15 Manfaat Jintan untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan!

manfaat-jinten-doktesehat

DokterSehat.Com – Rempah jinten biasanya digunakan untuk bumbu masakan seperti kari, sup, dan gulai, namun manfaat jinten ternyata digunakan untuk berbagai macam pengobatan alami. Awalnya, jintan merupakan obat yang berasal dari timur tengah seperti Mesir. Tetapi, karena manfaat Jintan yang luar biasa, saat ini jintan telah dibudidayakan di berbagai wilayah di Asia ataupun Eropa.

Manfaat Jinten untuk Berbagai Kondisi Kesehatan

Meskipun memiliki rasa yang sedikit pahit, jintan menjadi obat alami yang banyak digemari karena manfaat jinten sangat banyak. Dilansir dari laman Organicfacts.net, manfaat jintan untuk memperbaiki sistem pencernaan, mengobati peradangan, meningkatkan jumlah ASI bahkan mampu membunuh sel kanker.

Lebih jelas mengenai manfaat jintan, berikut ulasan mengenai khasiat mengagumkan biji jintan untuk kesehatan:

1. Membunuh sel kanker

Jintan dikenal sebagai obat alami yang mengandung cukup banyak asam lemak di dalamnya. Karena inilah, jintan dikatakan mampu membunuh sel kanker berbahaya dalam tubuh. Studi juga menyebutkan bahwa manfaat jinten memiliki kemampuan untuk menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, memproduksi interferon, melawan sel tumor/kanker dan melindungi sel normal agar tubuh selalu sehat.

2. Meningkatkan jumlah ASI

Ketika Anda menyusui dan ASI yang keluar hanya sedikit, cara mudah untuk meningkatkan jumlah ASI adalah dengan mengonsumsi jintan. Mengingat terdapat unsur tertentu dalam jintan seperti struktur hormon lipid dan arginine, tidak heran jika manfaat jintan bisa membantu wanita meningkatkan jumlah ASI usai melahirkan.

3. Mengobati jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan peradangan akibat jerawat, pastikan untuk memanfaatkan jintan. Manfaat jinten sangat dipercaya bisa menyembuhkan peradangan di kulit akibat jerawat, karena jinten mengandung nutrisi dan vitamin.

Caranya cukup mudah, siapkan satu sendok teh minyak jintan dan satu sendok teh minyak zaitun. Campur kedua minyak menjadi satu lalu oleskan pada kulit yang meradang. Tunggu kira-kira selama satu jam lalu bilas wajah dengan air bersih. Dengan cara ini, Anda bisa terbebas serta sembuh dari masalah jerawat.

4. Mencegah risiko jantung

Semua orang tentu tahu bahwa penyakit jantung merupakan penyakit paling berbahaya dan mematikan saat ini. Manfaat jintan juga dipercaya bisa mengurangi risiko jantung, menurunkan tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah, karena  kandungan nutrisi di dalam minyak jintan. Konsumsi minyak jintan secara teratur bisa mencegah risiko penyakit jantung.

5. Memperbaiki sistem pencernaan

Beberapa studi menyebutkan bahwa jintan memiliki nutrisi yang bagus untuk memperbaiki sistem pencernaan. Manfaat jinten dipercaya bisa mengobati terganggunya sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare hingga muntaber. Mengonsumsi jintan secara rutin juga dipercaya bisa mencegah risiko infeksi pada usus besar karena kesalahan pola makan.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Melimpahnnya zat besi, minyak esensial, vitamin C, dan vitamin A dalam jinten dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dalam beberapa cara. Vitamin C adalah salah satu antioksidan paling kuat yang menstimulasi fungsi dan aktivitas sel darah putih. Lebih lanjut membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan banyak penyakit, termasuk pada penyakit jantung dan kanker.

7. Mengobati asma dan bronkitis

Jinten mengandung kafein (agen perangsang) dan mengandung banyak minyak esensial aromatik (disinfektan), kombinasi ini  sebgai anti-kongestif yang ideal bagi mereka yang menderita gangguan pernapasan seperti asma dan bronkitis.

Bertindak sebagai ekspektoran, yang berarti melonggarkan akumulasi dahak dan lendir di saluran pernapasan, dan membuatnya lebih mudah untuk menghilangkannya dari sistem melalui bersin atau batuk dan meludah. Menghilangkan sebanyak mungkin lendir dan dahak, manfaat jintan dapat menghambat pembentukan bahan tambahan dan membantu menyembuhkan kondisi awal yang menyebabkan pembentukannya di tempat pertama.

8. Perawatan kulit

Manfaat jinten dapat membantu melindungi kulit dari infeksi jamur dan mikroba karena sifat disinfektan dan antijamurnya. Ini juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, bintik-bintik penuaan, dan kulit kendur. Efek ini disebabkan oleh kehadiran vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan dan memerangi radikal bebas.

9. Obati insomnia

Jintan adalah stimulan sekaligus untuk menenangkan pada saat yang bersamaan. Beberapa komponen minyak esensial jinten bersifat hipnotik dan memiliki efek penenang, yang juga membantu menghilangkan stres dan kecemasan yang umumnya menyebabkan insomnia.

9. Mencegah diabetes

Manfaat jintan membantu mencegah diabetes dengan mengurangi kemungkinan hipoglikemia. Penelitian Farmakologi mengungkapkan sebuah studi yang dilakukan pada tikus diabetes untuk membuktikan bahwa biji jinten membantu mencegah diabetes. Tikus secara oral diberikan 0,25 kg hingga 1 berat badan biji jintan selama 6 minggu berikutnya yang diawasi secara ketat.

Mengonsumsi jinten menghasilkan penurunan yang signifikan dalam glukosa darah dan peningkatan total hemoglobin dan hemoglobin glikosilasi. Jinten juga membantu menurunkan glukosuria, yang merupakan kondisi di mana urine mengandung terlalu banyak glukosa, juga mengakibatkan hipoglikemia dan diabetes.

10 Menurunkan kolesterol

Jintan memiliki sifat hipolipidemik, yang membantu mengontrol kadar lemak yang tinggi. Untuk mengurangi kadar kolesterol, Anda dapat mengonsumsi bubuk jinten yang dicampur dengan yoghurt.

11. Mencegah anemia

Jinten kaya zat besi dapat menjadi tambahan yang bergizi untuk diet harian bagi orang yang menderita anemia. Manfaat jinten membantu meringankan gejala anemia seperti kelelahan, kecemasan, gangguan fungsi kognitif, dan masalah pencernaan.

12. Kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam jinten membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga menunda timbulnya osteoporosis.

13. Mengobati bisul

Penggunaan jinten secara teratur dalam makanan juga membantu mencegah bisul, ruam, jerawat, dan tanda-tanda lain dari kandungan beracun yang berlebihan. Komponen seperti cuminaldehyde, thymol, dan fosfor adalah agen detoksifikasi yang baik yang membantu dalam membuang racun secara teratur dari tubuh. Cara sehat untuk mengeluarkan racun adalah melalui sistem ekskresi, bukan melalui bisul.

14. Mengurangi gangguan kognitif

Jinten kaya zat besi meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai organ termasuk otak dan mengarah ke peningkatan kinerja kognitif. Manfaat jintan juga dapat membantu mengurangi risiko gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biologi Farmasi memberikan bukti ilmiah bahwa ekstrak jintan sebagai anti-stres, antioksidan, dan peningkatan konsentrasi. Lebih lanjut, penelitan tersebut menyatakan bahwa penggunaan jinten sebagai bumbu kuliner dalam makanan memainkan peran penting dalam melawan stres dan gangguan terkait.

15. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition and Metabolism, Manfaat jinten sama dengan pil diet yang populer untuk menurunkan berat badan dan mengurangi lemak dalam tubuh. Jika bingung mencari cara menurunkan berat badan, Anda bisa menggunakan bubuk jintan pada menu makan. Tapi ingat! jangan berlebihan ya.

Penggunaan Jintan

Jintan biasanya digunakan untuk rasa dan wewangiannya yang khas, jintan dalam bentuk biji hingga minyak digunakan dalam berbagai cara. Berikut ini berbagai manfaat jinten untuk kuliner hingga ramuan obat:

1. Penggunaan untuk kuliner

Jintan secara tradisional digunakan sebagai bumbu masakan India, baik sebagai biji utuh atau dalam bentuk bubuk. Jintan adalah komponen utama dalam membuat kari, semur, sup dan makanan lainnya.

2. Manfaat jinten untuk perawatan pribadi

Minyak esensial jintan digunakan sebagai aroma dalam kosmetik termasuk krim, parfum, dan lotion.

3. Manfaat jintan untuk bumbu penyedap

Manfaat jintan digunakan untuk menambah rasa pada minuman beralkohol dan makanan penutup.

4. Manfaat jinten untuk ramuan

Biji jinten digunakan untuk obat-obatan yang membantu dalam mengobati masalah kesehatan seperti diare, kolik, peradangan, usus, kejang otot, dan gas (masuk angin).

5. Afrodisiak

Jinten yang dicampur dengan madu dan lada, berfungsi sebagai afrodisiak. Ramuan ini sangat populer di kalangan bangsa Arab.

Efek Samping Jinten

Meskipun manfaat jintan sangat melimpah, mengonsumsi jinten secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang parah seperti:

1. Hipoglikemia

Jinten dapat menurunkan kadar gula darah pada beberapa orang sehingga penderita diabetes harus melakukan pemeriksaan. Juga, hindari penggunaan jinten jika menjalani operasi karena dapat memengaruhi kadar gula darah.

2. Pembekuan darah

Jinten dapat memperlambat proses pembekuan darah, oleh karena itu, orang-orang dengan gangguan pendarahan harus menghindari jinten.

3. Mulas dan kerusakan hati 

Mengonsumsi jinten berlebih dapat menyebabkan sakit maag, ginjal dan kerusakan hati karena adanya minyak yang sangat mudah menguap.

4. Infertilitas dan keguguran

Jinten menekan tingkat testosteron dan dapat mengurangi kesuburan pada pria. Juga, hindari penggunaan selama kehamilan karena dapat memicu keguguran.

Sesuatu yang berlebihan itu selalu tidak baik, jadi batasi asupan jintan ya, Teman Sehat!