Terbit: 16 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah Ara atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Figs memang tidak terlalu populer di negara kita. Buah musiman ini berasal dari Yunani dan Afghanistan dan hadir dengan berbagai warna seperti kuning, ungu, merah, hitam, dan hijau. Buah ini memiliki kulit yang halus dan daging buah yang berair dengan biji yang renyah.

Manfaat Buah Ara untuk Kesehatan Kulit Anda

Nah, buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, membantu penurunan berat badan, menjaga kesehatan pencernaan, dan banyak lagi. Selain beragam manfaat kesehatan tersebut, buah ara juga baik untuk kulit dengan manfaat sebagai berikut:

1. Melembapkan kulit

Buah ara memiliki kada asam lemak omega 3 yang tinggi. Asam lemak ini berfungsi menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Anda bisa mengoleskan pasta buah ara pada bibir untuk melembapkan kembali bibir yang kering dan pecah-pecah.

2. Meredakan cedera kulit dan infeksi

Mengoleskan buah ara yang telah dipanggang pada kulit dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti inflamasi, bisul dan abses. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menyembuhkan jerawat. Mengoleskan buah ara pada kuit dapat mengencangkan pori-pori dan mengendalikan kelebihan minyak.

3. Membuat kulit sehat bercahaya

Karena kaya kandungan air, buah ara dapat membantu membersihkan racun dan sisa kotoran pada tubuh sehingga mencegah munculnya jerawat. Buah ara juga akan membantu meredakan eksim dan psoriasis sehingga kulit tampah sehat bercahaya. Mengoleskan buah ara yang sudah dihancurkan pada wajah akan membantu menyampaikan nutrisi ke lapisan dermal kulit dan memperbaharuinya dari dalam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Mencerahkan kulit

Buah ara juga tinggi kandungan vitamin C sehingga mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Anda bisa membuat masker buah ara dengan mencampur buah ara, bubuk oatmeal dan bubuk ginseng kering. Tambahkan beberapa tetes bergamot oil dan aduk hingga menjadi pasta lembut. Gunakan masker ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan warna kulit yang cerah merata.

5. Eksfoliator alami

Kulit buah ara mengandung beberapa enzim aktif yang dapat digunakan sebagai agen eksfoliator. Jadi, Anda bisa memanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya, cuci kulit buah ara dan diamkan sebentar. Selanjutnya, cuci wajah Anda dan lakukan scrub dengan menggunakan bagian dalam kulit buah Ara untuk membersihkan kotoran di kulit.

Alam memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh serta perawatan kecantikan. Jika Anda ingin kulit yang cantik dan sehat, tidak ada salahnya untuk kembali menggunakan bahan-bahan yang telah disediakan alam.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi