15 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-buah-bluberry-doktersehat

DokterSehat.Com – Nama buah blueberry tentunya sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Blueberry yang masih satu keluarga dengan buah stroberi ini tak hanya enak, tetapi juga menyehatkan. Ya, mengonsumsi blueberry secara rutin dipercaya dapat memberikan sejumlah manfaat yang sangat besar bagi tubuh Anda. Lantas, apa saja manfaat blueberry bagi tubuh?

Buah Blueberry dan Kandungan Nutrisi

Blueberry adalah buah yang masuk ke dalam keluarga beri-berian. Selain blueberry, ada varian buah beri lainnya yakni stroberi, cranberries, dan raspberi. Sama seperti kedua ‘saudaranya’, blueberry yang memiliki nama ilmiah Cyanococcus ini kerap difungsikan sebagai pelengkap sejumlah hidangan seperti kue tart, sereal gandum, oatmeal,hingga yogurt.

Di balik rasanya yang manis menggugah selera, ada banyak manfaat yang tersimpan di dalam buah blueberry. Manfaat blueberry ini dikarenakan buah tersebut mengandung pelbagai zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Setiap 100 gram blueberry mengandung antara lain:

  • Air (84,2 g)
  • Karbohidrat (14,4 g)
  • Gula (9,9 g)
  • Serat (2,4 g)
  • Protein (0,7 g)
  • Lemak (0,3 g)
  • Kalsium (6 mg)
  • Magnesium (6 mg)
  • Sodium (1 mg)
  • Potasium (77 mg)
  • Zat besi (0,2 mg)
  • Zinc (0,1 mg)
  • Vitamin A (54 IU)
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin C (9,7 mg)
  • Vitamin E (0,5 mg)
  • Vitamin K (19,3 mcg)

Manfaat Blueberry bagi Kesehatan & Kecantikan Tubuh

Memasukkan buah blueberry ke dalam daftar menu sehat sehari-hari merupakan keputusan yang tepat. Pasalnya, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi blueberry secara rutin.

Berikut ini adalah manfaat blueberry bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Agen Antioksidan

Dari sekian banyak buah yang kaya akan zat antioksidan di dalamnya, blueberry adalah salah satunya.

Blueberry mengandung zat antioksidan dari golongan polifenol yang bernama flavonoid. Adanya flavonoid ini lantas menghasilkan manfaat buah blueberry dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari sejumlah masalah kesehatan seperti peradangan (inflamasi), dan radikal bebas. Antioksidan adalah zat yang memiliki fungsi utama untuk menangkal radikal bebas.

Seperti yang kita ketahui, radikal bebas menjadi penyebab rusaknya sel-sel tubuh. Jika terus dibiarkan, sel tubuh yang rusak tersebut bisa berkembang menjadi sel kanker yang berbahaya.

2. Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Blueberry adalah buah yang kaya akan kandungan air. Bahkan, 85 persen dari total kandungan blueberry berupa air.

Hal ini lantas menghasilkan manfaat blueberry untuk mencegah dan mengatasi kekurangan cairan alias dehidrasi pada tubuh.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan hal yang penting. Pasalnya, dehidrasi pada tubuh menyebabkan timbulnya sejumlah masalah kesehatan seperti sembelit (konstipasi), kepala pusing, hingga kelelahan.

3. Mengatasi Peradangan (Inflamasi)

Peradangan pada tubuh bisa diatasi secara alami, salah satunya dengan mengonsumsi buah blueberry.

Manfaat blueberry untuk mengatasi radang dihasilkan oleh senyawa antioksidan di dalamnya. Berdasarkan penelitian, antioksidan pada blueberry memiliki sifat antiinflamasi yang efektif untuk setidaknya membantu meredakan gejala peradangan tersebut.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah blueberry selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang.

Mengonsumsi buah blueberry secara rutin dipercaya dapat membantu memperkuat tulang dan mencegahnya dari pelbagai penyakit. Hal ini dikarenakan blueberry adalah buah yang mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, zinc, juga vitamin K.

Kesemuanya itu memiliki peran penting dalam pembentukan sekaligus perawatan tulang. Sejumlah penelitian yang telah dilakukan menemukan korelasi antara kurangnya asupan zat-zat tersebut dengan penurunan kesehatan tulang.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan potasium, magnesium, dan kalsium pada blueberry menghasilkan manfaat buah blueberry untuk mengendalikan tekanan darah.

Studi telah membuktikan bahwasanya kurangnya asupan potasium, magnesium, dan kalsium berdampak pada meningkatnya tekanan darah. Itu sebabnya, blueberry menjadi solusi agar tekanan darah selalu berada di angka yang normal.

6. Merawat Kesehatan Kulit

Merawat kesehatan kulit tak luput dari daftar manfaat blueberry bagi tubuh.

Mengonsumsi blueberry dianggap dapat meningkatkan produksi kolagen yang mana kolagen adalah elemen penting bagi kulit. Manfaat buah blueberry yang satu ini tak lepas dari kandungan vitamin C yang dimilikinya. Vitamin C yang memiliki sifat antioksidan juga berkhasiat untuk menghalau serangan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit.

Jadi, jika ingin kulit Anda senantiasa terlihat cantik, sehat, dan terhindar dari sejumlah masalah kulit seperti penuaan dini, rajinlah-rajinlah mengonsumsi buah blueberry ini ya!

7. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga mata Anda tetap sehat tak melulu dengan mengonsumsi makanan seperti wortel. Faktanya, buah blueberry juga memiliki manfaat yang sama dengan wortel yakni membantu menjaga kesehatan indera penglihatan tersebut.

Adanya vitamin A menjadi penghasil manfaat buah blueberry yang satu ini. Dikutip dari BBC, blueberry pada masa Perang Dunia ke-2 dijadikan salah satu menu para prajurit Angkatan Udara Inggris dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan melihat mereka saat malam hari.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Beruntunglah buah blueberry mengandung antioksidan karena senyawa ini membuat blueberry menjadi buah ‘serba bisa’.

Kali ini, manfaat blueberry melalui antioksidannya tersebut adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Faktanya, antioksidan adalah senyawa yang juga dibutuhkan otak agar organ tubuh yang satu ini dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

Menurut penelitian, konsumsi jus blueberry setiap hari selama 12 minggu efektif untuk meningkatkan kinerja otak.

9. Mengontrol Kadar Gula Darah

Para penderita diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi buah blueberry. Pasalnya, manfaat blueberry juga untuk mengendalikan kadar gula darah dikarenakan buah ini mengandung serat.

Menurut penelitian, blueberry efektif untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1. Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2 (diabetes mellitus), blueberry membantu meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh.

Studi lainnya menunjukkan jika konsumsi sejumlah jenis buah-buahan termasuk blueberry dapat meminimalisir risiko terkena diabetes di kemudian hari.

10. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang terjadi akibat rusaknya sel-sel tubuh. Mengonsumsi blueberry adalah salah satu cara alami mencegah kanker.

Manfaat buah blueberry untuk mencegah kanker dikarenakan adanya kandungan vitamin A dan vitamin C yang mana keduanya merupakan agen antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menghalau serangan radikal bebas sebagai salah satu penyebab utama rusaknya sel-sel tubuh.

Tak hanya itu, blueberry juga diperkaya oleh folat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya mutasi DNA. Mutasi DNA sebagaimana diketahui merupakan pemicu berkembangnya sel kanker.

11. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Penyakit mematikan lainnya yang bisa diminimalisir risikonya dengan rutin mengonsumsi buah blueberry adalah penyakit jantung.

Manfaat blueberry untuk meminimalisir risiko penyakit jantung dikarenakan buah ini mengandung semua zat yang diperlukan  oleh jantung agar organ pemompa darah tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Serat berfungsi untuk menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’. Sementara itu, vitamin B6 berperan dalam memproduksi senyawa bernama homosistein di mana senyawa ini memiliki fungsi untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang berpotensi terhadap gangguan jantung.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh tim peneliti dari Harvard School of Public Health dan University of East Anglia menyebutkan bahwa konsumsi blueberry dapat menurunkan risiko serangan jantung sebanyak 32 persen pada wanita muda hingga paruh baya.

12. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang  menjalani program penurunan berat badan, blueberry sudah selayaknya masuk ke dalam menu diet sehari-hari.

Blueberry punya segalanya yang Anda butuhkan untuk menjaga agar berat badan tetap terkendali selama program berlangsung. Karbohidrat yang dikandungnya efektif untuk memberikan efek kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, frekuensi makan bisa lebih terkontrol.

Sementara itu, serat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga proses pembuangan limbah tubuh berjalan baik dan tidak menumpuk.

13. Merawat Kesehatan Sistem Pencernaan

Serat yang terkandung di dalam buah blueberry memberikan manfaat untuk merawat kesehatan dari sistem pencernaan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kurangnya asupan serat ke dalam tubuh menjadi salah satu penyebab utama dari pelbagai masalah pada sistem pencernaan. Sembelit (konstipasi) adalah penyakit pencernaan yang disebabkan oleh kurang serat.

Selain itu, kurang serat juga bisa berujung pada penyakit lainnya seperti infeksi usus, peningkatan kadar gula darah, hingga mudah merasa lapar.

14. Mengatasi Depresi

Tidak hanya berhubungan dengan fisik, manfaat blueberry bagi tubuh juga mencakup kesehatan mental.

Lagi-lagi, hal ini dihasilkan oleh senyawa antioksidan yang dikandungnya. Antioksidan pada buah blueberry juga memiliki efek antidepresan yang efektif untuk mengatasi depresi dan gangguan suasana hati lainnya pada anak-anak maupun orang dewasa.

Selain itu, sifat antidepresan pada blueberry juga berkhasiat untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

15. Mengatasi Infeksi Kandung Kemih

Infeksi kandung kemih adalah penyakit yang rentan dialami oleh wanita. Tak hanya melalui pengobatan medis, cara mengobati infeksi kandung kemih juga bisa dengan memanfaatkan bahan alami, salah satunya buah blueberry.

Kandungan zat anti-adhesif pada blueberry menurut penelitian efektif guna melawan bakteri E. Coli yang menjadi penyebab penyakit ini

Itu dia beragam manfaat blueberry yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

 

Informasi ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Ghosh, N. 2019. From Losing Weight to Preventing Cancer, Here Are The Health Benefits of Blueberries. https://www.boldsky.com/health/nutrition/2019/blueberries-nutrition-benefits-recipes-082770.html (Diakses pada 30 September 2019)
  2. Leech, J. 2018. 10 Proven Health Benefits of Blueberries. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-blueberries#section9 (Diakses pada 30 September 2019)
  3. Lewin, J. The Health Benefits of Blueberries. https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-blueberries (Diakses pada 30 September 2019)
  4. Ware, M. 2017. Everything you need to know about blueberries. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287710.php (Diakses pada 30 September 2019)