Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Rambut

doktersehat-manfaat-brokoli-untuk-rambut
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Brokoli disebut sebagai makanan super atau superfood berkat begitu banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Untuk kesehatan tubuh, brokoli dapat membantu mencegah kanker, membuat racun dalam tubuh, menyehatkan tulang dan gigi, serta banyak lagi. Selain untuk kesehatan tubhu, tahukah Anda bahwa brokoli ternyata juga bermanfaat untuk kulit dan bahkan bisa digunakan sebagai bahan perawatan rambut?

Vitamin B dan C yang terkandung dalam brokoli mampu membuat rambut Anda menjadi lebih kuat serta meluruskan folikel rambut. Selain itu, Vitamin C juga bisa melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan kerontokan rambut. Seperti yang dilansir dari stylecraze, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk rambut Anda.

1. Membuat rambut halus dan berkilau

Minyak biji brokoli memiliki komposisi asam lemak unik yang mirip dengan silikon yang sering digunakan dalam sampo. Bahan ini bermanfaat untuk membuat rambut menjadi halus, lembut serta berkilau secara alami. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan bahan kimia yang terkadang justru bisa merusak folikel rambut.

2. Mengatasi rambut rontok

Vitamin C yang bekerja melawan radikal bebas, ternyata juga dapat membuat rambut Anda menjadi lebih tebal dan sehat sehingga mengurangi masalah rambut rontok. Selain itu, vitamin B juga dapat mengurangi stres yang sering kali menimbulkan masalah kerontokan rambut.

3. Rambut tetap sehat

Sayur brokoli yang kaya akan vitamin A dan C mampu membantu menghasilkan sebum. Sebum ini berfungsi sebagai minyak alami kulit kepala yang bisa menjaga rambut Anda tetap lembut dan sehat tanpa perlu lagi menggunakan kondisioner.

Brokoli tidak hanya bermanfaat bagi tubuh dan kulit, namun juga ternyata bisa menjaga kesehatan rambut Anda. Tidak ada salahnya untuk mulai memperbanyak konsumsi brokoli agar mendapatkan segala manfaat baik superfood ini. Jadi, apakah Anda sudah mengonsumsi brokoli hari ini?