Manfaat Biji Rami (Flaxseed) untuk Kesehatan Ibu Hamil

flaxseed-untuk-kehamilan-doktersehat
photo credit: shopify.com

DokterSehat.Com – Biji rami atau flaxseed adalah salah satu bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Biji ini banyak ditambahkan pada makanan atau minuman untuk melancarkan fungsi pencernaan. Salah satu manfaat biji rami adalah mengatasi sembelit. Tak hanya itu, ternyata ada juga manfaat flaxseed untuk ibu hamil.

Manfaat biji rami (flaxseed) untuk ibu hamil

Ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat dari flaxseed atau biji rami. Berikut beberapa manfaat biji rami yang akan didapatkan dengan konsumsi yang benar.

  1. Mengandung nutrisi yang bermanfaat

Biji rami mengandung cukup banyak nutrisi yang bermanfaat untuk janin. Dalam biji-biji yang ukurannya kecil terdapat omega-3 dan ALA yang meningkatkan kesehatan dari janin khususnya dalam hal pembentukan organ.

  1. Mencegah sembelit yang mengganggu

Wanita yang sedang hamil rawan sekali mengalami sembelit. Kondisi ini bisa terjadi karena ada masalah dengan pencernaan dan kebiasaan buruk yang terus dijalani seperti jarang minum air putih dan juga jarang sekali makan sayuran dalam jumlah banyak.

Manfaat biji rami atau flaxseed akan membuat saluran pencernaan ibu hamil berjalan dengan baik. Pergerakan sisa makanan di usus akan berjalan dengan lancar dan tekstur dari feses tidak terlalu keras dan mudah keluar dengan sempurna.

  1. Mengatur gula darah

Manfaat biji rami yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup juga bisa mengendalikan gula darah di dalam tubuh. Kondisi diabetes bisa dicegah khususnya pada wanita yang sedang hamil. Biki rami bisa dikonsumsi setiap hari atau dua hari sekali sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mencegah munculnya hot flushes

Hot flushes sering terjadi pada wanita yang mengalami perubahan hormon di tubuhnya. Rasa panas di tubuh akan sangat mengganggu khususnya saat janin sudah mulai membesar. Wanita akan susah tidur di malam hari dan kesehatannya bisa drop. Biji rami akan meringankan kondisi ini.

  1. Meningkatkan imunitas

Imunitas wanita akan meningkat dengan pengonsumsian biji rami yang sudah diolah. Peningkatan imunitas ini akan membuat wanita hamil jarang sekali sakit dan janinnya bisa tumbuh dengan sempurna. Nampaknya, ini menjadi salah satu manfaat biji rami yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

  1. Menurunkan risiko gangguan jantung

Wanita yang sedang hamil akan rawan sekali mengalami gangguan pada jantung. Hal ini bisa terjadi karena aliran darah akan berjalan dengan cepat dan lebih besar karena ada janin yang harus disuplai makannya.

Dengan mengonsumsi flaxseed yang sudah diolah, kondisi jantung akan selalu sehat. Kesehatan kardiovaskular secara umum juga membaik.

Manfaat biji rami (flaxseed) untuk kesehatan umum

Secara umum, ada banyak manfaat biji rami atau flaxseed untuk pria dan wanita. Berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan:

  • Mengatasi masalah ginjal dan mencegah terjadinya kerusakan di sana akibat gaya hidup yang selama ini dilakukan.
  • Gejala menopause yang mengganggu. Beberapa wanita yang akan mengalami menopause biasanya merasakan nyeri di tubuh, badan sangat panas, dan emosi yang susah sekali dikendalikan.
  • Nyeri di payudara karena banyak hal seperti PMS atau tanda-tanda munculnya tumor atau kanker.
  • Diabetes yang cukup kronis dan susah sekali dikendalikan oleh tubuh. Kondisi ini menyebabkan gula darah terus naik dan fungsi organ di tubuh mengalami gangguan.
  • Depresi pada tubuh akibat stres dan ketakutan yang berlebihan.
  • Infeksi saluran kemih pada pria dan wanita. Infeksi ini biasanya terjadi karena beberapa hal seperti masuknya bakteri atau sanitasi yang buruk.

Cara mengonsumsi biji rami (flaxseed)

Flaxseed atau biji rami memang bulan makanan yang umum dikonsumsi masyarakat. Oleh karena itu, tidak semua orang tahu bagaimana cara mengonsumsinya. Berikut beberapa cara mengonsumsi biji rami:

  • Sangrai tanpa minyak biji rami hingga matang dan tidak terlalu gosong. Proses ini dilakukan untuk mencegah terjadinya keracunan sianida. Saat mendapatkan suhu panas sianida akan hilang atau rusak.
  • Setelah disangrai Anda bisa langsung mengonsumsinya dengan menaburnya di atas makanan seperti salad buah dan sayur.
  • Anda juga bisa menghancurkan terlebih dahulu flaxseed yang sudah disangrai agar menjadi bubuk. Selanjutnya taburkan di atas aneka makanan termasuk es krim.

Porsi konsumsi biji rami harian untuk ibu hamil

Flaxseed memang memberikan manfaat pada tubuh wanita hamil. Kandungan biji rami yang terdiri dari ALA, baik sekali untuk perkembangan janin. Meski demikian tetap ada batasan yang harus diperhatikan oleh wanita agar tidak terkena efek samping.

Dalam satu hari hanya boleh mengonsumsi sekitar 1 sendok makan biji rami dalam kondisi yang telah diolah entah itu disangrai atau dimasak dengan bahan makanan lainnya. Perhatikan dengan baik batasan ini agar ibu hamil bisa selalu sehat setiap saat.

Adakah efek samping?

Seperti yang sudah kita bahas di atas, ada banyak manfaat biji rami (flaxseed). Berhubung ini untuk dikonsumsi ibu hamil, harus ada batasan agar efek samping di bawah ini tidak terjadi.

  • Karena biji rami memiliki kemungkinan meningkatkan peredaran darah, jumlah yang dikonsumsi harus rendah. Kalau terlalu tinggi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu kondisi preeklampsia.
  • Biji rami juga bisa memicu mual dan ingin muntah. Hindari mengonsumsinya pada trimester pertama kehamilan.
  • Akan ada efek luka atau memar di mulut kalau biji rami dikonsumsi saat sedang hamil.
  • Biji yang masih mentah mungkin masih mengandung sianida. Oleh karena itu hindari mengonsumsi secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu.

Demikianlah sedikit ulasan tentang flaxseed yang ternyata sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda dalam menjaga kehamilan dan membuat janin tumbuh dengan sempurna hingga lahir. Pernahkah Anda mengonsumsi biji rami sebelumnya?