumsi buah cermai agar mempercepat terjadinya kehamilan.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Ingin kulit Anda senantiasa sehat dan terhindar dari pelbagai masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini? Maka buah cermai adalah salah satu solusi ampuh untuk mewujudkan hal tersebut.

Buah cermai kaya akan vitamin C dan senyawa lainnya yang bersifat antioksidan. Hal ini penting oleh karena salah satu penyebab utama terjadinya masalah kulit adalah rusaknya sel-sel kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Masyarakat India sudah sejak lama memercayai buah cermai sebagai tonik rambut alami yang efektif untuk menjaga kesehatan rambut mereka. Buah cermai kerap diolah menjadi minyak rambut dan digunakan untuk merawat rambut, pun mengatasi sejumlah masalah rambut seperti rambut rontok dan sebagainya.

Kandungan di dalam buah cermai disebut-sebut dapat memperlancar aliran darah menuju rambut sehingga asupan nutrisi dan oksigen untuk rambut selalu terpenuhi.

Nah, itu dia daftar manfaat buah cermai yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, khasiat buah cermai yang sudah dipaparkan di atas tidak disangka-sangka, bukan? Oleh sebab itu, jangan segan lagi untuk memasukkan buah cermai kea lam daftar menu sehat And sehari-hari demi tubuh yang sehat, ya. Semoga bermanfaat!