4 Manfaat Jalan Kaki yang Jarang Diketahui

doktersehat-jalan-kerja-sehat
pic credit: abstrkt.ch

DokterSehat.Com– Berjalan kaki merupakan sebuah aktivitas kebugaran yang sangat mudah dilakukan. Sebab, kita bisa berjalan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, jalan kaki juga tergolong sebagai olahraga yang ekonomis, artinya kita tidak memerlukan biaya lebih untuk melakukannya.

Namun, walau sangat sederhana, banyak yang menyepelekan olahraga yang satu ini. Mereka beranggapan bahwa jalan kaki hanyalah sebuah latihan ringan yang tak berarti banyak bagi kesehatan. Dengan begitu, mereka lebih memilih untuk melakukan olahraga berat lainnya.

Padahal, jalan kaki merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan kebugaran serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Lebih dari itu, para ahli kesehatan pun merangkum bahwasanya olahraga jalan kaki memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki bisa membantu tubuh dalam memperbaiki respon tubuh terhadap respon insulin. Proses ini akan membuat tubuh menjadi lebik baik dalam metabolisme, sekaligus pembakaran lemak di dalam tubuh. Memang tak terlihat nyata, tapi secara bertahap, jalan kaki bisa membuat perut menjadi lebih rata tanpa disadari.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuan asal Jepang mengatakan bahwa berjalan kaki bisa meningkatkan daya ingat dan produktivitas seseorang. Hal itu dibuktikan dengan kebiasaan orang Jepang yang selalu berjalan kaki setiap hari. Sebab, tak hanya sebagai olahraga bagi fisik, ternyata jalan kaki juga mampu meningkatkan fokus otak dalam setiap langkah kaki.

3. Memperbaiki Mood

Semua jenis olahraga memang bermanfaat dalam meningkatkan mood kita, tak terkecuali jalan kaki. Sebab, berjalan kkai bisa membuat produksi hormon endorphin lebih baik. Apalagi ketika berjalan kaki di pagi hari yang terkena paparan matahari langsung, bisa membantu tubuh dalam menciptakan vitamin D secara alami.

4. Meningkatkan Percaya Diri

Manfaat lain dari berjalan kaki adalah meningkatkan rasa percaya diri. Sebab, dengan berjalan kaki, kita akan bertemu banyak orang. Itu akan melatih kita untuk terbiasa dalam bersosialisasi sehingga mengurangi minder dan meningkatkan rasa percaya diri.