7 Manfaat Buah Bisbul, Si ‘Buah Mentega’

manfaat-buah-bisbul-doktersehat

DokterSehat.Com – Satu lagi jenis buah-buahan yang mungkin namanya masih terdengar asing di telinga Anda. Adalah buah bisbul, buah yang juga dijuluki sebagai ‘buah mentega’. Buah ini memang jarang ditemui di Indonesia. Namun jika berhasil menemukannya, sebaiknya jangan buang kesempatan untuk mengonsumsinya. Mengapa? Karena faktanya, manfaat buah bisbul ini tak kalah dengan jenis buah lainnya. Apa saja?

Buah Bisbul dan Kandungan Nutrisinya

Bisbul adalah nama dari sejenis buah langka yang berasal dari Filipina. Buah bisbul (Diospyros blancoi) ini masih memiliki kekerabatan dengan buah yang tentunya sudah tidak asing lagi, yakni buah kesemek. Buah bisbul memiliki julukan ‘buah mentega’. Hal ini dikarenakan tekstur daging buah bisbul yang mirip dengan mentega. Buah yang kulitnya memiliki bulu halus layaknya beludru ini memiliki rasa manis namun sedikit sepat.

Buah bisbul yang di Negara asalnya dinamai ‘karagong’ ini dipercaya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah bisbul tersebut dihasilkan oleh sejumlah zat penting di dalamnya. Untuk setiap 100 gram (gr) buah bisbul, kandungan zatnya meliputi:

  • Serat (1,8 gram)
  • Karbohidrat (11,8 gram)
  • Protein (2,8 gram)
  • Kalsium (46 miligram)
  • Fosfor (18 miligram)
  • Zat besi (0,6 miligram)
  • Vitamin A (35 SI)
  • Vitamin C (18 miligram)
  • Riboflavin (0,03 miligram)
  • Tiamin (0,02 miligram)

Manfaat Buah Bisbul bagi Kesehatan yang TidakTerduga

Anda tentu sering mendengar atau membaca manfaat-manfaat dari zat-zat yang disebutkan di atas, bukan? Nah, mengonsumsi buah bisbul pun akan mendatangkan manfaat tersebut ke dalam tubuh. Berikut ini daftar manfaat buah bisbul yang bisa diperoleh jika dikonsumsi secara rutin.

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat bisbul yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat di dalam buah yang oleh masyarakat Jawa lebih dikenal dengan nama ‘sembolo’ ini menjadi penghasil manfaat bisbul yang satu ini.

Sebagaimana diketahui, serat adalah zat yang memang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya guna memperlancar kinerja sistem pencernaan. Kurangnya asupan serat ke dalam tubuh berdampak pada munculnya sejumlah masalah, seperti sembelit. Di Filipina, Negara asal dari buah ini, bisbul bahkan sudah turun-temurun digunakan sebagai obat herbal guna menyembuhkan penyakit diare.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan zat besi yang ada pada buah bisbul menghasilkan manfaat buah bisbul untuk melancarkan produksi dan juga peredaran darah. Seperti yang kita tahu, zat besi adalah komponen penting dalam pembentukan sel darah merah, pun membantu kelancaran peredaran darah ke seluruh tubuh.

Anda yang mengalami gangguan sirkulasi darah, mengonsumsi buah bisbul sangat dianjurkan guna mengatasi hal ini, tentunya diimbangi dengan makanan sumber zat besi lainnya juga, ya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang tidak mudah terserang penyakit pastilah memiliki sistem autoimun yang baik. Meningkatkan performa sistem kekebalan tubuh guna memproteksi tubuh dari serangan penyakit dapat dilakukan dengan pelbagai cara, salah satunya mengonsumsi buah bisbul.

Manfaat bisbul untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dikarenakan ‘saudara’ dari buah kesemek ini diperkaya oleh vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin tersebut memang salah satu fungsinya adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat dan menawan tentunya menjadi dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Namun, hal ini tidak akan terwujud apabila tidak ada usaha untuk merawat kesehatan kulit tersebut, entah itu dengan mengonsumsi makanan bergizi atau mengubah gaya hidup.

Mengonsumsi buah bisbul adalah salah satu cara mudah namun efektif yang bisa dilakukan guna menjaga agar kulit tetap sehat dan bebas dari sejumlah masalah seperti jerawat, kulit kering, atau gejala penuaan dini. Manfaat buah bisbul ini dikarenakan vitamin C yang dikandungnya memiliki sifat antioksidan.

Masalah pada kulit umumnya disebabkan oleh rusaknya sel-sel kulit akibat serangan radikal bebas. Oleh sebab itu, tak salah jika mengatakan buah bisbul ini efektif untuk mengatasi masalah kulit dkarenakan adanya zat antioksidan yang fungsi utamanya untuk menghalau serangan radikal bebas.

5. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker

Lebih jauh, kandungan zat antioksidan pada buah bisbul mendatangkan manfaat yang lebih besar lagi bagi kesehatan tubuh, yakni meminimalisir risiko terkena penyakit kanker nan mematikan.

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh tumbuh dan berkembangnya sel-sel abnormal di dalam tubuh sebagai akibat dari serangan radikal bebas. Manfaat bisbul melalui zat antioksidannya tersebut tentu saja melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas tersebut.

6. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Selain merawat kesehatan sistem pencernaan, manfaat buah bisbul melalui kandungan seratnya adalah merawat kesehatan organ jantung agar senantiasa dapat berfungsi baik dan terhindar dari komplikasi yang bisa mengancam jiwa tentunya.

Serat berfungsi untuk mengendalikan kadar lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’, yang mana kolesterol ini jika terus dibiarkan menumpuk akan mengakibatkan penyumbatan arteri (aterosklerosis) yang lantas berdampak pada terganggunya kinerja jantung.

7. Merawat Kesehatan Tulang

Berfungsi sebagai penopang tubuh, kesehatan tulang tentu saja harus dijaga agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih bagi usia anak-anak  di mana tulang sedang mengalami masa pertumbuhan.

Kalsium dan fosfor adalah 2 (dua) jenis mineral yang memiliki perna penting dalam pembentukan dan juga perawatan tulang. Kedua mineral ini bisa Anda dapatkan dari buah bisbul salah satunya. Menambahkan buah bisbul ke dalam daftar buah yang dikonsumsi sehari-hari sangat disarankan jika Anda dan buah hati ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat.

Buah Bisbul, si ‘Apel Beludru’ yang Menyehatkan

Itu dia informasi mengenai manfaat buah bisbul bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, cukup sulit untuk bisa menemukan si ‘apel beludru’ ini di pedagang atau toko buah pada umumnya. Namun, jika Anda berhasil menemukan buah ini, jangan sungkan untuk membeli dan mengonsumsinya karena bisa dilihat kalau buah ini memiliki manfaat yang sangat besar, bukan? Semoga bermanfaat!