DokterSehat.Com– Beta-karoten merupakan salah satu jenis senyawa yang awalnya ditemukan pada wortel. Seiring berjalannya waktu, ternyata beta-karoten juga dapat ditemukan pada sejumlah sayur atau buah-buahan lainnya. Bicara soal beta-karoten, bahan satu ini rupanya akan diubah menjadi vitamin A saat masuk ke dalam tubuh. Tidak heran jika beta-karoten memiliki fungsi yang cukup penting dalam menjaga kesehatan kulit.

beta-karoten-untuk-kulit-doktersehat-1

1. Menjaga Kulit Tetap Bercahaya

Polutan dan sinar matahari merupakan dua hal yang menyebabkan kulit cepat mengalami kekusaman. Tentu saja kulit yang kusam biasanya akan disertai dengan kondisi kulit yang kering. Kondisi demikian tidak hanya menjadikan penampilan kurang menarik, tetapi juga menunjukkan jika kulit sedang tidak sehat.

Kendati demikian, Anda dapat mengatasinya dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk yang mengandung beta-karoten di dalamnya. Beta-karoten berperan sebagai eksfolian yang ampuh meluruhkan sel kulit mati serta menstimulasi proses regenerasi sel kulit yang baru.

2. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sinar matahari tidak hanya menjadikan kulit kusam, tetapi juga dapat menimbulkan masalah yang lebih serius. Apalagi sinar matahari juga mengandung UVA dan UVB yang dapat merusak sel-sel kulit. Untungnya, beta-karoten merupakan senyawa yang ampuh dalam melindungi kulit. Bahkan beta-karoten dapat berperan sebagai sunscreen atau pun meningkatkan kinerja sunscreen secara optimal.

3. Memudarkan Flek Hitam

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A alias retinol. Retinol sendiri merupakan salah satu zat aktif yang dapat membantu Anda dalam memudarkan noda-noda hitam atau flek-flek pada kulit. Tidak hanya itu saja, kulit juga akan menjadi lebih cerah setelah menggunakan beta-karoten.

Siapa yang akan menyangka jika senyawa satu ini memiliki beragam manfaat baik untuk kulit. Anda yang tertarik untuk menjajal beta-karoten dapat menggunakan produk dengan kandungan beta-karoten di dalamnya atau mengonsumsi suplemen khusus. Agar hasilnya lebih maksimal, jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin.