Terbit: 18 November 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jangan buang biji semangka karena ini juga punya sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh, lho! Tidak percaya? Simak informasi seputar apa saja khasiat biji semangka yang tidak kalah dengan buahnya berikut ini.

11 Manfaat Biji Semangka yang Jarang Disadari

Biji Semangka dan Kandungan Nutrisinya

Tidak hanya buahnya, biji semangka pun menyimpan beragam manfaat bagi tubuh. Ini tidak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Nutrisi yang terkandung pada biji semangka meliputi:

  • Kalori (158 Kkal)
  • Protein (8 g)
  • Lemak (13,4 g)
  • Karbohidrat (4,34 g)
  • Kalsium (15,3 mg)
  • Zat besi (2,06 mg )
  • Magnesium (146 mg)
  • Fosfor (214 mg)
  • Potasium (184 mg)
  • Zinc (2,9 mg)
  • Folat (16, 4 mcg)

Manfaat Biji Semangka yang Jarang Disadari

Berikut ini adalah manfaat biji semangka yang tidak kalah dengan buahnya, namun mungkin jarang Anda sadari.

1.  Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat yang pertama dari biji ini adalah untuk merawat kesehatan kulit. Pasalnya, pada biji semangka terdapat kandungan magnesium. Jenis mineral yang satu ini dapat membantu memperbaiki penampilan kulit Anda secara keseluruhan.

Magnesium umum digunakan sebagai komposisi pada produk kulit untuk mengatasi sejumlah masalah pada organ tersebut seperti eksim dan kondisi kulit lainnya yang membuat kulit kering dan gatal. Sementara itu, kandungan zinc-nya dapat memperlambat proses penuaan karena kemampuannya dalam sintesis protein, pembelahan sel, dan perbaikan sel kulit yang rusak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Menyehatkan Rambut

Khasiat selanjutnya dari biji semangka adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut, sekaligus memperkuat rambut agar tidak mudah mengalami kerontokan. Manfaat yang satu ini berkat adanya kandungan mineral zat besi, magnesium, tembaga, dan zinc. Menurut penelitian, keempatnya terbukti berperan penting dalam menyehatkan rambut.

Sementara jenis mineral lainnya yang juga terkandung pada biji ini yaitu mangan berfungsi untuk mencegah  kerusakan pada rambut.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mengonsumsi semangka tanpa membuang bijinya juga akan mendatangkan manfaat pada Anda berupa meningkatnya sistem kekebalan (imunitas) tubuh. Pasalnya, zat besi dan mineral lainnya pada biji ini ternyata juga memiliki andil dalam meningkatkan imunitas tubuh.

4. Membantu Menurunkan Gula Darah

Kembali lagi pada kandungan magnesium dari biji semangka, khasiat lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah untuk membantu mengendalikan gula darah. Sementara pada penderita diabetes tipe 2—atau diabetes mellitus—mengonsumsi biji ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Magnesium bekerja dengan cara mengendalikan metabolisme karbohidrat. Pasalnya, aktivitas metabolisme tersebutlah yang dapat memengaruhi kadar gula darah pada tubuh. Jika metabolisme tidak terkendali, maka kadar gula darah pun akan meningkat.

5. Mencegah Osteoporosis

Mengonsumsi semangka bersama dengan bijinya adalah keputusan yang tepat jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari buah tersebut. Manfaat ini termasuk untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegahnya dari osteoporosis.

Lagi-lagi, khasiat biji semangka ini tidak lepas dari kandungan mineral di dalamnya yakni kalsium, magnesium,  tembaga, dan potasium. Kendati demikian, manfaatnya baru akan terasa apabila Anda mengonsumsi semangka dan bijinya secara rutin.

6. Merawat Kesehatan Saraf

Selain mineral, pada biji semangka juga terkandung vitamin. Salah satu vitamin yang terkandung dalam biji ini adalah vitamin B.

Adanya kandungan vitamin B ini mendatangkan sejumlah manfaat penting bagi tubuh, termasuk untuk merawat kesehatan saraf dan mencegahnya dari gangguan medis. Selain itu, vitamin B pada biji semangka juga membawa dampak positif lainnya seperti:

  • Menjaga kesehatan otak
  • Membantu mengatasi gangguan mental

Baca Juga: 11 Manfaat Biji Mangga, Jangan Dibuang!

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat biji semangka yang juga tidak disangka-sangka adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena pada biji tersebut terkandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik. Studi menunjukkan bahwa lemak ‘baik’ ini—bersama dengan magnesium—berguna dalam membantu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’.

Baik tekanan darah tinggi dan kolesterol, keduanya dapat memberikan efek buruk terhadap jantung. Ini termasuk meningkatkan risiko organ ini mengalami sejumlah masalah kesehatan yang bisa mengancam keselamatan jiwa.

Selain itu, zat-zat yang terkandung pada biji semangka bertindak sebagai antiinflamasi, antioksidan, dan vasodilator (pelebaran pembuluh darah) yang semakin menguatkan dugaan jika biji ini baik untuk jantung. Jadi, mulai sekarang jangan buang biji semangka saat memakan buahnya, ya.

8. Meningkatkan Kesuburan Pria

Zinc dalam biji semangka ternyata penting untuk sistem reproduksi pria, lho. Menurut sebuah penelitian di Cina, suplementasi zinc dapat secara signifikan meningkatkan kualitas sperma pria yang tidak subur.

Juga, zinc menempati posisi kedua setelah besi sebagai unsur paling melimpah pada jaringan tubuh manusia. Elemen mineral seperti seng memainkan peran utama dalam sistem reproduksi pria karena mereka menunjukkan aktivitas tinggi terhadap pembentukan sperma pada tingkat molekuler.

Penelitian juga menemukan bahwa dalam plasma mani pria tidak subur terkandung zinc dalam kadar yang rendah. Biji buah semangka juga merupakan sumber mangan yang baik. Menurut penelitian dari University of Maryland Medical Center, tingkat mangan yang rendah juga dapat menyebabkan infertilitas pada pria.

9. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan magnesium pada biji semangka mengaktifkan enzim yang membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Ini memungkinkan tubuh memecah makanan dan mencernanya dengan lebih baik. Sementara itu, kekurangan magnesium dilaporkan bisa membuat sistem pencernaan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, mengonsumsi biji semangka juga bertujuan untuk mencukupi kebutuhan zinc Anda. Menurut penelitian, kekurangan zinc juga dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan, seperti:

  • Sindrom iritasi usus besar
  • Kenaikan asam lambung
  • Diare

10. Mencegah Anemia

Mencegah Anda dari yang namanya anemia alias kurang darah adalah manfaat lainnya dari biji semangka. Ini karena pada biji semangka terkandung zat besi.

Zat besi sudah terkonfirmasi menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat menjaga produksi hemoglobin (elemen dari sel darah merah). Hemoglobin inilah yang bertugas untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

11. Membantu Menjaga Berat Badan

Bagi Anda yang ingin agar berat badannya tetap ideal, mengonsumsi semangka tanpa membuang bijinya adalah salah satu cara yang efektif. Khasiat biji semangka yang satu ini tidak lepas dari fakta bahwa pada biji tersebut terkandung kalori dalam jumlah yang terbilang rendah yakni hanya 158 Kkal.

Itu dia informasi mengenai manfaat biji semangka yang perlu Anda ketahui. Jadi, tidak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsi semangka bersama dengan bijinya karena hal ini justru akan semakin memaksimalkan efek positif dari buah tersebut terhadap tubuh. Semoga bermanfaat!

 

  1. Parmar, R. 2020. 9 Magical Health Benefits Of Watermelon Seeds. https://pharmeasy.in/blog/9-magical-health-benefits-of-watermelon-seeds/ (accessed on 18 November 2020)
  2. Schaefer, A. 2020. The 5 Best Watermelon Seed Benefits. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/best-watermelon-seed-benefits (accessed on 18 November 2020)
  3. Tadimalla, R. 2019. 9 Best Benefits Of Watermelon Seeds For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-watermelon-seeds-for-skin-hair-and-health/ (accessed on 18 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi