9 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Doktersehat-manfaat-bersepeda

DokterSehat.Com – Bersepeda adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan. Meski mudah untuk dilakukan tidak semua orang rutin berolahraga. Padahal, manfaat bersepeda sangat berguna untuk tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah manfaat bersepeda yang harus Anda tahu, di antaranya:

  • Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat bersepeda bisa banyak dirasakan tubuh karena hampir semua anggota tubuh dan otot yang terlibat saat Anda bersepeda. Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

baca juga: Bersepeda Bikin Awet Muda, Mitos Atau Fakta?

  • Meredam stres

Manfaat olahraga bersepeda lainnya adalah tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh otomatis akan membuat pikiran Anda lebih tenang. Ketenangan pikiran ini ditambah dengan pemandangan baru yang Anda dapatkan saat bersepeda. Kondisi ini membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan makin terasa.

  • Menjaga berat badan ideal

Manfaat bersepeda yang paling besar adalah membuat kinerja kardiovaskular dan otot Anda menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori.

Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

Selain untuk diet, Anda dapat berjalan-jalan bersama keluarga atau orang tercinta. Dengan bersepeda setiap hari secara rutin, berat tubuh Anda akan menurun dan keinginan Anda untuk diet akan tercapai. Bahkan, Anda tidak hanya akan mendapatkan bentuk tubuh ideal tetapi kulit Anda akan menjadi lebih kencang dan otot kaki Anda menjadi lebih kuat.

  • Meningkatkan keseimbangan

Manfaat bersepeda dapat mencegah Anda mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah pasien lansia mulai bersepeda, nyeri lutut dan osteoartritis semakin membaik.

  • Merawat kondisi sendi

Sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Manfaat bersepeda didapatkan dari pergerakan yang baik pada persendian karena akan membuatnya menjadi fleksibel.

  • Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa manfaat bersepeda yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko kanker. Studi itu menujukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal.

Studi lain juga menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

  • Menurunkan risiko diabetes

Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

  • Mengatasi insomnia

Bagi Anda yang memiliki insomnia, manfaat bersepeda dipercaya mengatasi gangguan yang Anda alami. Cobalah bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu terlelap Anda akan datang lebih cepat.

Sedangkan, manfaat bersepeda di pagi hari dengan matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

baca juga: Benarkah Bersepeda Terlalu Lama Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi?

  • Menurunkan risiko diabetes

Aktivitas fisik yang rutin melalui bersepeda baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah minimnya risiko terkena diabetes. Hal ini terkait dengan stabilnya produksi insulin oleh tubuh yang aktif. Selain itu, manfaat bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker terutama kanker usus besar.