Terbit: 12 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Labu merupakan salah satu buah yang kerap dikonsumsi untuk menambah energi. Tidak hanya mengandung serat tinggi, buah labu juga mengandung karboidrat yang dapat diolah menjadi energi pada tubuh. Namun, siapa yang menyangka jika salah satu bagian dari buah labu, yakni bijinya biasa digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan, biji labu pun sudah banyak diolah menjadi minyak esensial yang biasa ditambahkan pada produk perawatan kulit. Nah, tentu saja Anda penasaran bukan dengan manfaat yang didapatkan dari biji labu? Berikut sejumlah manfaat baik dari biji labu untuk kulit:

Manfaat Biji Labu untuk Kulit yang Pantang Dilewatkan

1. Menjaga Kelembapan Sel Kulit

Dilansir dari laman Stylecraze, biji labu ternyata menjadi sumber dari sejumlah fatty acid. Salah satunya adalah omega-3. Kandungan omega-3 inilah yang menjadikan biji labu sebagai salah satu bahan yang dapat mengunci kelembapan sel kulit dan bersifat sebagai moisturizer alami.

2. Meredakan Jerawat

Tidak hanya melembapkan kulit, biji labu atau minyak esensial dari biji labu juga ampuh meredakan jerawat yang ada. Hal ini lantaran biji labu mengandung zinc, salah satu mineral yang bersifat anti peradangan. Tidak heran jika produk perawatan kulit dengan kandungan minyak biji labu dapat mengempeskan jerawat dalam waktu singkat.

3. Memperbaiki Jaringan Kulit yang Rusak

Kandungan vitamin A pada biji labu ternyata bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tisu pada kulit. Tidak heran jika minyak biji labu atau pun produk perawatan kulit dengan tambahan bahan tersebut dapat menyembuhkan luka pada kulit dalam waktu singkat. Selain itu, vitamin A juga menjadikan kulit tampak lebih segar.

4. Mencegah Penuaan Dini

Polusi dan bahan kimia yang berbahaya merupakan dua hal utama penyebab penuaan dini. Apalagi jika aktivitas harian Anda dihabiskan di luar ruangan atau biasa menggunakan beragam produk. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan biji labu. Apalagi biji labu diketahui mengandung antioksidan, vitamin E dan vitamin A yang akan berperan dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Nah, Anda dapat menggunakan biji labu yang diolah menjadi pasta atau mengaplikasikan minyak biji labu untuk merawat kesehatan kulit. Kendati demikian ternyata tidak semua orang cocok menggunakan biji labu atau minyak olahannya. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memeriksa dengan cara mengoleskannya pada sedikit bagian kulit terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada seluruh kulit wajah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi