Terbit: 25 September 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Ada berbagai manfaat brussel sprout seperti mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang, mata, kulit, dll. Ketahui kandungan nutrisi brussel sprout dan manfaatnya bagi kesehatan.

11 Manfaat Brussel Sprout bagi Kesehatan (Nutrisi Lengkap)

Apa Itu Brussel Sprout?

Brussel sprout adalah jenis kubis mini yang berasal dari keluarga sayuran Brassicaceae. Kubis brussel merupakan hasil dari sayuran silangan yang memiliki karakteristik seperti kembang kol, sawi, dan kangkung. Kubis brussel diberi nama seperti ibu kota Belgia -Brussel- karena tumbuh di sana pada abad ke-16.

Kubis brussel berbentuk seperti kubis atau kol namun dalam ukuran yang lebih kecil. Walaupun kecil, kubis brussel mengandung banyak nutrisi dan vitamin untuk kesehatan Anda.

Kandungan Brussel Sprout

National Institutes of Health’s (NIH) mengatakan bahwa kandungan vitamin C dan vitamin K dari kubis brussel memenuhi rekomendasi harian. Kubis mini ini juga kaya akan nutrisi lain, termasuk:

  • 28 total kalori.
  • 2 gram protein.
  • 6 gram karbohidrat.
  • 2 gram serat.
  • Memenuhi 137% kebutuhan vitamin K harian.
  • Memenuhi 81% kebutuhan vitamin C harian.
  • Memenuhi 12% kebutuhan vitamin A harian.
  • Memenuhi 12% kebutuhan folat harian.
  • Memenuhi 9% kebutuhan mangan harian.

Kubis mini juga mengandung:

  • Antioksidan
  • Zat besi
  • Vitamin B6
  • Tiamin
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Glycosinolate glucobrassicin

Berbagai kandungan nutrisi tersebut dipercaya membawa manfaat kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya.

Manfaat Brussel Sprout bagi Kesehatan

Orang Indonesia mungkin tidak akrab dengan hidangan kubis mini, namun sekarang sudah banyak dijual di pasaran. Anda dapat mencoba memakannya dan mendapatkan manfaat kesehatan dari nutrisi kubis mini. Ketahui apa saja khasiat brussel sprout, sebagai berikut:

1. Mencegah Kanker

Kubis brussel mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa untuk membunuh radikal bebas penyebab kerusakan sel yang memicu kanker. Pada penelitian di tahun 2018, kubis mini juga memiliki kandungan klorofil (pigmen hijau) yang berperan sebagai antioksidan.

Pada studi di tahun 2018, kubis mini juga memiliki potensi untuk melindungi tubuh dari agen pemicu kanker lainnya bernama karsinogen. Walaupun demikian, National Cancer Institute (NCI) menyampaikan bahwa sayuran silangan cruciferous tidak ada hubungannya dengan studi tentang risiko kanker prostat, paru, kolorektal, dan payudara.

Baca Juga: 11 Manfaat Brokoli Hijau yang Sangat Menyehatkan (No. 10 Menggairahkan)

2. Mengontrol Diabetes

Kubis mini mengandung serat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Sayuran silangan ini juga mengandung alpha-lipoic acid (ALA), yaitu jenis asam lemak omega 3 yang berperan sebagai antioksidan. Dalam ulasan di tahun 2019, suplementasi dari kandungan ALA memiliki potensi untuk menurunkan kadar glukosa (gula darah) untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin adalah hormon untuk mengendalikan kadar gula darah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kubis brussel selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam kubis ini dapat membantu mengurangi risiko katarak atau gangguan mata lainnya seperti mata minus.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam sayur dan buah membawa banyak manfaat, termasuk kandungan vitamin C di dalam kubis mini. Vitamin C berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari ancaman paparan sinar UV dan polusi.

C juga meningkatkan produksi kolagen untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke sel-sel kulit dapat memicu tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, vitamin C dan kolagen juga menjaga kekuatan, elastisitas, serta penampilan kulit.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat vitamin K adalah menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Kubis brussel mengandung vitamin K-1 untuk mengurangi risiko patah tulang. Secara umum, vitamin K juga meningkatkan mineralisasi untuk tulang yang sehat. Selain itu, kandungan kalsium dalam kubis mini juga bagus untuk mendukung pertumbuhan tulang.

6. Sumber Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam brussel sprout menjadikan sayuran silang ini salah satu menu yang harus Anda makan. Antioksidan adalah senyawa untuk mengurangi stres oksidatif di sel-sel tubuh Anda. Antioksidan membantu menurunkan risiko penyakit kronis.

Lebih spesifik lagi, kandungan antioksidan jenis kaempferol dapat mengurangi risiko pertumbuhan sel-sel kanker. Kaempferol juga meredakan peradangan, melindungi tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung.

7. Mengatasi Inflamasi

Manfaat brussel sprout selanjutnya untuk mengurangi efek peradangan pada tubuh. Sebenarnya, peradangan adalah respon normal dari tubuh saat sistem imun sedang melawan penyakit namun peradangan kronik dapat memicu penyakit serius lainnya.

Berdasarkan studi tabung, sayuran silangan cruciferous memiliki sifat antiinflamasi dan dikaitkan dapat mengurangi peradangan di dalam darah. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga membantu mengatasi peradangan yang mungkin terjadi.

8. Sumber Vitamin C

Manfaat vitamin C adalah mendukung pertumbuhan jaringan tubuh, memperbaiki kerusakan sel, meningkatkan sistem imun, dan juga memproduksi protein kolagen. Semua khasiat tersebut bisa didapat dari konsumsi kubis mini.

Setiap 78 gram sajian kubis brussel dapat memenuhi 81% kebutuhan vitamin C harian. Tentu saja sayuran ini sangat menyehatkan dan dapat mencegah Anda dari berbagai infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 13 Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

9. Sumber Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 banyak ditemukan pada jenis ikan berminyak atau makanan laut, namun Anda juga bisa mendapatkannya dari sayuran silang kubis brussel. Jenis kubis ini mengandung asam lemak omega 3 tipe alpha-linolenic acid (ALA).

Kandungan ALA dapat membantu mengurangi kadar trigliserida darah (kolesterol jahat), mengurangi resistensi insulin, mencegah masalah kognitif, serta meredakan inflamasi. Konsumsi 78 gram kubis mini dapat memenuhi 12% kebutuhan asam lemak omega 3 harian.

10. Kaya akan Vitamin K

Setiap 78 gram sajian kubis mini dapat memenuhi 137% kebutuhan vitamin K. Fungsi vitamin K adalah mendukung kekuatan tulang, mencegah osteoporosis, dan membantu pembekuan darah.

11. Kaya akan Serat

Serat adalah senyawa yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan. Serat dapat meningkatkan bakteri baik di usus. Asupan serat yang cukup juga dapat mengontrol gula darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Efek Samping Brussel Sprout

Brussel sprout aman dikonsumsi untuk semua orang. Sayuran ini juga enak dan dapat dinikmati dengan berbagai olahan makanan. Walaupun demikian, sebaiknya jangan mengonsumsi kubis brussel bila Anda sedang menggunakan obat pengencer darah. Kubis brussel kaya akan vitamin K untuk membekukan darah.

Itulah pembahasan tentang manfaat brussel sprout. Kubis mini hasil dari sayuran silang ini kaya akan vitamin dan nutrisi penting. Sayuran ini dapat Anda konsumsi sehari-hari untuk memelihara kesehatan secara umum.  

  1. Link, Rachael, MS, RD. 2017. 10 Ways Brussels Sprouts Benefit Your Health. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-brussels-sprouts. (Diakses pada 25 September 2019).
  2. Ware, Megan, RDN, L.D. 2019. What to know about Brussels sprouts. https://www.medicalnewstoday.com/articles/284765. (Diakses pada 25 September 2019).
  3. WebMD. 2019. Health Benefits of Brussels Sprouts. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-brussels-sprouts#1. (Diakses pada 25 September 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi