Ternyata Ini Manfaat Bernyanyi bagi Ibu Hamil dan Janin

beberapa-manfaat-bernyanyi-bagi-ibu-hamil-dan-janin-doktersehat

DokterSehat.Com – Selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan beberapa hal untuk mendukung kehamilannya. Pendukung selama masa kehamilan ternyata bukan hanya makanan bergizi, suplemen dan vitamin, senam hamil, dan lainnya. Ada sebuah kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan selama masa kehamilan tetapi tidak disadari oleh para ibu.

Kegiatan tersebut adalah bernyanyi. Ternyata, bernyanyi memiliki beberapa manfaat. Dan manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh ibu hamil saja atau janin saja. Bernyanyi memiliki manfaat untuk ibu hamil dan janin. Mau tahu apa saja manfaat bernyanyi bagi ibu hamil dan janin? Baca terus untuk mengetahui berbagai manfaat bernyanyi untuk ibu hamil dan janinnya.

Manfaat bernyanyi bagi ibu hamil

Mungkin ada di antara ibu hamil yang memang hobi bernyanyi sebelum hamil. Anda beruntung, hobi ini akan memberikan manfaat bagi Anda saat Anda sedang hamil. Apa sajakah manfaat tersebut?

Berikut ini manfaat bernyanyi bagi ibu hamil :

1. Meningkatkan mood Anda

Manfaat bernyanyi yang sering dirasakan adalah merasa senang. Rasa senang yang timbul akibat bernyanyi ini akan meningkatkan mood Anda. Ibu hamil biasanya terlihat kurang ceria karena pengaruh hormon kehamilan. Oleh karena itu, dengan bernyanyi, ibu hamil akan memiliki keceriaan seperti tidak sedang hamil.

2. Merupakan cara efektif untuk mengurangi ketegangan dan stres

Apabila Anda sudah merasa senang karena bernyanyi maka hal ini akan membawa kepada manfaat bernyanyi yang terkait. Rasa senang di hati akan mengurangi stres dan ketegangan yang sedang dirasakan. Ya, rasa senang ini bagaikan penawar untuk ketegangan dan stres yang sedang Anda miliki.

Baca juga: Bernyanyi Ternyata Baik untuk Kebahagiaan dan Kesehatan Mental

3. Memperbaiki tidur

Manfaat bernyanyi yang dimulai dari rasa senang lalu hilangnya stres. Tidak hanya sampai disitu. Manfaat bernyanyi bagi ibu hamil selanjutnya adalah membuat tidur menjadi lebih baik. Anda akan memiliki perasaan yang baik sebelum tidur sehingga aktivitas tidur pun dimulai dalam kondisi yang nyaman.

4. Memiliki efek penghilang rasa nyeri ringan

Produksi hormon Endorfin akan meningkat melalui kegiatan bernyanyi. Hormon Endorfin ini akan berdampak kepada rasa senang yang dimiliki. Dan rasa senang yang Anda rasakan bisa menghilangkan rasa nyeri tingkat ringan.

5. Memperbaiki imunitas

Manfaat bernyanyi bagi ibu hamil ternyata bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Imunitas ini merupakan hal yang cukup penting bagi ibu hamil. Ibu hamil seharusnya menjaga imunitasnya tetap baik sehingga tidak mudah sakit.

6. Meningkatkan kapasitas paru-paru Anda

Bernyanyi adalah kegiatan yang sangat terkait dengan pernapasan. Kegiatan bernyanyi akan membuat Anda seperti sedang melatih pernapasan Anda. Hal ini akan menyebabkan paru-paru Anda menyesuaikan keadaan. Manfaat bernyanyi akan meningkatkan kapasitas paru-paru Anda yang sangat baik untuk pernapasan Anda.

Manfaat bernyanyi bagi janin

Wah, bernyanyi tidak hanya bermanfaat untuk Anda lho. Kegiatan bernyanyi juga memiliki beberapa manfaat bagi janin Anda. Mau tahu manfaat bernyanyi yang akan didapatkan oleh janin Anda?

Berikut ini adalah manfaat bernyanyi bagi janin :

1. Menghubungkan Anda dan bayi Anda dengan cara khusus

Bernyanyi memiliki manfaat untuk menghubungkan Anda dan janin Anda. Manfaat bernyanyi yang demikian sangatlah bermanfaat. Anda dan bayi Anda sudah terhubung sejak masih di dalam kandungan. Saat Anda melahirkannya, dia sudah memiliki keterhubungan dengan Anda secara khusus melalui kegiatan bernyanyi yang Anda lakukan saat hamil.

2. Menenangkan dan membuat rileks bayi Anda

Manfaat bernyanyi bagi janin selanjutnya adalah bisa menenangkan janin Anda. Selain itu, janin Anda pun akan menjadi rileks saat dia mendengar Anda bernyanyi. Jadi, dengan bernyanyi, Anda telah berusahan memberi ketenangan kepada janin Anda secara mudah.

Baca juga: Mom, Ini Dia Manfaat Bernyanyi Bersama Si Kecil

3. Memberi bayi ‘pijat suara’ yang sangat menyenangkan

Apakah Anda tahu bahwa bernyanyi memberikan janin Anda kesan yang sangat menyenangkan baginya. Tidak peduli dengan suara yang Anda miliki, suara Anda tetaplah menyenangkan baginya. Manfaat bernyanyi ini juga membawa dampak bagi janin untuk akrab dengan suara ibunya.

4. Meningkatkan aliran oksigen ke bayi

Manfaat bernyanyi berikut ini mungkin aneh tapi nyata. Bernyanyi ternyata bermanfaat untuk meningkatkan aliran oksigen ke janin Anda. Saat Anda bernyanyi, oksigen akan mengalir lebih cepat dan banyak menuju janin Anda.

5. Mengirim banyak endorfin ke bayi melalui plasenta

Suara Anda bagaikan surga bagi janin Anda. Ya, melalui kegiatan bernyanyi, plasenta akan mengirim lebih banyak endorfin. Apa itu endorfin? Endorfin adalah hormon yang menimbulkan rasa senang. Dengan banyaknya endorfin yang dikirim ke janin maka janin pun akan merasa bahagia.

6. Membantu perkembangan bicara

Manfaat bernyanyi yang cukup jelas bagi janin adalah membantunya untuk berbicara. Aktivitas bernyanyi ini cukup berdampak pada perkembangan bicara bayi kelak. Suara Anda disertai oleh kata-kata sehingga janin pun sudah terbiasa mendengarnya. Janin menjadi akrab dengan kata sehingga mulai usia 1 tahun, ia akan lebih mudah mengucapkan kata-kata yang sering didengar melalui aktivitas bernyanyi Anda saat hamil.