Terbit: 9 Maret 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ketahui manfaat body spa untuk kesehatan kulit Anda. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi tubuh dan jiwa yang lelah setelah berbagai macam aktivitas yang menyita tenaga, salah satunya adalah dengan melakukan body spa. Berikut ini penjelasan tentang apa khasiat body spa dan perawatan spa di rumah yang bisa Anda lakukan sebagai perawatan dan relaksasi.

manfaat-body-spa-doktersehat

Manfaat Body Spa untuk Kecantikan dan Kesehatan Mental

Body spa adalah perawatan sederhana yang ditujukan untuk kesehatan kulit dan alternatif relaksasi tubuh. Perawatan dengan body spa dilakukan dengan teknik pijatan dan eksfoliasi kulit menggunakan produk kecantikan kulit atau bahan-bahan alami untuk menjadikan kulit bersih, halus, dan segar.

Ketahui apa saja manfaat body spa untuk kecantikan kulit dan kesehatan mental berikut ini:

1. Relaksasi

Banyak kalangan memilih body spa untuk kebutuhan relaksasi untuk menghilangkan stres, kepenatan, dan kelelahan lebih dari manfaat spa untuk kecantikan kulit. Teknik pijatan yang halus, lembut, namun dengan tekanan kuat di bahu, leher, kaki, punggung secara alami mampu melepaskan ketegangan dan kelelahan tubuh Anda.

Anda juga dapat meminta pijatan dengan lulur khusus beraroma terapi untuk membuat Anda merasa rileks, tenang, dan nyaman sembari melemaskan otot-otot, sendi, dan tubuh yang kaku. Ini juga bermanfaat untuk melepaskan diri Anda dari tekanan dan membuat pikiran jadi lebih jernih.

Selain itu, Anda juga dapat memilih kombinasi perawatan spa lainnya seperti refleksologi kaki, pijat ala Thai yang otentik, atau relaksasi ala spa Bali. Body spa telah lama menjadi alternatif untuk refleksi yang efektif terutama bila Anda memiliki rutinitas yang melelahkan.

2. Merawat Kecantikan Kulit

Body spa dilakukan dengan pijatan menggunakan lulur kulit atau scrub khusus yang umumnya mengandung vitamin D, C, E, dan K untuk meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat spa juga untuk membersihkan, mencerahkan, melembapkan, serta membuat kulit jadi halus dan lembut.

Pijatan lembut pada suhu hangat tertentu dapat membuka pori-pori kulit untuk mengeluarkan racun, bakteri, kulit mati, atau sebum yang terperangkap. Teknik eksfoliasi juga dapat membersihkan semua kotoran dan racun di kulit dengan perawatan lanjutan yang akan meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Baca Juga: 11 Makanan untuk Kesehatan Kulit (Sehat dan Cantik)

3. Mengatasi Nyeri dan Pegal

Aktivitas padat sehari-hari mungkin membuat tubuh Anda pegal dan nyeri, terutama pada bagian punggung dan kaki, hingga rasa nyeri kronis di seluruh tubuh. Anda dapat mengatasinya dengan melakukan body spa secara rutin seminggu sekali.

Teknik pijatan lembut dengan tekanan agak kuat dan kombinasi dengan sauna uap herbal dapat melepaskan ketegangan dan kekakuan di seluruh tubuh. Manfaat spa juga untuk merelaksasi jaringan otot dan melegakan persendian.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Terdapat beberapa jenis dan rangkaian body spa yaitu hidroterapi, pijat, sauna uap herbal, dan heat therapy atau terapi panas. Semua jenis body spa dapat membantu meningkatkan aliran darah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh agar berfungsi dengan baik.

Sel-sel darah memiliki peran penting untuk tubuh Anda. Bila terdapat penyumbatan aliran darah, maka akan mengganggu keseluruhan fungsi dan kesehatan tubuh Anda seperti jantung, ginjal, otak, dan organ vital lainnya. Aliran darah yang memadai juga menekan risiko berbagai penyakit kronis.

5. Mengatasi Sakit Kepala

Salah satu pemicu sakit kepala adalah pengaruh stres yang tinggi. Anda dapat mengatasinya dengan melakukan body spa yang termasuk dalam paket pijat kepala, pijat tangan, sauna air hangat, atau perawatan lain dengan aromaterapi herbal.

Manfaat body spa ini dapat membantu meredakan otot-otot yang tegang di kepala dan tekanan tubuh lainnya yang memicu sakit kepala. Walaupun belum ada penelitian secara ilmiah, beberapa orang yang rutin melakukan spa meyakini bahwa ini dapat meredakan sakit kepala dan membantu Anda rileks.

Baca Juga: 9 Pijatan untuk Sakit Kepala, Redakan Gejala dalam Sekejap!

7. Mencegah Varises Kaki

Varises adalah pembesaran vena atau pembuluh darah yang membawa darah menuju jantung. Varises umumnya terjadi akibat seseorang berjalan kaki terlalu kuat hingga meningkatkan tekanan di pembuluh darah bagian bawah tubuh Anda.

Anda dapat mencegah varises dengan melakukan spa secara rutin dengan pijatan khusus untuk melancarkan aliran darah di kaki, melegakan otot-otot, dan menghilangkan rasa pegal dan nyeri kaki, terutama di bagian betis.

8. Mengatasi Gangguan Tidur

Manfaat body spa selanjutnya adalah untuk mengatasi gangguan tidur. Pijatan dan perawatan dengan uap air hangat dapat membantu Anda untuk melancarkan aliran darah, menjaga detak jantung, dan melegakan perasaan Anda sehingga secara langsung berkontribusi untuk mengatasi gangguan tidur.

Setelah melakukan body spa, tubuh dan pikiran akan terasa lebih ringan sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidur cukup sangat penting untuk pemeliharaan kesehatan dan mencegah tubuh kelelahan hingga memicu berbagai gejala lainnya.

9. Membantu Mengatasi Lemak Tubuh

Belum ada penelitian secara ilmiah tentang hubungan antara perawatan spa dengan penurunan berat badan, namun beberapa teori tentang itu berkembang dari orang-orang yang melakukan perawatan ini secara rutin.

Perawatan spa menggunakan uap panas untuk membuka pori-pori dan membantu tubuh untuk membakar kalori secara tidak langsung. Lalu, spa dengan teknik deep tissue massage atau pijatan dengan tekanan kuat di beberapa titik dipercaya dapat membantu pemecahan lemak.

Walaupun demikian, cara mengatasi timbunan lemak yang paling efektif adalah dengan mengatur pola makan, konsumsi sayur dan buah, membatasi asupan kalori, dan berolahraga secara teratur.

Baca Juga: Diet Pisang: Manfaat, Cara, Tips Turunkan Berat Badan, dll

10. Merelaksasi Pikiran dan Tubuh

Apabila Anda memiliki hari-hari yang berat, Anda dianjurkan untuk melakukan body spa di akhir pekan untuk membantu merelaksasi pikiran dan tubuh Anda.

Manfaat body spa adalah untuk perawatan kulit sekaligus perawatan tubuh dan pikiran. Secara langsung, body spa memberikan Anda sensasi perasaan tenang, nyaman, ringan, dan pikiran jernih. Apabila Anda memiliki gejala stres dan depresi, Anda dianjurkan untuk mencoba body spa untuk mengatasi kesehatan mental Anda.

Itulah berbagai manfaat body spa yang tidak hanya berguna untuk kesehatan kulit, namun juga kesehatan mental dan tubuh Anda. Anda dapat pergi ke pusat kecantikan untuk melakukan spa atau melakukannya sendiri di rumah dengan berbagai produk kecantikan dan bahan herbal lainnya.

 

  1. Bkkdayspa. 2016. 7 Benefits Of Body And Skin Care Treatments. https://www.bkkdayspa.com/blog/2017/1/3/7-benefits-of-body-and-skin-care-treatments/downtown-san-diego. (Diakses pada 9 Maret 2020).
  2. Elite World. 2019. 8 Benefits of Spa for Physical and Mental Health. https://www.eliteworldhotels.com.tr/blog-en/8-benefits-of-spa-for-physical-and-mental-health.3477.aspx. (Diakses pada 9 Maret 2020).
  3. Lemascandille. 2020. 10 Benefits of A Spa and Its Treatment. https://www.lemascandille.com/10-benefits-of-a-spa-and-its-treatments/. (Diakses pada 9 Maret 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi