Terbit: 30 Mei 2020 | Diperbarui: 5 Juni 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Nama buah black sapote mungkin belum begitu familiar, padahal manfaat buah yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai ‘sawo hitam’ ini tidak kalah jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Apa saja kandungan dan manfaat black sapote tersebut? Simak informasinya berikut ini.

9 Manfaat Black Sapote, Buah Rasa Puding Cokelat!

Kandungan Buah Black Sapote (Sawo Hitam)

Black sapote adalah buah dengan cita rasa yang mirip seperti puding cokelat. Buah yang dagingnya berwarna hitam ini sejatinya termasuk ke dalam keluarga beri-berian. Sama  seperti buah pada umumnya, black sapote atau sawo hitam juga membawa sejumlah manfaat bagi tubuh.

Khasiat sawo hitam tersebut tak lepas dari kandungan sejumlah zat di dalamnya, yaitu:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Potasium
  • Zat Besi

Manfaat Buah Black Sapote bagi Tubuh

Mengonsumsi black sapote secara rutin akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat utama dari buah sawo hitam yang bisa Anda dapatkan.

1. Membantu Pembentukan Otot

Manfaat black sapote yang pertama adalah membantu pembentukan otot. Anda yang kini sedang dalam program pembentukan otot tentu sangat disarankan untuk memasukkan buah sawo hitam ke dalam daftar menu sehat sehari-hari.

Kemampuan buah black sapote dalam membantu pembentukan massa otot dikarenakan adanya kandungan mineral berupa potasium di dalamnya. Sebagaimana diketahui, potasium adalah salah satu zat yang berperan penting dalam membentuk dan menambah massa otot.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata dan mencegah organ penglihatan ini dari sejumlah gangguan seperti rabun senja menjadi manfaat buah sawo hitam selanjutnya yang perlu Anda ketahui. Mengonsumsi buah ini secara rutin adalah keputusan yang tepat jika ingin mata Anda tetap berfungsi secara optimal.

Adanya kandungan vitamin A menjadi alasan mengapa buah ‘puding cokelat’ ini efektif dalam merawat kesehatan mata. Sebagaimana diketahui, vitamin A adalah vitamin yang identik dengan mata. Memang, belum dapat dipastikan seberapa besar efektivitas vitamin A pada black sapote dalam membantu menjaga kesehatan mata. Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya, bukan?

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Anda pasti ingin memiliki tulang yang sehat, kuat, dan bebas dari masalah kesehatan seperti pengeroposan tulang alias osteoporosis, bukan? Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengonsumsi buah black sapote.

Ya, membentuk dan menjaga kesehatan serta kekuatan tulang juga masuk dalam daftar manfaat black sapote. Adanya khasiat black sapote yang satu ini dikarenakan buah tersebut juga mengandung kalsium. Mineral yang satu ini memang fungsi utamanya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Mengonsumsi buah ini sangat dianjurkan, terutama untuk wanita yang sudah memasuki periode menopause. Pasalnya pada periode ini, massa tulang akan mengalami penurunan. Jika dibiarkan, ancaman osteoporosis mengintai. Sebelum hal itu terjadi, konsumsilah buah sawo hitam—bersama dengan makanan dan suplemen lainnya—secara rutin.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan ‘benteng’ tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi penting agar tubuh Anda senantiasa sehat.

Buah black sapote adalah salah satu suplemen alami yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat sawo hitam yang satu ini lagi-lagi dikarenakan adanya kandungan vitamin A.

Menurut penelitian, vitamin A memiliki peran dalam membantu mengoptimalkan produksi sel darah putih. Sel darah putih sendiri merupakan ‘garda terdepan’ tubuh dalam menangkal serangan bakteri, virus, maupun mikroorganisme jahat lainnya yang hendak menyerang dan menimbulkan penyakit.

Hal ini diperkuat dengan studi lainnya yang menemukan fakta jika kekurangan vitamin A membuat tubuh rentan terkena infeksi dan ketika terserang penyakit, proses penyembuhannya berlangsung lebih lama.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan

5. Meminimalisir Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit mematikan yang terjadi ketika sel tubuh mengalami kerusakan akibat serangan radikal bebas. Kanker bisa menyerang organ tubuh manapun sehingga Anda harus benar-benar waspada terhadap penyakit ini.

Sawo hitam sudah selayaknya masuk di dalam daftar menu sehat sehari-hari Anda sebagai salah satu upaya untuk mencegah—atau setidaknya meminimalisir—penyakit yang menjadi salah satu ‘pembunuh’ terbesar di dunia ini. Manfaat black sapote untuk mencegah kanker ini dihasilkan oleh kandungan vitamin C.

Vitamin C merupakan vitamin yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk merawat kesehatan sel tubuh dan membantu menangkal serangan radikal bebas yang menjadi penyebab utama penyakit kanker.

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfat sawo hitam selanjutnya yang juga tak kalah penting adalah mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini dimungkinkan karena pada black sapote terdapat kandungan mineral berupa potasium.

Salah satu fungsi dari potasium adalah untuk menjaga agar tekanan darah tetap berada pada angka yang normal. Sebaliknya, kekurangan mineral ini bisa berdampak pada meningkatnya tekanan darah tinggi. Jadi, rajin-rajinlah makan buah sawo hitam jika tidak ingin tekanan darah Anda naik yang mana hal ini bisa membahayakan diri sendiri.

7. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Satu lagi penyakit mematikan yang bisa dicegah atau setidaknya diminimalisir risikonya dengan mengonsumsi buah black sapote secara rutin adalah penyakit jantung. Hal ini lagi-lagi dikarenakan adanya kandungan vitamin C.

Ya, selain untuk mencegah penyakit kanker, vitamin C juga memiliki peran penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular yakni jantung. Vitamin C bekerja dengan cara menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’. Sebagaimana diketahui, tingginya kadar kolesterol menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit jantung.

8. Sumber Energi

Pada setiap 100 gram buah black sapote, terdapat setidaknya 80 kalori yang mana hal ini dihasilkan oleh karbohidrat. Hal tersebut lantas menghasilkan manfaat black sapote sebagai sumber energi bagi tubuh.

Mengonsumsi black sapote—tentunya diimbangi dengan diet sehat lainnya—efektif untuk membuat tubuh Anda senantiasa bugar dan berenergi sepanjang hari.

9. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Manfaat buah sawo hitam yang terakhir adalah membantu produksi sel darah merah. Ini tak lepas dari adanya kandungan zat besi di dalam buah tersebut.

Oleh sebab itu, buah ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil dikarenakan kebutuhan akan darah pada masa kehamilan mengalami peningkatan. Kekurangan darah dapat membahayakan ibu dan juga janin yang dikandungnya.

 

  1. Chowdhry, S. 2019. 8 Amazing Benefits of Black Sapote. https://www.stylecraze.com/articles/health-benefits-of-black-sapote/ (Diakses pada 30 Mei 2020)
  2. Newman, T. 2020. Benefits and sources of calcium. https://www.medicalnewstoday.com/articles/248958 (Diakses pada 30 Mei 2020)
  3. Nordqvist, J. 2017. Vitamin C: Why is it important? https://www.medicalnewstoday.com/articles/219352 (Diakses pada 30 Mei 2020)
  4. Ware, M. 2018. Everything you need to know about iron. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287228#recommended-intake (Diakses pada 30 Mei 2020)
  5. West, H. 2018. 6 Health Benefits of Vitamin A, Backed by Science. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-a-benefits#section2 (Diakses pada 30 Mei 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi